Komparasi Datsun GO Panca vs Toyota Agya

Komparasi Datsun GO Panca vs Toyota Agya
0  komentar
Cover-Komparasi-Datsun-GO-Panca-VS-Toyota-Agya

AutonetMagz – Datsun GO Panca akhirnya diluncurkan juga di Indonesia tanpa embel-embel “plus plus”. Selama ini kita mengenal Datsun GO Panca sebagai LCGC yang lebih panjang dibandingkan dengan kompetitor sehingga sulit untuk membandingkannya karena mobil ini memiliki konfigurasi kursi 5 + 2 penumpang yang sangat cerdas.

Well, karena Datsun GO Panca ini memiliki bodi yang sama seperti LCGC lainnya, tidak ada salahnya untuk membandingkan mobil ini dengan kompetitor seperti Toyota Agya. Mari kita membandingkan mobil murah Datsun yang dibanderol dengan harga Rp. 99.900.000 untuk Datsun GO Panca T Active dengan Toyota Agya G MT yang dibanderol dengan harga 110 juta Rupiah.

Desain

Toyota Agya Minor Change baru 2015

Meniliki Desain Toyota Agya sebenarnya sudah sangat membosankan, citranya sebagai mobil murah sangat melekat di mobil ini. Memang desainnya proporsional dan tidak jelek, namun jika dilihat kembali terlihat kurang greget jika dibandingkan dengan Datsun GO Panca atau Honda Brio Satya. Toyota Agya juga baru-baru ini mendapatkan minor change yang tidak begitu terlihat karena hanya menambahkan wiper belakang, pilihan warna tambahan dan kursi belakang baru yang lebih nyaman.

Datsun-GO-Indonesia

Secara eksterior Datsun GO Panca terlihat lebih menarik karena memiliki garis-garis bodi yang lebih tebal dan lekukan yang lebih berani serta aksesoris yang membuatnya tampil lebih sporty dibandingkan Toyota Agya TRD Sportivo sekalipun. Penambahan body kit,  side moulding dan rear spoiler membuatnya tampak lebih sporty dan dinamis. Namun itu semua berubah ketika kita melihat velg Datsun Go Panca T Active yang sangat kecil dan masih menggunakan velg kaleng.

Datsun-GO-Tanpa-Buntut

Penggunaan velg kaleng berukuran kecil ini menghasilkan gap yang sangat besar antara roda dengan bodi mobil, jika kita tidak segera menggantinya maka mobil akan terlihat sangat cingkrang dan tidak sedap dipandang meskipun sudah menggunakan body kit yang sangat sporty. Berbeda dengan Toyota Agya, meskipun ia memiliki velg berukuran sedikit lebih besar dengan ukuran 14 inchi, penggunaan velg alloy wheel membuatnya tampil lebih sporty serta gap antara ban dan bodi lebih proporsional.

inden Toyota Agya 2013

Secara dimesni Datsun GO Panca Active lebih besar dengan panjang 3.785 mm dan lebar 1.635 mm. Toyota Agya lebih kompak dengan panjang 3.600 mm dan lebar 1.600 mm. Meskipun begitu Toyota Agya lebih tinggi 35 mm. Kedua mobil ini memiliki wheelbase yang sama di angka 2.450 mm.

Interior

Toyota Agya Tipe E

Masuk ke dalam interior Datsun GO Panca, kita akan menemukan interior yang sangat sederhana namun di desain dengan cerdas karena memiliki lekukan-lekukan unik yang membuatnya tampil mewah. Penggunaan warna cerah juga berhasil menutupi kualitas bahan yang digunakan.

Karena dashboard Toyota Agya memiliki warna gelap dan sedikit lekukan, kami merasa mobil ini terlihat murahan, padahal dari segi kualitas tidak ada bedanya dibandingkan dengan Datsun GO Panca. Untungnya Toyota Agya sudah dilengkapi dengan head unit indash yang terlihat futursitik dan mewah, begitupulan dengan desain speedometernya yang memiliki tachometer, tentunya membuat mobil ini selangkah lebih maju dibandingkan dengan Datsun GO Panca.

Interior Datsun GO Panca hatchback

Salah satu hal yang menarik, meskipun Datsun GO Panca memiliki eksterior lebih besar, ketika masuk ke dalam interior justru sebaliknya. Interior Toyota Agya justru terasa lebih lega dibandingkan dengan Datsun GO Panca. Bahkan ketika kita membuka bagasi, tidak perlu dipungkiri bahwa Toyota Agya memiliki bagasi paling luas dikelasnya.

Duduk di bangku kemudi Datsun GO Panca, kita akan menemukan posisi mengemudi yang kurang baik karena setir yang terlalu tinggi, posisi tuas perseneling yang terlalu tinggi serta rem tangan model tarik. Masuk ke dalam Toyota Agya sebenarnya juga kurang nyaman, namun jauh lebih menyenangkan dibandingkan dengan Datsun GO Panca karena posisi tuas kemudi, tuas transmisi dan rem tangan terasa jauh lebih manusiawi. Catatan penting bagi Datsun GO Panca, mobil ini memiliki posisi mengemudi yang nyaman hanya untuk orang yang memiliki tinggi badan lebih dari 178 cm, karena mobil ini diperuntukan untuk pasar India pada awalnya.

City car dengan ruang belakang luas Perodua Axia si kembar Agya Ayla

Duduk di bangku belakang Toyota Agya juga terasa lebih nyaman karena sudah menggunakan head rest yang bisa ditinggikan dan model seatbelt yang bisa menarik kembali jika tidak digunakan. Di Datsun GO Panca kita akan menemukan headrest yang tidak bisa dibilang sebagai sandaran kepala karena terlalu rendah dan model seatbelt yang harus diatur secara manual dan tidak rapih karena tali seatbelt akan berserakan dimana-mana.

Performa

Kode mesin Perodua Axia si kembar Daihatsu Ayla

Di sisi performa tentu saja Toyota Agya akan mengalami kekalahan telak disini. Karena Datsun GO Panca memiliki mesi 1.200 cc yang memiliki tenaga 69 PS, sedangkan Toyota Agya dengan mesin 1.000 cc 3 silindernya hanya memiliki tenaga 65 PS saja. Kedua mobil ini telah dilengkapi dengan teknologi bahan bakar injeksi namun tanpa teknologi pengaturan katup variabel. Kelebihan lain Datsun GO Panca juga ada pada EPS dengan teknologi speed sensing sensitive yang akan mengurangi daya bantu ketika mobil di kecepatan tinggi agar setir tidak terlalu ringan, sedangkan Agya hanya dibekali dengan EPS standar. Terakhir, Datsun GO Panca juga memiliki electronic accelerator pedal atau yang kita kenal dengan Drive by Wire.

Mesin-Datsun-GO-Panca-1200

Diatas kertas, tentu saja Datsun GO selangkah lebih maju dibandingkan dengan Toyota Agya. Namun jangan terlalu berhrap banyak dengan kedua mobil ini, karena teknologi mesin 3 silindernya masih konvensional, sehingga getaran mesin dan suaranya akan terasa mengganggu.

Fitur

Radio-JVC-Datsun-GO-Panca

Bicara tentang fitur, dengan perbedaan harga 10 juta Rupiah sebenarnya Toyota Agya terasa jauh lebih value for money dibandingkan dengan Datsun GO Panca. Seperti contohnya pada fitur-fitur eksterior, kita akan menemukan velg alloy wheel, fog lamp, serta wiper belakang (di varian minor change). Sedangkan Datsun GO Panca hanya dilengkapi dengan aero kit, velg kaleng tanpa fog lamp dan wiper belakang.

Masuk ke dalam interior Toyota Agya memiliki fitur yang lebih unggul, lihat saja ketika kita masuk ke dalam Toyota Agya, kita akan disambut oleh 2 buah airbags, head unit double din, speedometer dengan tachometer dan layar digital, electric mirror dan 4 buah power window yang pengaturannya dapat diatur secara keseluruhan oleh pengemudi.

Toyota Agya TRD S

Pada Datsun GO Panca sebaliknya, mobil ini sangat miskin fitur, kita tidak akan menemukan tachometer analog karena sudah bersatu dengan layar digital yang sangat kecil, electric mirror tidak tersedia, seat belt belakang fix yang mengganggu, 2 buah power window saja dan kaca penumpang tidak bisa diatur oleh pengemudi, tidak adanya airbags di mobil ini. Beberapa dari kita mungkin akan mengatakan bahwa kita harus memakluminya karena ini adalah mobil murah, namun dengan perbedaan 10 juta Rupiah dengan Agya tipe G, sebenarnya Datsun GO Panca nggak semurah yang kita bayangkan dengan pengurangan fitur yang dilakukan. Coba anda modifikasi Datsun GO Panca menjadi selengkap Agya, pasti akan habis lebih dari 10 juta Rupiah.

Door-Trim-Datsun-GO-Panca

Kesimpulan

Datsun-GO-Body-Kit-Aksesoris

Datsun GO Panca hadir dengan harga yang sangat terjangkau namun juga memiliki fitur yang sangat minim, Datsun mencoba menghadirkan presepsi untuk memaklumi sebuah mobil murah namun menggantinya dengan tampilan yang sangat sporty, cantik dan dinamis. Padahal jika kita melihat kelengkapan yang ditawarkan mobil ini dan posisi mengemudinya yang kurang baik, sebenarnya dengan menambahkan 10 juta Rupiah tidak ada salahnya untuk mengambil Toyota Agya yang lebih kaya fitur dan lebih lega dari sisi interior. Hanya saja dari segi performa, Toyota Agya terasa kurang menjanjikan jika dibandingkan dengan Datsun GO Panca.

harga Toyota Agya 2014
Read Prev:
Read Next:
  • tim

    Perasaan media sebelah ngomongnya driving position datsun go ini bagus, karena posisi tuas transmisi sama rem tangannya sangat ergonomis, dan suspensi datsun pun jauh lbh baik drps agya ayla…

  • Oki Syauqi

    Koreksi : velg agya yang alloy ukurannya 14″

    Dan… cuma berpendapat, entah kenapa saya rasa duet toyota agya & daihatsu ayla adalah lcgc terbaik. Karena keduanya main tengah, meskipun model biasa saja dan performa kurang namun kelegaan kabin & fiturnya layak diacungi jempol. Jadi orang yang ragu-ragu ketika akan membeli satya, wagonR ataupun go lebih baik memilih duet ini sebagai jalan tengahnya.

    • Ridwan Hanif

      betul, kemarin juga waktu ngedit kok ada yang aneh.. pas di cek lagi di website Toyota pakai R13, pas tadi di Alfamart, ngeliat Agya ternyata pakai 14 inchi. Thanks ya koreksinya..

      • Oki Syauqi

        Yo i.
        ditunggu review berikutnya.

  • Reza

    Wah coba dong min komparasi dengan brio satya datsun go.

  • carlovers

    gue sih kalo ditawarin LCGC mending brio satya aja deh. fitur lebih lengkap daripada agya, akselerasi ok, dan konsumsi bbm yang beda tipis sama agya. biarin deh masih make MT, karena versi AT agya akselerasi jauh lebih lama daripada versi MT yang juga agak lama.

  • Blogmobilq

    Modelnya sih lebih enak dilihat Datsun Go tapi sisanya masih berat ke Agya.

  • rizki

    “Datsun GO Panca, mobil ini memiliki posisi mengemudi yang nyaman hanya untuk orang yang memiliki tinggi badan lebih dari 178 cm, karena mobil ini diperuntukan untuk pasar India pada awalnya” Apakah ini juga berlaku bagi GO+? btw gambar mesin Agya kenapa pake gambar Perodua Axia? mentang2 sama ya hehe

  • immts04

    Ada pertanyaan nih,itu yg gambar jok belakang punya sapa y?udah power window tapi headrest masih pendek dan kaca belakng sepintas terlihat ada defogernya.kalo agya kan udah ada headrest yg adjustable,kalo datgo belum ada power window belakang,dan keduanya belum ada defoger.sama gambar mesin kaya mobil yg d jual d tetangga y?cmiww

  • GO+ PANCA

    GO+ Panca : Mesin : Unggul, Design : makin dilihat makin gemesin, Fitur² : okeee, meski ada kelebihan dan jg kekurangannya, tapi, fitur² itu bisa dilengkapi dg aksesoris² nya..
    Yg paling penting adalah : mesin, design dan harga.. Ban/velg, tinggal pilih bro.. Lagian ga mgkin dong mobil LCGC lgsung dipasangin velg chrome.. 🙂

    • biaggi

      Sy lebih pilih go+ alasanya…..tampilan lebih ok di banding lcgc lain….yg penting berkemudi yg aman…..aman utk kita+klrg jg aman trhdp orang lain……

      • asfin achfani nur

        lha bro.. bukannya datsun go dapet zero star di Euro NCAP. bahkan di rekomendasikan untuk ditarik /tidak dijual karena hasil crash test nya sangat buruk. tambah dikit harga untuk mobil lain rasanya cukup layak tapi udah dapat fitur safety yang lebih aman.

        • ipoenx

          Honda Jazz yg harganya dua kali lipat Datsun Go jg hasilnya zero star di euro NCAP. Kalo mau safe ya mobil yg harga 300jtan ke atas.

          • hirumieru

            Ngawur sampean mas, cek di youtube atau di webnya dulu, baru komentar

          • ¿¿¿

            What?, masa jazz cuma dapet zero, duo kaleng aja dapet 4 star

          • Vv

            Gua bunuh lu, gua tembak lu

          • Aa

            Serem amat gan komennya

  • biaggi

    Tinggal kita yg punya duit mo beli apa. Semua ada +-nya. Kalo maunya yg bagus…crv…psjero fortuner dll….tp kan kr uud jg. Mksh

  • candra

    kelebihan agya yang nggak ada di datsun go :
    1.dual srs airbag depan
    2.power window full
    3.electric mirror
    4.velg alloy
    5.sealtbelttarik
    6. double din
    7. pintu blep alias nggak bunyi brakk.. saat ditutup

    kelebihan Datsun go+ panca T option yang nggak ada di ayla:
    1. Model jauh lebih ok sekalipun tanpa body kit
    2. Ada baris tiga untuk tambahan penumpang ..kalau dilipat bagasi jauh lebih lapang
    3.Mesin 1200 CC
    4.EPS dengan sensor kecepatan
    5.pedal gas secara electronic sensor
    6.IMMOBILIZER!!…anti maling.. kunci duplikat nggak bisa nyalain mesin..

    SO????? Jadi kesimpulan????…bijimane nih???

    • adriel

      masa udh ada immobilizernya,di first impression aja masih integrated dengan alarm

      • adex

        btul sdh immobilzer bro…

  • putri

    kalo uangnya pas2an mending agya atau datsun go +

  • faris

    Datsun go bodyx kuat. D banding agya. Plus mirip yaris . Heheh. Tp itulah kekuranganx d fitur. Kayakx mending brio.

    • Ridwan Hanif

      sebenarnya sama saja kok… hehehe

  • adriel

    bukannya datsun go masih pake kunci dengan alarm?,soalnya liat di first impression masih integrated dengan alarm kyk agya

    • willsen

      Datsun sudah pakai immobilizer bro..saya pmakai go+ soal nya..saya prnah tnya k bengkel2 pengen pasang keamanan yg safety lg..trnyta sama org bengkel blg klo mobil ny sudah d lengkapi immobilizer pa.jdi mau sampe budek tuh maling gk akn bisa d bwa kabur nih mobil.trkcuali kunci asli ny d colong baru bisa d bawa kabur..

  • remon

    saya udah coba semua lcgc, go yang paling mantappp

  • agus saja

    Aku lbh milih go ples panca…..bagasi blk mmg extra dg melipat jok blk…..yg jelas ketemu bis kenceng di ringroad jogja tdk goyang….entah kalo agya goyang ndak….merek itu seneng2 an yg beli saja….yg jelas bp ibu seneng aku antar kemana2 juga istri dan anak, meski aku tmsk pemakai baru roda 4 aku tdk kesulitan kendarai pdhl aku kursus setir dg avanza…….ini br mo tambah cover jok biar ortu lbh suka…..

  • yuri

    JD TMBH BINGUNG MO PILIH GO APA AGYA????BUKANNYA STEERING WHELL GO BISA ADJUSTABLE NAIK TURUN YA???..UNTUK VELG MAH BISA DIATUR BELI SENDIRI LAH..KAN ADA YG JUAL PAKETAN VELG R14-R16 YG SDH SAMA BAN DIDAERAH MAMPANG….

  • wahyuhakim

    datgo sudah immobilizer, mesin sangat responsif, kecepatan max bisa 170kpj dan masih stabil, ada yg sampai 180kpj, kecp 100-120 sdh biasa… bensin tetap ngirit walau digeber terus. Rem sangat oke walaupun untuk rem mendadak(gak ngaget) konon remnya elektrik. diluar kota untuk nikung, belok, maupun nyalip sgt mantap. tikungan 90* mampu 80kpj, kabin juga relatif senyap meskipun kec tinggi (pdhl kondisi standar belum tmbh peredam) lebih senyap dari mo****o punya kakak sy. untuk nanjak digigi 3 memang ngempos… tp gigi 2 bisa digeber 60-80 kpj bisa untuk nyalip di tanjakan tajem.

    • hirumieru

      ngga percaya, orang kondisi standarnya 90 kpj udah mental mentul ga jelas ( pengalaman naik datsun go+ (5+2)) yang notabene lebih berat, limbungnya lumayan kerasa, pintu ditutup bunyinya kaya gitu, ngga tau ya kalo punya masnya ini udah di modifikasi. hehe

  • adi pratomo

    Gua bukannya fanatik sama satu merek, tapi dari semua lcgc emang bener agya paling unggul. Karena punya plat bodi paling tebel, pelek paling gede, kualitasnya bagus ga kayak brio satya (bahkan saya berani bilang jauh lebih bagus plastiknya agya daripada jazz, brio sport, dll), fitur paling lengkap (udah ada airbag di tipe termurah), dan bagasi yang sangat luas. Lagipula ada maticnya lagi.

  • wayan radit

    kalo gw pilih go+ oleh karna body oke dan mesin lebih handal harga lbih murah cuma 110juta kluaran thun 2015 di lampung.sudah diberi peredam suara, pintu sudah tidak berisik lagi kyak tahun 2014 dan audionya juga lbih mantap.

  • Akhirnya menjatuhkan pilihan pada toyota agya type g februari 2015 ini dan saya puas, akselerasi ok, irit juga, kebetulan seminggu ini lagi sibuk2nya, baru beli seminggu lbh dikit udah 1300 km, papasan sama bis ga goyang kok, suara kabin kedap kok, di tol semarang ga kerasa kecepatan bisa 110 kpj di gear 4, rpm di bawah 5rb, ga goyang juga, ga berani geber lebih jauh mengingat waktu itu masa rayen. Posisi nyetir nyaman karena lutut ga kepentok dashbor. Yang kurang mungkin hanya di audio, walaupun 4 buah speaker tp suara kurang seep, mungkin kurang twiter kali he3… pokoknya terasa sesuai dgn duit yg dikeluarkan deh karena blm pernah nyetir mbl mahal, paling mahal nyetir toyota veloz he3 lagi…

  • Pening

  • Pernah bawa agya… Mungkin karna sy biasa bawa new avza.. Kabin agya brisik banget..tenaga pas2an.. Ga deh..

  • dewi

    agya mw dimodif gmn pun ttep keq gt z modelny
    gk ada kerenny bro
    ada air bag pun qlo gk pke seat belt sm z bro
    aksesoris bs dganti bro tp mesin agya mw gnti 1200cc y bli datsun lh
    hahahahaha