Ini Bedanya Mazda2 SkyActiv Indonesia dan Versi Thailand

by  in Mazda&Mobil Baru&Serba 7
Ini Bedanya Mazda2 SkyActiv Indonesia dan Versi Thailand
0  komentar

All New Mazda 2 SkyActiv Thailand hatchback and sedanJakarta, AutonetMagz – Mazda2 SkyActiv yang baru saja diluncurkan di Indonesia merupakan model yang di impor dari Thailand, namun uniknya meskipun mobil ini di impor dari Thailand, varian Indonesia justru diluncurkan lebih awal dibandingkan dengan negara perakitannya di Thailand. Kita intip yuk apa saja perbedaannya dengan versi Indonesia!

1. Mesin Diesel

Mesin Mazda 2 SkyActiv baru 2015 Indonesia
Mazda akhir-akhir ini sedang menggemari mesin diesel yang memiliki torsi besar, maka tidak heran jika untuk varian Thailand mereka menggunakan mesin 1.500 SkyActiv-D Turbo bertenaga 105 PS dan memiliki torsi besar di angka 250 Nm. Mungkin Mazda sengaja agar mereka tidak kalah saing dengan mesin Ford EcoBoost, btw disana nggak ada varian mesin bensin loh!

2. Jok Kulit

2015-Mazda2-Interior

Masih ingat dengan Mazda2 SkyActiv yang dipajang saat IIMS 2014 silam, di varian tersebut Mazda2 SkyActiv mendapatkan jok kulit dengan kontur dan finishing material yang sangat luar biasa. Namun ternyata untuk varian Indonesia semua model Mazda2 SkyActiv tidak mendapatkan jok kulit seperti layaknya di Thailand.

3. Smart City Brake Support

Smart City Brake Support Mazda2
Jika di Indonesia varian tertinggi dari Mazda2 SkyActiv mendapatkan Autonomous Braking yang mereka sebut dengan Smart City Brake Support, sayangnya fitur ini di hilangkan di varian Thailand.

4. Rear Cross Traffic Alert

Rear Cross Traffic Alert Mazda 2 Skyactiv
Sebuah fitur baru yang sangat membantu ketika kita keluar dalam keadaan mundur ini rupanya juga tidak hadir di varian Thailand, padahal Mazda2 baru varian Indonesia sudah mendapatkan fitur ini di tipe GT.

5. Blind Spot Monitoring

Advanced Blind Spot Monitoring System Mazda2 Skyactiv
Meskipun di Indonesia mendapatkan teknologi Blind Spot Monitoring yang disebut Mazda sebagai Rear Vehicle Monitoring, ternyata di Thailand mereka menghilangkan paket teknologi i-Activesense. Nah, siapa bilang varian Indonesia selalu lebih buruk dibandingkan dengan varian Thailand? Kali ini Mazda mematahkan dogma tersebut.

6. Transmisi Manual

Mazda-CX-3-Manual-Transmission
Jika di Indonesia Mazda menyediakan Mazda2 SkyActiv dalam varian transmisi manual dan automatic, maka untuk varian Thailand mereka hanya menyediakan varian transmisi automatic 6 percepatan Activematic lengkap dengan paddle shift.

7. Sedan Body Type

2015 Mazda2 SkyActiv sedan
Indonesia bukan pasar yang bagus untuk memasarkan kendaraan dengan body style sedan, karena masalah pajak yang menganggap sedan masuk ke dalam kategori mobil mewah dan dibanderol pajak yang jauh lebih mahal, harga mobil sedan di Indonesia seringkali dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal, maka dari itu tidak heran jika Mazda2 SkyActiv yang masuk ke Indonesia hanya dalam varian hatchback.

Bagaimana pendapat anda dengan perbedaan fitur antara Mazda2 SkyActiv versi Indonesia dan Thailand ini?

Read Prev:
Read Next:
  • Tom

    ‘dilunurkan’ atau ‘dilulurkan’ πŸ˜†

    • Iswahyudi Hanafiah

      Dilumurkan πŸ˜€

  • lelongo

    Mazda2 di Thailand adalah untuk program Eco-car mereka. Makanya, varian hanya ditawarkan fitur yang perlu supaya bisa dapat harga bersaing. Di Indonesia, Mazda di-posisi sebagai merek ‘mass market premium’. Wajar varian tertinggi dapat fitur berlimpah.

    Intinya, ‘product positioning’ Mazda2 Thailand dan Indonesia berbeda. Contoh Honda Jazz Indonesia dengan Jazz Filipina, Thailand, Malaysia. Varian tertinggi Jazz mereka VSA, 6 airbag, touch screen 7”, tapi pada Jazz lokal 2 airbag, touchscreen 6.1”, yang lain dicopot, ditawarin dalam HRV varian 1.8

    • ironic

      klo di thai yg masuk kriteria eco bisa lebih murah harga mobilnya.. subsidi pemerintah atau pajak yg murah CMIIW

      dan CMIIW juga, spek indo mendekati full option CBU jepun
      minus cruise, leather seat dan mesin D aja
      bahkan di malay aja ga dapet DRL yg ciamik itu

    • ironic

      jazz lokal VSA, 6 airbags, screen 7″ ada di blacktop edition

    • Ridwan Hanif

      Yang masuk program Eco Car itu Yaris, Banderol Mazda2 varian tertinggi di Thailand lebih mahal dari Jazz tertinggi disana, sampe 790k Baht

      • alfian

        Pasti Mazda2 Sedan Kalau Body nya dimodifikasi lagi.pasti bakal ciamik banget tuh.

  • alfian

    We want Diesel !!!

    • alfian

      iya sih pengen juga yang diesel tapi Gimana Solarnya kan kotor banget,Tapi ngomong ngomong nama kita sama ya hahahahaha

  • naoki

    cakep fiturnya,nggak pelit kayak T & H….
    seandainya eksteriornya secakep fiturnya pasti ane beli #selera

  • wowkeren

    kalo mazda 2 indonesia ada dieselnya, gue beli deh. and yes, ngga kayak J*zz, fiturnya pun sangat premium untuk sebuah mobil dibawah 300 juta. kok bisa? ya bisa, karena pajak indonesia mengenai sedan dan mereknya juga. Toyota Vios TRD udah diatas 300 juta. Honda City (nah ini mereknya) udah sampe 330 juta. 330 juta cuma buat sedan yang minim fitur, cuma bikin 6 airbag?? plis deh. ini bukan big sedan loh. ada aja caranya ya.

  • erik

    Salut!!!
    semoga H & T bs berbenah mencontoh Mazda

    • bobbylabonte

      Sepertinya T & H memang sengaja memangkas fitur dan membandrol dgn harga overprice. Lalu kasih diskon besar.. Ini untuk mengakali DP supaya rendah.. Dan terjangkau utk masyarakat indo. Hehe

  • Satriadi SS

    Di sini agak aneh, bentuk sedan dianggap mobil mewah. Padahal di mana-mana versi sedan lebih murah dari hatchback yang bagasinya lebih luas, apalagi versi estate/station wagon. Karena sedan itu versi standarnya.

    Memang betul sih rata-rata mobil murah itu hatchback, dan rata-rata mobil mewah itu sedan. Tapi belum tentu semua sedan itu termasuk mobil mewah juga.

    • Rafi M.P

      Karena jaman dahulu di Indonesia sedan tergolong mewah dan nyaman, sedangkan kebanyakan hanya memiliki minibus yang tergolong merakyat dan biasa2 aja makanya pajaknya ditinggiin untuk sedan (station wagon juga, katanya sih biar gak hedonisme kali ya?). History changes everything! πŸ˜€

      Sekarang sedan itu “mewah dan nyaman” gak relevan lagi, karena hatchback pun bisa senyaman sedan. Bahkan ada sedan yang kenyamannya biasa2 aja

      • Ridwan Hanif

        betul, zaman dulu sedan biasa dipakai untuk sekelas manager atau big boss

  • big hero 6

    bener banget. daripada beli jazz/yaris yang brand image doang gede sama biasa banget, mending ini ato ngga fiesta ecoboost. tergantung pilihan sih. cuma sayang, pajak mobil sedan gila mahal bener. dan di sini dijadiin kesempatan buat jual mobil small sedan semahal mungkin untuk… nothing. Toyota Vios misalnya. harga 300 juta untuk TRD AT dengan AT jadul, material jelek, model taksi (buat Indonesia), audio yang ribet, dan mesin jadul. begitupun dengan Honda City dengan harga 330 juta, yang didapet paling cuma 6 airbag yang sebenernya ngga perlu buat small sedan. apalagi material juga jelek, rem belakang teromol, joknya engga kulit dan pokoknya awful banget. audio juga minim fitur. gaada Bluetooth, kamera mundur, GPS, sama sensor parkir.

  • Maharani

    At least disono udah ada ieloopnya :/

  • Harga Mazda2 berapa ya di indo?
    keren modelnya..