Inilah Hasil dari Shell Eco-Marathon 2023, Juara 1 Ada Yang Dari Indonesia!

by  in  Berita & Nasional
Inilah Hasil dari Shell Eco-Marathon 2023, Juara 1 Ada Yang Dari Indonesia!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebagaimana yang kita ketahui, Indonesia pada tahun ini menjadi tuan rumah dari Shell Eco-marathon Asia-Pacific & Middle East. Kompetisi tersebut diselenggarakan pada tanggal 4-9 Juli 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kabar baiknya, Tim pelajar dari Indonesia berhasil memenangkan nilai tertinggi di banyak sub-kategori Urban Concept.

Juara di Kategori Hidrogen

Adapun tim dari Indonesia yang berhasil memenangkannya ialah tim Semar Urban dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Mereka berhasil mencapai jarak tempuh terbaik di 276,4 kilometer per kubik meter (km/m3). Nantinya, Tim Semar Urban UGM akan bertanding dengan tiga tim terbaik dari setiap kategori Urban Concept selama Regional Championship untuk kesempatan lolos ke global World Championship tahun ini.

Bagaimana dengan juara kedua dan ketiga dari kategori hidrogen? juara kedua dan ketiga diisi oleh tim dari Singapura. Juara kedua dihuni oleh tim HYD12OGEN dari Nanyang University, Singapura dengan jarak tempuh 238,8 km/m3. Sementara untuk juara ketiga dihuni oleh tim TP ECO FLASH dari Poilteknik Temasek, Singapura dengan jarak tempuh hampir setengahnya dari juara kedua, yakni 129,9 km/m3.

Juara di Kategori Lainnya

Untuk kategori urban concept di Shell Eco Marathon 2023, masih terbagi lagi kedalam 3 sub-kategori yaitu hidrogen, Internal Combustion Engine, dan baterai elektrik. Untuk sub-kategori ICE dimenangkan oleh tim sapuangin dari ITS dengan perolehan 422,9 km/l. Sementara untuk juara kedua diduduki oleh tim Garuda Eco dari Universitas Negeri Yogyakarta dengan perolehan 388,1 km/l. Kemudian untuk juara ketiga berhasil dimenangkan oleh tim Antawirya dari Universitas Diponegoro dengan perolehan 286,3 km/l.

Lalu untuk kategori Baterai Elektrik, berhasil dimenangkan oleh Apatte62 Team I dari Universitas Brawijaya dengan capaian 182,6 km/kwh. Sementara di posisi juara kedua berhasil dimenangkan oleh tim Arjuna dari Universitas Indonesia dengan capaian 171,6 km/kwh. Lalu, untuk juara ketiga dihuni oleh tim Titen dari Universitas Jember dengan capaian 115 km/kwh.

Read Prev:
Read Next: