Intip Keunggulan Rangka Yamaha Ketimbang Rivalnya, Jaminan Aman!

by  in  Berita & Merek Motor & Regional
Intip Keunggulan Rangka Yamaha Ketimbang Rivalnya, Jaminan Aman!
0  komentar

AutonetMagz.com – Dulu, kalau kita ingin membeli sebuah motor, maka ada beberapa aspek yang harus kita pertimbangkan. Mulai dari desain, mesin, fitur, harga, hingga layanan aftersales-nya. Namun, dalam beberapa bulan terakhir, ada sebuah anomali yang terjadi. Dimana rangka kini jadi salah satu aspek penting yang langsung jadi pertimbangan utama dalam membeli sepeda motor. Lantas, seperti apa rangka milik Yamaha? Yuk kita ulas keunggulan rangka dari pabrik berlogo garpu tala ini.

Penggunaan Bahan yang Tepat di Rangka Yamaha

Jadi, beberapa waktu yang lalu, tim AutonetMagz diundang dalam MaxiDay Jatim 2023 oleh PT Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ). Dan dalam kesempatan tersebut, pihak Yamaha STSJ memajang sebuah Yamaha N-Max 155 tanpa body alias hanya tinggal rangkanya saja. Kami pun tertarik untuk mengamati rangka ini, dan memang ada sejumlah poin penting yang jadi aspek krusial yang ingin diperlihatkan oleh Yamaha. Keunggulan pertama dari rangka milik matik-matik Yamaha adalah penggunaan bahan pipa tubular besi yang dibentuk mengikuti kontur yang diinginkan. Dalam hal ini, penggunaan besi sebagai bahan dasar rangka memang menarik.

Mengapa rangka Yamaha tidak baja seperti rivalnya? Padahal Baja memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi dan diklaim lebih anti karat? Well, untuk kendaraan, faktor elastisitas nampaknya harus dipertimbangkan. Penggunaan besi memungkinkan Yamaha untuk mengontrol tingkat elastisitas dari rangka mereka. Dan kenyataan pun berkata hal yang sama, sangat jarang kejadian rangka Yamaha sampai patah. Kalaupun ada, kemungkinannya hanya bengkok dan itu pun jikalau ada crash yang cukup fatal. Sedangkan penggunaan baja yang lebih keras membuat elastisitas rangka jadi berkurang dan peluang patah lebih tinggi. Pun begitu, baja yang diklaim anti karat pun kenyataannya juga berkarat kalau tidak diproses secara proper.

Pengerjaan Professional, Ada Garansi!

Berikutnya, rangka Yamaha juga memiliki bentuk tubular yang memungkinkan air yang masuk dalam rangka akan mengalir ke titik terendah dari rangka. Air tersebut akhirnya akan keluar karena Yamaha memberikan lubang di titik terendah rangka tersebut. Rangka milik Yamaha juga dibuat menyambung di lokasi-lokasi yang titik stress-nya tidak tinggi. Sebagai contoh, rangka milik rival disambung di ujung dek depan yang biasanya memiliki titik tekan tertinggi. Sedangkan Yamaha membuat sambungan justru di area tengah dek, yang artinya titik tekan tertinggi tidak terdapat sambungan yang sifatnya tentu lebih fragile.

Dan terakhir, keunggulan rangka Yamaha juga dibuat makin komplit karena adanya garansi rangka hingga 5 tahun. Dan Yamaha jadi yang pertama yang mengumumkan hal ini, jikalau ada pun brand lain yang melakukan hal serupa, maka jelas siapa leader dan follower-nya kan? Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: