Mahindra U321 MPV, Penantang Innova Dari Negeri Bollywood

Mahindra U321 MPV, Penantang Innova Dari Negeri Bollywood
0  komentar

AutonetMagz.com – Apa yang menarik dari sebuah Toyota Kijang Innova atau Toyota Innova di luar negeri? Kenyamanan? Luas & Lapang? Atau modelnya? Semua bisa bicara banyak terkait hal ini, dan pasti pendapatnya beragam. Namun ada satu hal yang selalu jadi sebuah pertanyaan kalau di Indonesia, yaitu ‘Ada Saingannya?’. Yap, pertanyaan ini muncul di benak kami bukan karena Toyota Kijang Innova alias Toyota Innova superior, namun karena dari rivalnya tak ada sosok yang mau bersaing di kelas ini.
Ada sih dulu, kalau kita ingat ada Mitsubishi Kuda, yang sudah discontinue sejak dahulu kala, dan masih ada Isuzu Panther yang galau kapan akan segera berganti model karena sudah jauh ketinggalan dengan pesaingnya ini. Sempat muncul sosok – sosok seperti KIA Carens, Mazda 5, Proton Exora, dan beberapa MPV lain, namun perlahan mereka muncur teratur dari persaingan dengan jagoan Toyota ini. Kabarnya, Wuling melalui Wuling Cortez akan meramaikan segmen ini juga. Dan jika di Indonesia, Toyota Kijang Innova alias Toyota Innova bisa bebas melenggang sendirian, lain hal-nya di India.

Toyota Kijang Innova alias Toyota Innova sendiri sebenarnya bersaing ketat dengan Maruti Ertiga disana, namun jelas keduanya beda kelas. Oleh karena itu, melihat adanya peluang untuk bersaing dengan Toyota Innova, maka Mahindra sebagai merk lokal pun ingin memberikan perlawanan. Rival Toyota Innova dari mahindra sendiri sebenarnya sudah ada, yaitu Mahindra Xylo, namun yaaa, modelnya, dan teknologinya sudah ketinggalan dibandingkan dengan Toyota Innova terbaru. Oleh karena itu, Mahindra menelurkan sebuah proyek baru dalam diri Mahindra U321 MPV.

Seperti BYD Song Max di China, nampaknya Mahindra memang ingin totalitas menggebuk Toyota Innova. Hal ini terlihat dari desain depan mobil ini yang terlihat cakep untuk merk asal India ini. Unit dari Mahindra U321 MPV ini tertangkap kamera sedang dites jalan di Guindy, Chennai. Tampang depannya memperlihatkan bahwa Mahindra U321 MPV tampil lebih modern dengan lampu proyektor dan housing dilabur warna hitam. Bagian bawah diisi dengan foglamp dan LED DRL. Grille dari Mahindra U321 MPV menggunakan delapan bilah garis vertikal yang khas Mahindra.Secara umum, tampilan depannya cukup dewasa dengan garis desain mirip VW Touran lawas.

Sisi belakang dari Mahindra U321 MPVtak bisa banyak terekspos, karena kamuflase yang digunakannya. Namun terlihat bahwa lampu belakang dari Mahindra U321 MPVberbentuk vertikal di pilar D. Selain itu atapnya membentuk ala spoiler dengan high mount stop lamp dan wiper di sisi belakang jadi kelengkapannya. Mahindra U321 MPV sendiri akan menggeser Mahindra Xylo yang sudah dijual sejak 8 tahun lalu. Oiya, Mahindra U321 MPV ini sendiri adalah hasil kerja dari tim desain Mahindra Amerika Utara, nice. Namun, tak seperti Toyota Innova Crysta, Mahindra U321 MPV akan menggunakan basis rangka monocoque dan menggunakan platform yan benar – benar baru.

Mahindra U321 MPV sendiri akan hadir dengan tiga baris kursi yang konfigurasinya akan fleksibel antara 7 atau 8 penumpang. Mesin bendin dan diesel diprediksi akan menjadi pilihan untuk MPV ini. Dimana unit 2.000cc mHawk Diesel dan unit 1.600cc Bensin Turbo yang dikembangkan oleh Mahindra dan Ssangyong akan menjadi pilihan di Mahindra U321 MPV ini. Tentunya kehadiran Mahindra U321 MPV harus diwaspadai oleh pihak Toyota India, karena memang Mahindra mengutus MPV ini untuk bersaing langsung dengan jagoan dari Toyota. Bagaimana ya kalau di Indonesia?? Panther pun tahun depan masih belum ada model baru kawan. Kalau menurut kalian bagaimana?

Sumber Gambar : Drivespark

Read Prev:
Read Next: