March’s Accident : CR-V di Atap Rumah hingga Scirocco Seruduk X-Trail

by  in Berita&Nasional&Nissan
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebentar lagi bulan Maret segera berakhir. Sepanjang bulan Maret ini kami mendapati beberapa kecelakaan yang cukup memorable. Kami akan merangkum kira – kira kejadian apa saja yang ada pada bulan Maret 2017 ini dari dalam dan luar negeri.

Kami awali dengan berita Internasional. Di negara RRC terdapat CR-V yang mengalami hilang kendali akibat jalan yang licin. Alih – alih berhenti dan menghentikan kendaraannya, respon yang salah dari pedal gas membuat CR-V ini berubah arah dan tanpa sengaja hinggap ke atap salah satu penduduk. Posisi rumah yang agak rendah dan jalanan yang tinggi menyebabkan CR-V tersebut dapat mendarat di atap dengan posisi menyamping. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, hanya kerugian material dan proses pengangkatan CR-V yang membutuhkan alat berat.

Kali ini di Shanghai, Tesla model S mengalami kebakaran saat sedang melakukan pengisian daya pada stasiun pengisian daya. Belum dietahui darimana asalnya api tersebut, dugaan sementara berasal dari bagian kiri mobil dan bukan dari dalam kabin. Meskipun tidak ada korban jiwa kejadian ini membuat Tesla semakin resah karena kejadian ini bukan kali pertama untuk Model S.

Di negara Brazil, terdapat kecelakaan tunggal yang melibatkan mobil dan tembok. Mobil ini mengalami kecelakaan pada sebuah gedung yang merupakan garasi mobil. Pada video disampaikan bahwa pengendara Chevrolet mengendarai mobilnya pulang kerumah dan mungkin hilang konsentrasinya sehingga salah menginjak pedal. Ingin berhenti malah terinjak di pedal gas dan memicu tabrakan dengan tembok.

Beruntung pengendara tersebut masih selamat dan mobil tertahan akibat tembok tersebut. Kejadian seperti ini cukup sering terjadi di Indonesia, sayangnya yang terjadi di Indonesia cukup fatal karena rata – rata terjadi pada area parkir pusat perbelanjaan dengan pengamanan yang minim, pengendara pemula dan juga mobil yang bertransmisi otomatis. Bukan bermaksud menyalahkan transmisi otomatis, tapi memang terjun bebas seringkali terjadi pada mobil dengan transmisi otomatis. Bulan lalu juga ada kejadian Honda Jazz menghantam Innova di Tasikmalaya karena kesalahan yang sama.

Selanjutnya di Canada terdapat pemuda 23 tahun yang menabrak McLaren 650S Spider dan mengakibatkan kecelakaan parah. Kecelakaan ini mengakibatkan pelaku dan penumpang Mclaren luka berat. McLaren tersebut sampai tidak berbentuk lagi. Beberapa panel bodi hancur total diantaranya pintu yang terkelupas, kaca depan yang hancur, kap depan tertekuk dan struktur yang sudah tidak beraturan. Berapa ya kira – kira biaya perbaikannya?

Kali ini di Florida terdapat Chevrolet Corvette 1959 berperawakan sangat mulus dan antik harus menjadi korban dari Ford Fusion yang khilaf menekan gas padahal ingin menghentikan kendaraannya. Naas mobil tersebut masuk ke halaman parkir pusat perbelanjaan dan mengakibatkan rusak di sejumlah bagian kiri depan. Pemiliknya yang juga sudah berumur hanya bisa sabar dan mungkin sedih di dalam lubuk hati yang terdalam.

Boleh dibilang sial tapi untung, kira – kira itulah yang dialami seorang pria di Peru. Pria tersebut berusaha menerjang banjir dengan sebuah sedan, banjir tersebut sangat parah hingga membuat mobil pria tersebut terhempas oleh gelombang dan kaca depan menghantam bebatuan. Namun kejadian tersebut malah memberikan kesempatan bagi pria tersebut untuk lepas dari jebakan banjir dan akhirnya selamat.

Untuk wilayah Amerika terdapat Corvette yang terpaksa berhadapan dengan Ford Explorer dari depan. Kejadian ini berawal dari persimpangan lampu merah yang mati. Aturan di Amerika, apabila lampu lalu lintas rusak, maka setiap mobil harus berhenti dan berhati hati saat ingin melaju layaknya rambu stop, sedangkan pengendara Ford tidak mengindahkan aturan tersebut dan terjadi tabrakan dengan Corvette yang sedang menunggu giliran berbelok ke kiri. Explorer melakukan manuver mendadak untuk menghindari salah satu mobil dan ternyata berimbas mengenai Corvette. Desain dari Corvette yang menukik dan Ford Explorer yang memiliki bagian depan cukup tinggi membuat mobil ini seperti menanjak ke bagian atas Corvette. Kebakaran sempat terjadi namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kecelakaan di Belanda melibatkan Ferrari 458 Italia yang hancur total pada bagian depan. Mobil ini tepat menabrak pohon di pangkalnya, diduga tabrakan terjadi akibat jalanan yang licin dan menyebabkan kuda jingkrak makin tidak terkendali. Meskipun harus menerima banyak perbaikan, beruntungnya mesin mobil ini ada di tengah dan tidak rusak. Jadi teringat Lambo-nya Raffi Ahmad.

Untuk berita dalam negeri, pada tanggal 6 Maret di Jalan Raya Puncak, Nissan Livina mengalami hubungan pendek arus listrik yang mengakibatkan terbakarnya seluruh mobil, saat kejadian baru berlangsung, sang pengemudi berusaha menyelamatkan diri dengan keluar dari mobil tersebut, naas pengemudi tersebut ditabrak oleh pengendara motor yang sedang melaju dengan kecepatan tinggi. Pengemudi tersebut meninggal dan pengendara motor luka – luka.

Lanjut ke Sunter, pada tanggal 21 Maret kemarin terdapat kejadian rem blong pada mobil container membuatnya terjun dari jembatan layang Sunter, setelah mendarat truk tersebut menabrak trotoar sehingga mengalami kerusakan di bagian kiri depan dan menabrak 3 mobil lainnya. Supir container mengalami patah tulang dan terdapat beberapa korban yang juga anak kecil di dalam mobil yang tertabrak. Lokasi kecelakaan yang berada di persimpangan jalan dari arah MOI ke Sunter tidak dapat dilalui kendaraan sama sekali. Bagian depan truk hancur dan juga ketiga mobil lainnya yakni Avanza, Xenia dan Brio.

Terakhir pada Sabtu, 11 Maret, terdapat kecelakaan yang melibatkan beberapa mobil alias kecelakaan beruntun. Kecelakaan terjadi karena adanya Toyota Avanza yang melakukan rem mendadak dan menciptakan rangkaian tabrakan beruntun dengan urutan Avanza-Innova-XTrail-Scirocco. Hal uniknya adalah naiknya bagian buritan X-Trail ke bagian depan Scirocco dan membuat mobil stuck, hal ini menyebabkan kemacetan yang panjang di Tol Bintaro.

Apabila boleh sedikit merekayasa adegan. Dilihat dari gambar yang kami sudah buat sesuai ukuran aslinya, tampak memang bagian bumper belakang X-trail cukup tinggi dibandingkan bagian terdepan dari Scirocco. Gambar 2 (kanan atas) menunjukkan ilustrasi X-trail mengerem hebat dengan kemungkinan adanya crash dari depan, jika merunut cerita yakni buritan Innova lah yang tertabrak. Selanjutnya diperkirakan bagian Scirocco juga sedikit menukik karena pengereman sehingga mempermudah buritan X-Trail yang telah meninggi untuk terciduk keatas kap mesin Scirocco. Kemungkinan lain, Scirocco menghantam X-Trail dalam kecepatan yang agak tinggi.

Kejadian tindih menindih tidak hanya 1-2 kali terjadi, contohnya seperti gambar diatas yang melibatkan sportscar sebagai korban. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman bahwa keselamatan tetaplah yang utama dan selalu berhati – hatilah dalam berkendara dan juga mengisi daya mobil listrik Anda. Bagaimana menurut kalian? Ada komentar lain? Sampaikan di kolom komentar ya!

Read Prev:
Read Next: