Kenali Jenis Mobil Hybridmu : Tidak Semua Mobil Hybrid Sama!

Kenali Jenis Mobil Hybridmu : Tidak Semua Mobil Hybrid Sama!
0  komentar
komparasi mobil hybrid

AutonetMagz.com – Berawal dari pertanyaan di video First Impression Review Honda CR-Z, ada yang bertanya di video, mengapa cara kerja hybrid-nya tidak dijelaskan di video (namun sudah dijelaskan di artikel). Dengan itu saya tergelitik, ada berapa jenis mobil hybrid yang ada dan bisa kita kenal sistem serta cara kerjanya saat ini? Setelah mempelajari beberapa referensi dan mengenali contoh-contohnya, bisa ditarik garis besar bahwa ada 3 sistem hybrid yang ada di pasaran.

Sebelumnya, saya tahu mobil hybrid bukan primadona di Indonesia gara-gara pajaknya yang naudzubillah min dzalik, tapi minimal anda perlu tahu ini biar tidak dibodohi dengan istilah,”Semua hybrid itu sama”. Hybrid sendiri tidak selalu identik dengan ramah lingkungan kok, buktinya hybrid di McLaren P1, Porsche 918, BMW i8 dan Ferrari LaFerrari bisa menyokong performa juga. Terus? Apa saja jenis-jenis mobil hybrid? Ini dia klasifikasinya!

Active Hybrid

Mobil Active Hybrid kadang disebut juga sebagai “Series Parallel Hybrid” atau “Combined Hybrid”. Mobil hybrid seperti ini punya 2 penggerak, yakni mesin bensin/diesel biasa dan motor listrik yang mengambil tenaga dari baterai. Mobil Active Hybrid bisa berjalan dengan berbagai kombinasi tenaga. Pertama, dari motor listrik saja, kedua, dari mesin bensin saja, dan ketiga, dari kombinasi tenaga motor listrik dan baterai.

Drivetrain-Toyota-Alphard-Hybrid

Mode mana yang dipilih, bisa diatur otomatis oleh komputer maupun diatur manual oleh pengemudi, tergantung situasi dan kondisi. Baterai mobil hybrid sejenis ini ada yang tidak punya colokan eksternal untuk ditancapkan ke sumber listrik dari luar mobil (contoh : colokan listrik di rumah), tapi ada yang punya, BMW i8 misalnya. Selain itu, baterainya akan mendapat pengisian ulang dari mesin bensin/dieselnya atau dari energi regeneratif yang dihasilkan mobil pada saat deselerasi atau pengereman.

wallpaper-toyota-camry-facelift-hybrid

Antara mesin bensin/diesel dan motor listrik, keduanya tidak terhubung secara seri ke transmisi mobil, melainkan paralel alias terpisah, maka dari itu ia bisa disebut “Series Parallel Hybrid”. Contoh mobil seperti ini banyak, di antaranya Toyota Camry Hybrid, Toyota Prius, Lexus LS600hL dan lain-lain. Makanya, dari nama “Hybrid Synergy Drive” di mobil-mobil hybrid Toyota, memang menggambarkan kalau mesin listrik dan bensin/dieselnya bersinergi dalam menggerakkan mobil. Tidak tipu-tipu kalau yang ini.

Electric Hybrid

Kadang-kadang, mobil Electric Hybrid kadang suka disebut sebagai “Plug-In Hybrid”. Rancang bangunnya adalah motor listrik dan baterai akan menggerakkan roda dan menjadi penggerak utama mobil. Lah, terus mesin bensin/dieselnya ngapain? Mesin bensin/diesel di mobil sejenis ini tidak ada urusannya dengan sistem penggerak mobil, melainkan bertugas menghasilkan listrik untuk disuplai ke baterai dan motor listrik. Singkatnya, bekerja sebagai genset yang suka dipakai kalau mati lampu.

Pengisian-baterai-chevrolet-volt

Sama seperti Active Hybrid, kadang ada yang punya colokan untuk ditancapkan ke sumber listrik eksternal atau malah sumber tenaga lain, Chevrolet Volt misalnya. Tapi ada mobil seperti Fisker Karma, yang atapnya punya panel surya untuk mensuplai energi listrik tambahan yang cukup untuk menjalankan segala peranti elektronik di kabin seperti navigasi, lampu kabin, sistem keyless start, dll. Tujuannya supaya baterai utamanya tidak cepat habis tenaga untuk menjalankan mobil.

fisker-karma-front

Gampangnya, mobil Electric Hybrid atau Plug-in Hybrid adalah mobil yang mesin bensin/dieselnya tidak ada urusan langsung dengan sistem penggerak, melainkan berlaku sebagai genset untuk baterai. Selain Fisker Karma dan Chevrolet Volt, contoh mobil lain yang mengusung sistem seperti ini adalah Hammerhead-i Eagle Thrust buatan mantan Trio Top Gear (James May, Richard Hammond, Jeremy Clarkson), Mazda 2 RE (Range Extender), Opel Ampera dan lain-lain.

Mild Hybrid

Mobil-mobil Mild Hybrid juga disebut sebagai “Parallel Hybrid”. Di mobil hybrid seperti ini, mesin bensin/diesel akan menjadi penggerak utama bagi mobil, sementara motor listrik dan baterai hanya bertugas membantu saja di saat-saat tertentu, bukan menjadi penggerak bagi mobil secara independen tanpa bantuan mesin bensin/diesel. Yah, sebenarnya ada saat-saat di mana motor listrik bisa menggerakkan mobil tanpa bantuan mesin bensin/diesel, tapi untuk waktu yang sangat sebentar. Oleh karena itulah, sistem ini dianggap tidak bisa menjalankan mobil dengan tenaga motor listrik saja.

ferrari-laferrari

Motor listrik akan membantu mesin bensin/diesel saat dibutuhkan, misalnya saat torsi maksimum dari mesin bensin/diesel belum keluar atau sudah tidak keluar, motor listrik datang sebagai asisten karena torsi instan yang dihasilkannya bisa membantu mobil bergerak selancar mungkin. Hal ini untuk menutupi kekurangan mesin bensin/diesel yang torsinya tidak sespontan mesin listrik. Baterai pada mobil hybrid ini hanya bisa diisi ulang dengan energi dari mesin bensin/diesel dan tenaga deselerasi atau pengereman, bukan dicolokkan ke colokan listrik.

honda cr-z facelift side

Nah, Honda Jazz hybrid dan Honda CR-Z adalah contoh yang sempurna untuk menggambarkan sistem Mild Hybrid seperti ini. Jelas dong, di cover mesin mereka juga tulisannya “Integrated Motor Assist”. Coba, korelasikan kata “Assist” di tulisan tadi dengan kinerja sistem mild hybrid yang bertugas menjadi asisten atau pembantu mesin bensin/diesel, masuk akal kan? Tidak tipu-tipu juga, meski kami masih heran kalau CR-Z dibilang mobil sport. Selain Honda CR-Z dan Honda Jazz hybrid, Ferrari LaFerrari juga memakai sistem yang sama.

mesin honda cr-z hybrid

Oke, itu tadi jenis-jenis mobil hybrid yang ada di pasaran. Jadi besok kalau ada yang maksa atau ngotot bilang “Hybridnya Camry dan CR-Z kan sama,” anda bisa menjelaskannya dengan pemaparan seperti tadi. Kalau masih ngotot juga, lempar saja mukanya dengan artikel ini. Selain itu, kami harap dengan artikel ini bisa menjadi pedoman bagi anda yang diberi rezeki lebih dan ingin mencoba mobil hybrid supaya bisa menerawang, sistem seperti apa yang cocok dengan anda.

Bagaimana opinimu mengenai penjelasan sistem hybrid ini? Atau ada yang ingin ditanyakan? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Aryo Wicaksono

    I approve this article. mungkin penggunaan istilah “series parallel hybrid” dan “plug-in hybrid” lebih populer dibandingkan “active hybrid” dan “electric hybrid”. 🙂

    • Hillarius Satrio

      istilah sih banyak, yang penting definisinya sih

  • Rafi M. P.

    Baru tau kalo plug-in hybrid itu sama kayak range extender (sama2 series hybrid)

  • Dio Puja Altha

    Dulu ane pernah baca artikel. Istilahnya kira2 seperti ini :
    Series Hybrid
    Parallel Hybrid
    Active Hybrid

  • Z lover

    artikel yg sangat mencerahkan

    • Hillarius Satrio

      lampu LED dong, mencerahkan~

  • Always35

    Tapi tetep aja pemerintah “gelap mata” dengan kasih pajak ganda di mobil hybrid -__- padahal mobil2 hybrid ini bisa membantu meminimalisir penggunaan BBM yg lebih dibandingkan mobil dgn BBM saja~

    • Baba Abdul

      Karena berkurangnya konsumsi bbm itulah yang dihitung sebagai kerugian lalu dikonversi menjadi pajak extra ?

      • Always35

        Hmmmm masuk akal juga sih ??

        Kalo mobil hybrid/listrik makin merajalela, bbm jadi nggak laku ntar dan para mafianya teriak2 dah ?

      • ekkyfir

        Hahaha ngakak baca nya? tp ada bener nya jg sih bisa msk akal

    • farid

      Tapi sekarang ada regulasi LCE(low carbon emission) untuk mobil hybrid di indonesia yg sampai saat ini belum final.kalau seandainya regulasi ini terealisasi berarti tidak ada pajak ganda untuk mobil hybrid dan tren mobil hybrid bisa dinikmati di indonesia

      • Always35

        Belom final karena banyak kepentingan tuh wkwk takut disenggol para mafia~

    • Davis Jenson

      banyak yg bilang pajak mobil hybrid mahal.. emangnya pajak per tahun nya brp ya? ada yg tau?

  • Andhika

    Oh. ngerti2. Tapi biasanya abis ini gw lupa hahaha. Gw tertarik nih ama diesel hybrid. Pabrikan mana aja sih yg ngembangin diesel-hybrid? Kayaknya jarang ya…

    • Hillarius Satrio

      ada kok beberapa, Maruti Suzuki Ciaz SHVS sama Maruti Suzuki Ertiga SHVS itu sekian contoh mobil diesel hybrid. (CMIIW)

      • Soni Hermawan

        Wah ucapkan bye bye klo gitu sama diesel hybrid ,coz di indo gk ada kayaknya..

  • Erik

    Tinggal nunggu waktu buat hadir mesin yg dari sononya udah sangat efisien macem skyactiv, ditambah twincharger, plus hybrid. Bakalan jadi ultimate setup buat yg ngincer efisiensi bbm.

    Tapi macem gini performa & fun to drivenya gmn ya ?

    • Hillarius Satrio

      performa sama fun to drive bakal beda2, tergantung gimana pabrikan bikin mobil. contoh, camry hybrid pasti performanya bakal ketolong sama sistem hybrid, tapi soal fun to drive mungkin nggak terlalu wow, karena camry is engineered for comfort and smoothness, not sportiness and agility.

      ada yang mau nambahin contoh yang lain? atau koreksi kalo gw keliru

      • Erik

        Wow… Mungkinkah bisa jd ide buat next RX-9 ??
        Rotary engine skyactiv + twincharger + hybrid. Semua teknologi mantep jadi satu, bayangin aja tuh haha

        Kalo bisa jd kenyataan, bakalan sukses besar nih soalnya buat showcase ultimate teknologinya mazda. Bisa bikin performa edan, fun to drive tapi jg tetap efisien.
        Atau malah jadi blunder ? Salah2 krn pengen ngejar semuanya malah ga dpt, jadi ga berkarakter & soul less

        • Hillarius Satrio

          tauk deh, belom ada kabar lagi soal kelanjutan RX-Vision.

          sebelum sukses besar, biayanya gede juga. Mazda ngembangin rotary modal dengkul lho, karena cuma mereka doang yang minat. belom lagi engineernya katanya cuma 50 orang. merek mana lagi coba yang nggak takut sama rotary selain Mazda?

          terserah Mazda aja mau bikin yang kayak gimana, tapi kalo buat gua, bisa ngilangin kekurangan rotary yang lack of torque at low end RPM itu udah cukup. kalo bensin nambah irit sedikit, itu bagus.

          • Erik

            Okedah… Thx udah mau nanggepin ocehan gue haha

            Oot dikit, darisini gue mau nyumbang saran. Gmn kalo autonetmagz bikin konten video baru semacam diskusi ttg mobil gitu, bedah teknologi, sesi q & a, pendapat ttg mobil yg baru launch, mobil konsep dll. Berhubung video review kan emg gabisa terlalu sering. Bisa diselingin sama ini, bikinnya jg ga terlalu ribet. Itung itung biar bisa lbh keep in touch sama pembaca & viewer, jg sekalian edukasi buat yg masih awam.

          • Autonetfans

            Ada grup line autonetfans kok hehe

          • Erik

            Ya beda sih. Maksudnya kalo di youtube kaya mkbhd gitu. Selain review jg ada konten yg lain kaya techtalk, penjelasan teknologi, dll. Biar makin informatif & interaktif aja gitu

  • haikal fahmi almaidani

    Kayaknya Plug-in hybrid adalah salah satu pilihan yg menarik.
    Hanya saja yg jd pertanyaan, kenapa pajak kendaraan hybrid lebih mahal dari non-hybrid ya?

    Saya masih bingung sampe sekarang. Padahal, hybrid sangat menguntungkan.

    Apalagi kalo dipasang turbo (wkwkwk…. just kidding).

    • Hillarius Satrio

      karena dianggap punya 2 mesin.padahal di negara lain hybrid diberi keringanan pajak.

      • haikal fahmi almaidani

        Hmm… aneh juga ya kebijakan negara kita soal ini. Berbeda dgn kebijakan negara lain.
        Ah… sudahlah.

        Oh ya. Suatu kehormatan bagi saya karna komentar saya di artikel ini dikomen oleh mas Hillarius Satrio.
        Bukan lebay, tapi bangga. Hehehe…

        Salam dari saya warga Medan, Sumatera Utara, daerah yg juga banyak sekali petrolhead jempolan (bahkan balapan liar) tapi tdk seberuntung mas Hillarius Satrio, mas Ridwan Hanif, om Mobi, bahkan mas Fitra Eri.

        Peace. Salam otomotif.

        • Satwika

          bener sih….. jgn2 yang buat kebijakan itu koruptor…… ternyata di berita najwa malah napi tipikor di lapas didatengin kayak sambutannya all new kijang innova……. yang kelas teri yg melakukan kejahatan hanya demi sesuap nasi didatengin wartawan kayak everest launching

          • haikal fahmi almaidani

            Fakta yg miris sekali. Dan hanya ada di negeri kita tercinta. 🙁

          • Satwika

            Tau lah cara nyambut kedatangan all new innova itu gimana

            Trus everestnya

  • qoqo

    Very well written! Good job!

    • Hillarius Satrio

      thanks masbro

  • ekkyfir

    Thankyou autonetmagz dan bang hillsat udh buat artikel ini, sangat memberi pencerahan, kalau gua masih penasaran sm yg active hybrid, pertama nyoba active hybrid pas lg ke jepang pake prius alpha, bener2 smooth bgt, pas awal hening motor listrik nya udh nyampe kecepatan tertentu lgsg nyala dan dorong mesin bensin nya

    • Hillarius Satrio

      senyap gak pas mesin bensinnya aktif?

      • ekkyfir

        Senyap bang dr luar maupun dlm, kalau di gas sih pasti kedengeran, kalau dr dlm emg berpengaruh dr kekedapan mobil nya jg yg bagus

  • thanks broh hilsat.

    • Hillarius Satrio

      yoo, sama2

  • reyhan apriathama

    Pajak lg dikaji pemerintah untuk kendaraan Hybrid dan Diesel dengan konsumsi BBM > 16 KM/L terkait kendaraan LCE (Low Carbon Emision), terus terang hybrid yang paling efektif menurut ane sistem SHVS di Ertiga sm Ciaz karena based on teknologi sederhana dan mampu mengubah perispektif kalo kendaraan hibrida tidak harus mahal

    • Hillarius Satrio

      serius? nunggu hasilnya ah

  • panameraboy

    kalo mobil yang udah ada start-stop enginenya gimana bro hilsat?. kayak yang ada di mazda skyactiv dan mobil2 lainnya yang udah ada start-stop engine. jadi pas mesin mati, ada batere kecil buat menyokong fungsi kelistrikan kayak AC, audio dll. itu bisa dikategoriin mild hybrid ga?

    • Andi

      Kalo gini mah, motor vario yg ada idling stopnya berarti juga “motor hybrid” dong ? Wkwkwk

      • panameraboy

        nah ane sependapat nih, prinsipnya si skutik honda yang idling-stop kan kayak di mobil. pas berenti mesin mati, tapi kelistrikan tetep nyala hahaha

        • Andi

          Kayanya ngga deh, krn sistemnya itu cuma buat nanggung kelistrikan selama mesin mati. Bukan buat gerakin kendaraan, krn dia bukan motor listrik

          Mungkin bisa ditambah lagi definisinya, kalo sistem hybrid ini menggerakkan kendaraan. Baik secara langsung (full electric mode) ataupun ga langsung (semacam motor assist)

    • Hillarius Satrio

      ya enggak lah, kan baterenya bukan buat jalanin mobil via motor listrik

  • Rizki

    bukannya Opel/Vauxhall Ampera itu nama lain Chevy Volt untuk pasar eropa ya CMIIW

  • Kevin Apriandy_

    Kalo X-Trail Hybrid itu termasuk yg mana min??

  • Farrel

    Terima kasih buat artikelnya mas Satrio, sangat berguna dan menambah wawasan tentang mobil hybrid.

  • farid

    Thanks infonya bang hilsat,jadi ngiler nih dgn teknologi hybrid walau saat ini sistem perpajakan kita masih memperberat terhadap teknologi hybrid.oh ya…kan bakal ada regulasi low carbon emission(LCE) untuk mobil hybrid,kalau regulasi ini terealisasikan berarti kita nanti dapat menikmati teknologi hybrid,dan siapa tau toyota yg udah jago soal teknologi ini bakal mau menambah avanza varian baru yaitu avanza “hybrid synergy drive” *ngarep