Inilah Daftar Mobil Terlaris 2015 di Eropa, SUV dan Crossover Tumbuh Pesat!

by  in Berita&International
Inilah Daftar Mobil Terlaris 2015 di Eropa, SUV dan Crossover Tumbuh Pesat!
0  komentar
nissan-qashqai

AutonetMagz.com – Eropa, benua yang setiap hari saya perhatikan karena banyak sekali merek mobil terkenal yang asalnya dari benua itu. Belum lagi, standar mobil Eropa sangat tinggi, misalnya soal keselamatan dan gas buang. Untuk itu, persaingan pasar di Eropa luar biasa ketat dan susah. Makanya, baik pabrikan asli Eropa maupun pendatang dari Asia dan Amerika turut beradu otak dalam merebut posisi penjualan tertinggi di sana.

Modalnya tentu dengan mobil-mobil bagus yang sesuai dengan standar Eropa, jauh dari sekedar chrome-chrome norak atau tukar-tukaran dashboard saja. Belum lama ini, JATO Dyamics sudah merapikan data penjualan mobil di Eropa tahun lalu, dan jangan kaget, ternyata di Eropa juga sedang tren SUV dan crossover, karena pertumbuhan rata-ratanya mencapai 24%. Wah, rupanya bukan hanya Asia dan Amerika ya yang sedang demam mobil sejenis itu.

perakitan-bmw-x5-diesel

Bahkan, penjualan MPV dan large station wagon di Eropa yang kini sedang sedikit menurun sebanyak -1% dan -2% diklaim karena konsumen lari ke mobil SUV atau crossover, meski ini baru dugaan belaka. Selain SUV dan crossover yang sedang tumbuh sebanyak 24%, di tempat kedua dan ketiga ada segmen mobil sport yang tumbuh 18% dan sedan/station wagon medium yang tumbuh 13 persen. Pertumbuhannya tentu saja dibandingkan dengan penjualan tahun 2014.

Menyusul di bawah ketiga mobil tadi, ada city car yang penjualannya naik 8% serta subcompact hatchback dan compact hatchback dengan pertumbuhan yang sama-sama naik 6%. Selain MPV dan large station wagon, penjualan sedan mewah besar pun sedikit turun, yakni sebanyak 6% dibandingkan tahun lalu. Jadi, kesimpulannya jelas, wahai para pembuat mobil, kalau mau banyak duit sekarang atau beberapa tahun ke depan, andalkan model crossover atau SUV.

renault captur orange

Di antara negara-negara Eropa, Portugal mengalami pertumbuhan paling signifikan untuk segmen SUV dan crossover hingga 50%, jauh di atas rata-rata pertumbuhan segmen SUV di Eropa tadi yang saya sebutkan, yakni 24%. Lalu, merek-merek yang paling mengalami kue manis di segmen tadi adalah Renault, Nissan, Volvo dan BMW, karena Renault Captur, Nissan Qashqai, Volvo XC60 dan BMW X5 menjadi raja di masing-masing segmen.

Penasaran siapa saja mobil terlaris itu? Ini dia daftar yang sudah disusun oleh Jato Dynamics :

daftar mobil terlaris eropa 2015 JATO

Itu tadi mobil-mobil terlaris Eropa plus kondisi pasarnya di sana. Di tahun 2016 ini, diperkirakan tren SUV dan crossover akan tetap kuat, setidaknya sampai 2-3 tahun ke depan. Bagaimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: