Inilah Daftar Mobil Terlaris 2015 di Eropa, SUV dan Crossover Tumbuh Pesat!

by  in Berita&International
Inilah Daftar Mobil Terlaris 2015 di Eropa, SUV dan Crossover Tumbuh Pesat!
0  komentar
nissan-qashqai

AutonetMagz.com – Eropa, benua yang setiap hari saya perhatikan karena banyak sekali merek mobil terkenal yang asalnya dari benua itu. Belum lagi, standar mobil Eropa sangat tinggi, misalnya soal keselamatan dan gas buang. Untuk itu, persaingan pasar di Eropa luar biasa ketat dan susah. Makanya, baik pabrikan asli Eropa maupun pendatang dari Asia dan Amerika turut beradu otak dalam merebut posisi penjualan tertinggi di sana.

Modalnya tentu dengan mobil-mobil bagus yang sesuai dengan standar Eropa, jauh dari sekedar chrome-chrome norak atau tukar-tukaran dashboard saja. Belum lama ini, JATO Dyamics sudah merapikan data penjualan mobil di Eropa tahun lalu, dan jangan kaget, ternyata di Eropa juga sedang tren SUV dan crossover, karena pertumbuhan rata-ratanya mencapai 24%. Wah, rupanya bukan hanya Asia dan Amerika ya yang sedang demam mobil sejenis itu.

perakitan-bmw-x5-diesel

Bahkan, penjualan MPV dan large station wagon di Eropa yang kini sedang sedikit menurun sebanyak -1% dan -2% diklaim karena konsumen lari ke mobil SUV atau crossover, meski ini baru dugaan belaka. Selain SUV dan crossover yang sedang tumbuh sebanyak 24%, di tempat kedua dan ketiga ada segmen mobil sport yang tumbuh 18% dan sedan/station wagon medium yang tumbuh 13 persen. Pertumbuhannya tentu saja dibandingkan dengan penjualan tahun 2014.

Menyusul di bawah ketiga mobil tadi, ada city car yang penjualannya naik 8% serta subcompact hatchback dan compact hatchback dengan pertumbuhan yang sama-sama naik 6%. Selain MPV dan large station wagon, penjualan sedan mewah besar pun sedikit turun, yakni sebanyak 6% dibandingkan tahun lalu. Jadi, kesimpulannya jelas, wahai para pembuat mobil, kalau mau banyak duit sekarang atau beberapa tahun ke depan, andalkan model crossover atau SUV.

renault captur orange

Di antara negara-negara Eropa, Portugal mengalami pertumbuhan paling signifikan untuk segmen SUV dan crossover hingga 50%, jauh di atas rata-rata pertumbuhan segmen SUV di Eropa tadi yang saya sebutkan, yakni 24%. Lalu, merek-merek yang paling mengalami kue manis di segmen tadi adalah Renault, Nissan, Volvo dan BMW, karena Renault Captur, Nissan Qashqai, Volvo XC60 dan BMW X5 menjadi raja di masing-masing segmen.

Penasaran siapa saja mobil terlaris itu? Ini dia daftar yang sudah disusun oleh Jato Dynamics :

daftar mobil terlaris eropa 2015 JATO

Itu tadi mobil-mobil terlaris Eropa plus kondisi pasarnya di sana. Di tahun 2016 ini, diperkirakan tren SUV dan crossover akan tetap kuat, setidaknya sampai 2-3 tahun ke depan. Bagaimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio

  • irzal A.S

    Knp nisson qasqai g dimasukin indo ya buat hrv??

    • Wilsen Frendy

      Beda kelas

      • bisa sebenarnya buat ngisi juke – x trail, lawan hrv 1.8 sama os

    • Adamgus

      Kan mau ada kicks

    • Aryo Wicaksono

      kalau gue sepakat nissan kumkuat, eh, qashqai masuk indonesia gantiin x-trail sekarang.

  • Shark Owner

    Wow Outlander masuk terlaris

    • Bobby

      Outlander loh bang bukan outlander sport… OS ga msk eropa kayanya european ncap aja ga ada hasil ujinya

  • mulyadi masmul

    toyota hello..

    • farid

      kalau toyota di eropa punya model terlaris seperti yaris(segmen B),auris(segmen C)dan aygo(city car) dan mobil toyota di eropa sudah pasti berstandar eropa,tapi konsumen eropa masih percaya pabrikan di benua itu atau kalau pilih merek luar disana maka pilihannya ford,disana ford sudah lama ada di eropa jadi konsumen eropa udah percaya sama brand ford.tapi pabrikan dari asia seperti dari jepang dan korea juga diakui kualitasnya disana

      • Aryo Wicaksono

        orang eropa tidak bisa membedakan antara toyota dengan peralatan rumah tangga seperti microwave dan kulkas, sih. :v

  • HaHaHa

    Toyota mana toyota? Honda mana honda?
    Itulah mobil pilihan konsumen eropa yang notabene cerdas dan memiliki standar yang tinggi
    Berbanding terbalik jika dibandingkan dengan indo, yang penting logonya tiga elips dan h tegak pasti laku

    • putra

      Selain itu rata2 orang sana ya pake produk dari mereka sendiri, itu kenapa mereka bisa maju. Ditambah daya beli masyarakat yang tinggi sebanding dengan pendapatan mereka disana.
      Bercanda dong kalo seorang buruh di Indonesia mau beli mercy S-Class (no offense), lari lah ke lcgc sesuai kemampuan financialnya.
      Orang indonesia juga cerdas kok, bisa memposisikan daya belinya dengan produk yg akan dibeli. Like me. Haha

    • Naufal Hilmy

      karena ini indonesia, bukan eropa ?

  • putra

    Orang eropa ya produk eropa lagi, orang asia ya produk asia lagi. Fair kok 🙂

    • farid

      Gak juga,orang eropa kalau beli mobil dari merek luar eropa juga laku,contohnya ford yg di eropa sudah lama berdiri disana sudah dipercaya konsumen eropa.lihat saja ford fiesta yg jadi market leader di segmen subcompact atau segmen B dan nissan qhasqai yg jadi SUV terlaris di eropa,jadi orang eropa kalau melihat mobil merek non eropa kualitasnya bagus maka pasti layak beli

  • Javaneshe

    Kia sportage emang ga heran masuk terlaris, warbiasyah

  • dsainbar

    VW masih laku keras..