Info Mudik 2019 : Perhatikan 7 Hal Ini Supaya Mudik Kalian Aman & Nyaman

by  in Berita&Nasional&Tips
Info Mudik 2019 : Perhatikan 7 Hal Ini Supaya Mudik Kalian Aman & Nyaman
0  komentar

AutonetMagz.com – Masa mudik akhirnya telah tiba, dan kini sudah banyak pemudik yang bergerak dari kota – kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semadang, dan Surabaya serta kota besar lainnya untuk pulang ke kampung halaman mereka. Nah, perjalanan mudik sendiri bakal memiliki beberapa tantangan dan juga halangan, oleh karenanya, kalian bisa perhatikan 7 hal yang sudah dirangkum oleh Tim AutonetMagz supaya perjalanan mudik kalian aman dan nyaman.

1. Perhatikan Kendaraan

Pertama, tentu kalian harus memperhatikan kendaraan yang kalian gunakan untuk mudik, khususnya bagi pengguna mobil. Jika kalian baru akan berangkat pada hari ini dan belum sempat melakukan pengecekan mesin, maka setidaknya kalian perlu mengecek beberapa komponen vital seperti radiator, aki, hingga tekanan angin dari setiap ban mobil kalian. Selain itu, perhatikan juga beberapa pos siaga dan bengkel siaga yang disediakan oleh APM mobil yang kalian gunakan, sehingga kalian bisa meluncur ke lokasi tersebut jika ada kendala. Simpan juga nomor ERA alias emergency road assistance dari merk mobil kalian.

2. Perhatikan Pengemudi

Selain kendaraan, faktor vital yang perlu kalina perhatikan selama mudik 2019 adalah sisi pengemudi. Jika kalian mengendarai sendiri kendaraan kalian, maka pastikan kalian berada dalam kondisi paling fit. Bagi kalian yang berpuasa, jangan sampai lupa untuk Sahur, sedangkan bagi kalian yang tidak berpuasa, maka jaga asupan nutrisi tubuh kalian. Sempatkan untuk beristirahat setelah mengemudi selama 2 atau 3 jam, setidaknya untuk meregangkan otot tubuh atau sekedar tidur singkat. Jangan pernah memaksakan diri jika tubuh kalian sudah terasa lelah.

3. Perhatikan Barang Bawaan

Nah, berikutnya kalian juga perlu memperhatikan barang bawaan. Jangan sampai, barang bawaan kalian malah menjadi penghalan untuk kalian bisa mengemudikan kendaraan dengan maksimal. Bawa secukupnya barang bawaan, atau setidaknya sesuai dengan kapasitas dari kendaraan kalian. Beberapa hal yang harus dihindari adalah menumpuk barang di bagasi hingga membuat pandagan ke belakang terhalang, atau membawa bobot berlebih hingga membuat mesin harus bekerja dengan ekstra keras.

4. Perhatikan Waktu & Rute Perjalanan

Jangan lupa untuk selalu mengecek rute yang akan kalian lewati. Jaman now, kita sudah makin dimudahkan dengan perkembangan teknologi yang membuat kita bisa memantau jalanan mana yang lengang dan jalanan mana yang padat. Nah, kalian bisa selalu update pada beberapa akun media sosial yang melaporkan pantauan arus lalu lintas di jalanan utama yang digunakan untuk mudik, atau mungkin mengecek via peta digital. Oiya, di laman Instagram AutonetMagz juga akan memberikan update informasi yang dikirim para followers kami. Namun ingat, jangan bermain handphone selama berkendara. Lebih baik melipir dulu atau minta tolong teman seperjalanan untuk mengecek informasi.

5. Perhatikan Uang / Uang Elektronik

Dengan diterapkannya peraturan cashless di gerbang – gerbang tol, maka kalian perlu memperhatikan juga berapa saldo dari uang elektronik kalian. Bagi kalian yang tidak berencana masuk ke jalan tol, mungkin kalian bisa melewati bagian ini. Namun bagi kalian yang berencana untuk melalui jalur bebas hambatan, maka jelas kalian harus mempersiapkan dan menghitung perkiraan berapa biaya dari tol tersebut. Jangan sampai, nantinya saldo uang elektronik kalian tak mencukupi dan menjadi masalah baru yang mengurangi kenyamanan mudik tahun ini.

6. Perhatikan Tujuan & Tempat Istirahat

Bagi kalian yang akan berjalan ratusan kilometer, maka hal ini perlu kalian pertimbangkan. Yap, kalian perlu merencanakan dimana dan kapan kalian akan beristriahat untuk sekedar makan atau berbuka puasa / Sahur. Tentunya hal ini menjadi cukup penting karena volume dari pemudik yang tinggi membuat beberapa titik tempat istirahat / sholat / makan menjadi cukup penuh. Nah, kalian bisa merencanakan terlebih dahulu titik – titik mana yang bakal menjadi tujuan kalian, dan juga alternatif jika lokasi tersebut tak memungkinkan.

7. Perhatikan Titik Rawan

Nah, bagi kalian yang belum berangkat mudik saat ini, kalian perlu mempertimbangkan ulang beberapa titik rawan yang ada di rute perjalanan kalian. Mulai dari titik rawan kemacetan hingga titik rawan kecelakaan. Kalian bisa surfing dahulu di internet mengenai titik – titik rawan tersebut karena arus mudik sendiri sudah dimulai dari 2 hari lalu dan diprediksi mencapai maksimal malam hari ini. Selain itu, titik rawan lain yang harus kalian perhatikan adalah hati kalian, apalagi bagi kalian yang sudah jengah ditanya ‘Kapan Nikah?’, ‘Kapan Lulus?’ dan ‘Mana pasangannya?’. 🙂

Jadi, itulah beberapa tips singkat yang bisa kami bagikan kepada kalian. jangan lupa untuk tetap berdoa dan berhati – hati selama berkendara. Kami tim AutonetMagz mengucapkan Minal ‘Aidin wal-Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Dan Selamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri 2019, 1 Syawal 1440 H.

Read Prev:
Read Next: