Inilah Sosok Siap Jual Dari Honda Civic Turbo Hatchback

Inilah Sosok Siap Jual Dari Honda Civic Turbo Hatchback
0  komentar

AutonetMagz.com – Selain sedan, Honda Civic juga sempat dikenal di sini dalam bentuk hatchback. Gampang kok menyebutkannya, Honda Civic Nouva, Honda Civic Wonder, dan yang pasti Honda Civic Estilo. Kita tidak akan bicara Honda Civic EK9, EP3, FN2 atau FK2 karena itu semua dagangan importir umum, sementara Honda Indonesia lebih memilih untuk menjual Civic versi sedan, entah apa alasannya. Namun sepertinya pernyataan tadi akan sedikit berubah di esok hari.

Honda Prospect Motor yang menjanjikan akan menjual Honda Civic Turbo dalam bentuk hatchback benar-benar ingin membawa nostalgia, karena jadi ingat saat Honda Civic Genio dijual bersamaan dengan Honda Civic Estilo. Saat ini di GIIAS 2016, mereka sedang memamerkan versi konsepnya, tapi Honda sendiri belum lama ini merilis gambar resmi dari Honda Civic Turbo hatchback. Bagusnya, tidak ada beda jauh dibanding versi konsep.

honda civic turbo hatchback rear

Penampilan Honda Civic hatchback dibedakan sekali dengan versi sedannya, di mana ia dapat bumper depan-belakang yang seolah punya air intake besar, padahal itu hanya hiasan saja. Untuk tipe Sport, Honda memberikan sport muffler yang terpasang di tengah, seperti Porsche Boxster dan Cayman. Honda Civic hatchback ini akan menjadi basis dari Honda Civic Type R anyar yang bermesin 2.000 cc 4 silinder VTEC Turbo.

Karena ini hatchback, rival utamanya sudah sangat jelas, yakni VW Golf, Ford Focus, Renault Megane dan jangan lupakan rival sesama merek Jepang, Mazda 3, Subaru Impreza  dan Toyota Auris. Jantung Honda Civic Turbo hatchback masih sama seperti yang sedan, 1.500 cc 4 silinder VTEC Turbo, namun tenaganya naik jadi 180 hp meski torsi tetap 220 Nm. tenaga 180 hp itu tidak kecil lho, meski memang masih sedikit di bawah Ford Focus Ecoboost.

honda civic turbo hatchback side

Namun jika serius ingin menghalau laju Focus dan Golf, kami tidak yakin transmisi CVT milik Honda sebagus kopling ganda milik Golf atau Focus, meski harus diingat kalau Auris dan Impreza juga pakai CVT. Untungnya, ada versi manual 6 percepatan, dan itu baru cocok dengan imej sporty yang ingin diangkat Honda. Untuk Honda Civic Turbo hatchback spek Indonesia, rencananya akan dijual secara CKD, dan pasti harga akan di bawah versi sedan, mengingat pajak hatchback lebih murah dan dirakit lokal. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: