Inilah Sketsa Pertama Hyundai Creta, Small SUV Global dari Hyundai

Inilah Sketsa Pertama Hyundai Creta, Small SUV Global dari Hyundai
0  komentar
sketsa-hyundai-creta

AutonetMagz.com – Setelah merilis All New Hyundai Tucson dan Santa Fe facelift, Hyundai kelihatan serius untuk menambah jumlah model SUV ataupun crossover-nya. Di negeri tirai bambu, Hyundai meluncurkan crossover ix25 yang sekarang sudah dijual. Untuk pasar global, Hyundai tak akan menggunakan ix25, namun mereka akan membuat small SUV bernama Creta (baca : krita, bukan kereta).

Menurut Hyundai, nama Creta mengambil inspirasi dari nama pulau terbesar di Yunani, Crete yang menurut penduduk setempat merupakan pulau yang menghubungkan Asia, Afrika dan Eropa. Nama Creta dipilih karena gampang diingat dan diucapkan.

Hyundai iX25 China

Hyundai juga sudah menyebarkan gambar sketsa perdana dari Hyundai Creta. Desainnya masih memiliki bentuk yang mirip dengan ix25, bahkan jadi mirip baby Tucson. Dimensi Creta tak akan jauh beda dengan ix25 : panjang 4.270 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.630 mm dan wheelbase 2.590 mm. Hyundai berharap Creta bisa meraih lebih banyak konsumen di pasar-pasar yang sedang mengalami perkembangan.

Soal mesin, tak ada spesifikasi resmi karena Hyundai menyerahkan pilihan mesin menurut hasil studi mereka untuk sejumlah negara. Untuk Eropa misalnya, Hyundai akan menggunakan mesin kecil berturbo, lalu untuk negara lain akan dapat mesin 2.000 cc yang belum terungkap detailnya. Prediksi kami, setidaknya pasti ada mesin 1.600 cc turbo dan 1.500 cc diesel.

Hyundai iX25 Side View

Nah, di Indonesia kan pasar small SUV atau crossover juga ramai, ada Honda HR-V, Nissan Juke, Ford EcoSport, Renault Duster, Rush-Terios, dan belum lagi nanti Mazda CX-3 digosipkan mau masuk. Kalau buat pasar Indonesia, kira-kira Creta cocoknya pakai mesin yang bagaimana? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: