Konversi Mobil ICE ke EV Ilegal di Malaysia

Konversi Mobil ICE ke EV Ilegal di Malaysia
0  komentar

Autonetmagz.com – Fenomena kendaraan listrik memanglah sedang booming saat ini. Kalian akan menemukan bahwa sebagian besar produsen mobil besar memiliki setidaknya satu EV dalam portofolio produk mereka. Sementara beberapa merek bahkan memilih untuk mengambil langkah yang lebih jauh dengan meninggalkan mesin pembakaran internal sama sekali. Industri otomotif lainnya juga telah berevolusi untuk mengikuti tren. Misalnya, di mana mesin mobil biasanya dari jenis pembakaran internal, Anda sekarang dapat membeli seperangkat kit motor listrik dari Swindon Powertrain atau perusahaan lain yang menawarkan barang semacam itu.

Ini dapat digunakan untuk mengubah kendaraan mesin pembakaran internal (ICE) menjadi Full EV, yang terdengar bagus bagi mereka yang lebih menyukai tampilan mobil mereka saat ini tetapi menginginkan powertrain listrik, dan memiliki sarana untuk melakukan konversi. Demikian pertanyaan yang diajukan BL Ong, anggota Malaysian Electric Vehicle Owners Club (MyEVOC), kepada departemen transportasi jalan raya (JPJ). Menurut departemen tersebut, konversi ICE ke EV tidak diizinkan berdasarkan Bagian 6(1) dari Undang-Undang Transportasi Jalan 1987 serta Aturan 9B dari Aturan Kendaraan Bermotor (Konstruksi dan Penggunaan) 1959.

Menurut Undang-Undang yang Berlaku

Melihat Undang-Undang Angkutan Jalan 1987 pertama, Bagian 6(1) menyatakan bahwa adalah melanggar hukum (yaitu, ilegal) untuk menggunakan kendaraan bermotor yang “tidak mematuhi aturan untuk konstruksi, berat, peralatan, penggunaan dan usia yang berlaku untuk kelas atau uraian kendaraan bermotor yang dimiliki kendaraan bermotor tersebut.” Ada peringatan di sini, karena otorisasi dapat diberikan kepada “kendaraan bermotor khusus, atau jenis kendaraan bermotor khusus, yang dibangun baik untuk tujuan khusus atau untuk pengujian atau uji coba dan jenis kendaraan bermotor baru atau yang lebih baik, baik beroda maupun tidak beroda.”

Jadi, kalian tidak bisa begitu saja misalnya memasang motor listrik ke Perodua Myvi dan mengendarainya di jalan umum seperti biasa. Namun, kalian dapat membuat prototipe dan mengizinkannya untuk demonstrasi dan pengujian, yang kemungkinan merupakan jalur yang diambil EV Innovations untuk MyKar yang berbasis Honda Jazz. Persyaratan lain untuk kendaraan bermotor listrik meliputi nomor seri dan nomor rangka motor yang jelas, memiliki kecepatan maksimum melebihi 50 km/jam; dan memiliki kemampuan memanjat melebihi 20% gradien

Kami memanglah bukan ahli hukum, tetapi cukup jelas bahwa mengubah mobil ICE menjadi EV akan membutuhkan banyak validasi dan persetujuan dari pihak terkait sebelum dapat dibangun untuk digunakan di jalan umum. Tentu masuk akal mengingat EV menggunakan sistem tegangan tinggi, yang tentu saja berbahaya untuk digunakan. Selain itu, merek mobil besar menghabiskan jutaan dolar untuk memastikan EV mereka aman jika terjadi kecelakaan, yang sulit dilakukan oleh orang biasa. Perlu juga dicatat bahwa JPJ memiliki aturan ketat tentang transplantasi mesin ICE juga seperti peningkatan kapasitas tidak melebihi 30% dan tidak ada modifikasi besar pada sasis mobil. Dengan demikian, mengubah mobil ICE menjadi EV bukanlah sesuatu yang diizinkan departemen saat ini.

Bagaimana Menurut kalian? sampaikan di kolom komentar

Read Prev:
Read Next: