Elio Motors Janjikan Sebuah Mobil 900 cc Beroda Tiga, Konsumsi BBM 35,7 Kilometer Per Liter

by  in Berita&International
Elio Motors Janjikan Sebuah Mobil 900 cc Beroda Tiga, Konsumsi BBM 35,7 Kilometer Per Liter
0  komentar
elio-motors-depan

AutonetMagz.com – Kalau kita-kita di Indonesia ditanya soal kendaraan beroda tiga, pasti ingatnya langsung ke bemo, bajaj, motor yang punya bak di belakangnya dan lain sebagainya. Akan tetapi, Elio Motors yang berniat membuat sebuah mobil 3 roda dengan harga terjangkau sepertinya tidak akan rela mobilnya dipanggil bemo, bajaj atau lainnya. Soalnya konfigurasinya memang agak beda, 2 roda di depan dan 1 di belakang, kebalikan dengan bemo atau bajaj yang kita kenal.

Elio Motors adalah merek startup buatan Paul Elio yang berambisi membuat kendaraan yang ringkas nan murah. Sekarang mereka sedang membangun sebuah prototype bernama P5 yang akan memakai mesin 900 cc 3 silinder buatan perusahaan IAV dari Jerman dan transmisi manual buatan Aisin. Mesin kecilnya diklaim bisa meraih konsumsi BBM seirit 35,7 km/liter.

CEO-Elio-Motors

Meski irit, Elio Motors berani menjamin performa P5. Akselerasi 0-100 km/jam mobil kecil ini bisa tuntas dalam 9,6 detik dan top speed mampu lebih dari 160 km/jam. Cukup oke untuk mesin 900 cc 3 silinder, tapi rasanya tak akan ada yang berani memacu P5 kencang-kencang, apalagi ia bukan mobil performance oriented dan rodanya hanya 3. Lain ceritanya kalau mobil 3 rodanya seperti Peugeot 20Cup 3 Wheelers, mungkin masih berani.

“Membangun P5 adalah langkah penting dalam usaha kita terhadap produksi dan merupakan puncak dari beberapa inisiatif strategis yang penting dan telah kita selesaikan atau luncurkan pada beberapa bulan terakhir,” kata founder dan CEO Paul Elio. “Penyelesaian prototipe mesin kami, kami menawarkan kepada investor terakreditasi dan pemasok kami baru-baru ini merupakan contoh yang sangat baik dari kemajuan kami setiap hari.”

elio-motors-belakang

Harga P5 diperkirakan tak akan lebih dari 6.800 dollar AS (90,67 juta rupiah), dan dengan harga segitu, kita sudah dapat AC, airbags, power window, power door lock, sistem audio dan 2 jok. Sembari mempersiapkan 25 varian lain, Elio Motors mempersiapkan agar mobilnya bisa diluncurkan pada pertengahan tahun 2016.

Kira-kira mobil seperti ini cocok tidak sih di Indonesia? Apa malah buat menggantikan armada bajaj atau dirakit lokal dan masuk kategori LCGC? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio

  • Cak Dri

    Out of the box mindset… boleh juga, tapi diperhatikan juga safety. Kalau perlu diuji setara dengan EURO NCAP ya…

  • Indra Arza

    Masuk indo ini bisa kena pajak dkk nih.
    Jadi sekitar 200-250jeti nih.