It’s Official, Ferrari Resmi Bercerai Dari Aliansi Fiat-Chrysler

It’s Official, Ferrari Resmi Bercerai Dari Aliansi Fiat-Chrysler
0  komentar
ferrari-f12-berlinetta

AutonetMagz.com – Seperti kita tahu bahwa Ferrari merupakan salah satu merek mobil yang berlindung di bawah atap Fiat-Chrysler untuk waktu yang lama, tapi sekarang sudah tidak lagi. Cavalino Rampante ini sekarang sudah bukan milik Fiat-Chrysler setelah diadakannya pertemuan antar pemegang saham FCA yang 98% sepakat dengan keputusan ini. Hal ini muncul setelah FCA menjual 10 persen dari saham Ferrari dalam penawaran umum, meningkatkan pendapatan sekitar $ 1 milyar.

Mengapa merek yang bernilai seperti Ferrari harus dilepas FCA? Alasannya adalah bahwa Sergio Marchionne, CEO FCA ingin menaikkan uang kas perusahaan dan melunasi hutang-hutang yang menumpuk, dan FCA akan mendistribusikan sisa 80 persen saham di Ferrari kembali ke rekening investor sendiri awal tahun depan.

Ferrari-488-GTB-pengganti-458-Italia

FCA kini dibebani dengan hutang setotal € 10,9 triliun.Pasca melepas Ferrari, FCA dapat penaikan sebesar € 3,8 triliun, dan mengurangi utang FCA sekitar € 1,6 triliun. Tetapi pada saat yang sama, produsen mobil terbesar ketujuh di dunia itu pasti kehilangan aset yang paling berharga. Piero Ferrari, putra Enzo Ferrari masih memegang sisa 10 persen kepemilikan dari Ferrari.

“Perpisahan ini memungkinkan Ferrari untuk menunjukkan potensi terbaiknya,” kata Sergio Marchionne saat pertemuan para pemegang saham di Amsterdam kemarin. “Ini juga akan memungkinkan investor untuk mendapatkan keuntungan Fiat langsung dari nilai substansial yang diwariskan dari Ferrari.” Pantas saja Marchionne bilang kalau Maserati bakal jadi anak emas FCA besok.

ferrari-laferrari

Ferrari telah mengumumkan sebelumnya pada hari Senin bahwa mereka meminjam total € 2,5 milyar untuk membiayai pemisahan mereka dari dompet FCA dan membantu mantan perusahaan induk mereka dalam pendanaan rencana pertumbuhan ambisius Sergio. Nah, mumpung Ferrari sudah lepas dari FCA, pasti grup otomotif besar semisal BMW Group, Toyota atau lainnya bisa memilikinya, tapi siapa yang mau ya?

Apa Ferrari harus jadi merek mandiri atau dimiliki grup otomotif besar lain? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • aiueo

    Paling dibeli india atau china lagi…..

  • jono sujono

    Dibeli sama astra aja… Nanti biar ada ferrari versi lcgc…lol