Jelang Generasi Baru, MINI Countryman Bakal Pindah Pabrik

by  in Mobil Baru
Jelang Generasi Baru, MINI Countryman Bakal Pindah Pabrik
0  komentar

AutonetMagz.com – Semua hal langsung berubah setelah COVID-19 menyapa bumi. Beberapa rencana, jadwal, event, dan masih banyak lagi acara yang mendadak jadi berantakan. Bisnis otomotif termasuk salah satunya yang turut kacau tersapu badai virus ini. Pameran otomotif skala besar batal, peluncuran mobil baru dari masing-masing merek juga harus dilakukan secara daring. Rantai pasokan suku cadang untuk pabrik otomotif juga terdampak.

Contohnya ada pada MINI, sebab MINI Countryman facelift generasi F60 yang diperkenalkan pada bulan Mei tahun ini akan menjadi produksi terakhir di bawah naungan VDL Nedcar. VDL Nedcar adalah pabrik perakitan yang terletak di Born, Belanda yang telah memproduksi Countryman sejak tahun 2016. Nah, BMW Group selaku prinsipal MINI mengatakan tidak akan memperpanjang kontrak pembuatan MINI Countryman lagi di garasi VDL Nedcar.

Sebagai gantinya, BMW memindahkan pabrik produksi MINI Countryman secara in-house untuk model generasi berikutnya. Hal ini bukan karena pabrik VDL Nedcar memiliki kualitas yang buruk, tetapi gara-gara perubahan drastis iklim bisnis yang disebabkan oleh pandemi virus global ini. “BMW dengan tegas menyatakan bahwa kualitas, keandalan pengiriman, dan daya saing VDL Nedcar bukanlah dasar untuk keputusan tersebut,” kata pabrikan pihak ketiga itu.

Perlu diketahui, VDL Nedcar menyumbang sebesar 30% dari penjualan MINI di seluruh dunia pada saat peluncuran MINI Countryman facelift. Dilansir dari Automotive News Europe, VDL Nedcar membuat 174.097 kendaraan untuk BMW pada tahun 2019. “Sayangnya, kami tidak dapat memenuhi permintaan VDL Nedcar untuk memproduksi penerus MINI Countryman,” kata BMW dalam sebuah pernyataan resmi via surat elektronik.

Selain MINI Countryman, pabrik Born di Belanda saat ini memproduksi MINI Convertible dan BMW X1. Sebagai informasi tambahan, tidak semua tuan rumah pabrikan mobil merakit mobilnya di negara mereka sendiri, begitu juga dengan BMW. Tidak semua BMW adalah rakitan Jerman, contohnya ada BMW Z4 dan Toyota Supra yang dirakit di Austria, sedangkan BMW iX3, mobil listrik pertama BMW itu dirakit di Negeri Panda alias China.

Read Prev:
Read Next: