Lotus 3-Eleven Hadir Sebagai Line Up Terkencang Jebolan Lotus

by  in Berita&International&Lotus
Lotus 3-Eleven Hadir Sebagai Line Up Terkencang Jebolan Lotus
0  komentar
Lotus-3Eleven-launching-cover

AutonetMagz.com – Sebagai pabrikan yang lebih mengutamakan sasis dan power to weight, line up mobil Lotus terkenal sebagai pemangsa supercar bertenaga besar. Tenaga mesin terbilang standar saja, yang penting tergolong hi-rev engine, sasis dengan handling super dan super ringan. Maka Lotus siap untuk diajak kucing kucingan dengan mobil dengan power 2 atau 3 kali lipat diatasnya.

Namun apa jadinya bila Lotus mulai berpikir untuk menaikkan power mobilnya?

Perkenalkan Lotus 3-Eleven, ini adalah generasi baru track car yang dibuat oleh Lotus berbasis sasis Exige. Kalau mobil ini mempunyai handling yang lebih baik dan bobot ringan, tentu pembaca tidak akan kaget. Namun bagaimana jika Lotus juga membekalinya dengan mesin 3.5 liter V6 bertenaga 450 hp @ 7000RPM dan 450 nm @ 3500 – 6500 RPM. Tenaga ini dipadukan ke mobil ini dengan berat kering 900 kg.

Lotus-3Eleven-back

Untuk memperlancar kinerja mesin Lotus 3-Eleven, maka Lotus membekalinya dengan close ratio six-speed manual transmission untuk road legal. Tapi bila anda menginginkan versi race, maka Lotus memberikan paket six-speed sequential transmission dengan paddleshift dan kopling semi kering.

Dengan kombinasi mesin berperforma tinggi dan berat kering yang lebih ringan dibanding Nissan March 1.2 maka power to weight yang dihasilkan lebih dari 500 hp per ton. 0-100 kpj bisa digarap dengan waktu kurang dari 3 detik. Sementara top speed mobil ini bisa sampai 280 km/jam, bila versi race maka top speednya bisa 290 km/jam.

Lotus-3Eleven-steer-and-dashboard

Perihal bodi, Lotus menyebut menggunakan “material komposit yang sangat ringan” sebagai bahan baku yang baik untuk 3-Eleven. Dengan material komposit tersebut, Lotus mengklaim lebih ringan 40% dibanding GRP. Untuk kaki kakinya menggunakan suspensi double wishbone yang ringan. Ditambah dengan anti roll bar yang adjustable dan per Eibach dipadu dengan peredam kejut Ohlins. Untuk mekanisme penghentian laju mobil menggunakan caliper AP Racing empat piston agar lebih presisi dalam mengerem.

Lotus 3-Eleven diklaim menjadi mobil tercepat yang pernah dibuat Lotus dan mobil ini adalah gambaran dari tema Lotus selama ini, “Fast and Light”. Saat diuji coba di test track Hethel, 3-Eleven membukukan waktu 1 menit 22 detik. Mobil ini juga diperkenalkan di Goodwood Festival of Racing sebagai debut pertama. Berapa ya harganya? untuk road legal dihargai £82,000 (1,7 Miliar) dan untuk race track dihargai £115,200 (2,4 Miliar). Harganya terbilang fantastis dibanding jajaran Lotus saat ini.

Lotus-3Eleven-launching

Hmm… saya jadi penasaran melihat larinya Lotus 3-Eleven ini sebrutal apa, mungkin sudah ada yang merilis videonya di YouTube. Monggo salurkan aspirasi kampanye… eh pendapat anda di bawah ini.

Read Prev:
Read Next:

Yudakusuma Kelihatannya saja masih muda, tapi dalam hatinya lebih senang mobil tua, atau nama bekennya Motuba yang artinya Mobil Tua Bangka. Mengawali karir menulis lewat blog wordpress yang sampai sekarang rajin ditulis ketimbang skripsinya sendiri.... | @yudakusuma_ab

  • Subaru

    Anjaayy…keren modelnya

  • ap88

    7-11 gak ada ya,biar mirip ama mini market

    btw tuh mesinnya dari toyota kan?yg 3500cc dari camry