Jelang 70 Tahun, Tak Ada Lagi Frankfurt Motor Show

Jelang 70 Tahun, Tak Ada Lagi Frankfurt Motor Show
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam beberapa tahun terakhir, ada sebuah tren yang nampaknya kurang menyenangkan bagi beberapa promotor penggelar Auto Show ataupun Motor Show berkelas internasional. Beberapa pabrikan memutuskan untuk tidak lagi mengikuti ajang tahunan model tersebut, dan memilih untuk mengadakan acara pribadi untuk memperkenalkan produk – produk mereka. Kondisi ini membuat beberapa Auto Show harus berusaha untuk terus survive, namun tidak dengan Frankfurt Motor Show.

IAA 2017 / frankfurt motor show 2017

Ajang yang beberapa waktu terakhir juga dikenal dengan nama Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) tersebut sudah digelar sejak tahun 1951 silam. Jadi, kalau kita mau hitung umurnya, saat ini Frankfurt Motor Show sudah berusia 69 tahun, menuju 70 tahun. Sayangnya, di tahun ini juga Verband der Automobilindustrie (VDA) alias GAIKINDO-nya Jerman memutuskan untuk menyudahi event yang sempat selalu perhatian dunia tersebut. Selain kondisi yang kami sebutkan diatas, faktor lain yang menjadi alasan keputusan ini adalah berakhirnya kontrak VDA dengan Messe Frankfurt, venue dari gelaran ini tiap tahunnya.

IAA 2015 / frankfurt motor show 2015

Sedikit flashback, pada bulan Oktober tahun lalu pihak IAA sendiri sempat menyebutkan bahwa pihaknya akan menyediaka sebuah konsep baru nan segar untuk gelaran tahun 2021 mendatang. Pihak IAA sendiri tidak merinci seperti apa konsep yang akan ditawarkan, namun diklaim akan cukup atraktif untuk menarik kembali pabrikan yang absen di gelaran mereka. FYI, beberapa pabrikan yang absen di IAA 2019 alias Frankfut Motor Show 2019 silam antara lain adalah Aston Martin, Fiat, McLaren, Mitsubishi, Nissan, dan Volvo. Nah, salah satu ide untuk terus membuat IAA tetap eksis, adalah memindahkan lokasi.

IAA 2013 / frankfurt motor show 2013

Minggu lalu, sudah ada 7 kota yang memberikan ide mereka untuk tampil sebagai venue untuk IAA seri 2021 mendatang. Ketujuh kota tersebut antara lain adalah Berlin, Cologne, Hamburg, Hanover, Munich, Sttutgart, dan Frankfurt sendiri. Dr. Martin Koers, Managing Director dari VDA menyebutkan dalam rilis resminya bahwa tawaran dari kota – kota tersebut tergolong menarik dan sangat kreatif. Namun, berhubung adanya kebutuhan untuk segera menentukan piliha, maka pihak VDA melakukan finalisasi dengan mempersempit opsi menjadi 3 kota saja yaitu Berlin, Hamburg, dan Munich.

Yap, tidak ada nama Frankfurt lagi di dalam list tersebut, sehingga kita sudah tidak bisa lagi menyebutkan nama Frankfurt Motor Show untuk gelaran 2021. IAA masih akan digelar, tapi bukan lagi di Frankfurt. VDA menambahkan bahwa keputusan lokasi IAA 2021 akan ditentukan dalam beberapa minggu ke depan. VDA menyebutkan bahwa keputusan ini adalah keputusan yang susah, namun pihaknya berterima kasih pada Messe Frankfurt dan kota Frankfurt tentunya atas kesediaan mereka selama ini dalam menggelar ajang otomotif akbar tersebut.

Jadi, bagaimana kalau menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: