Infiniti Gantikan Platform RWD dengan Platform AWD Baru di 2021

Infiniti Gantikan Platform RWD dengan Platform AWD Baru di 2021
0  komentar

AutonetMagz.com – Infiniti, sub merek Nissan yang bergerak pada segmen mobil premium telah menggunakan FM Platform pada beberapa produk andalannya, katakanlah Infiniti Q50, Infiniti Q35, Infiniti Q70, serta Infiniti QX50 dan QX70. Nah, nampaknya Infiniti akan menyudahi penggunaan FM Platform dalam beberapa tahun kedepan, dan sebagai gantinya, sistem gerak roda belakang (RWD) di Platform tersebut akan berubah menjadi AWD.

Menilik sejarah sebentar, FM Platform sendiri sebenarnya sudah berusia hampir 17 tahun, dimana produk pertama kali yang menggunakan platform ini adalah Nissan Skyline V35 Series di tahun 2001 silam. Setelah itu, platform ini juga digubah untuk bisa digunakan oleh beberapa produk lain seperti Nissan Fuga JDM, Nissan 370Z dan beberapa produk lain yang kami sebutkan di awal. FM sendiri merupakan singkatan dari Front Midship yang sebenarnya adalah nama sebuah lokasi penempatan mesin dimana pusat massanya berada di belakang front axle centerline, sehingga bisa menggeser berat pada bagian tengah dari mobil. Dan FYI, Platform PM (Premum Midship) yang digunakan oleh Nissan GT-R adalah hasil pengembangan dari platform FM.

Oke, kembali ke masa sekarang, Dikutip via Go Auto, Francois Bancon, VP Product Strategy Infiniti Motor Company mengatakan bahwa generasi berikutnya dari Infiniti Q50, Infiniti Q60 dan Infiniti Q70 nampaknya tak akan menggunakan sistem gerak roda belakang yang menggunakan basis FM Platform. Bancon menambahkan, saat Infiniti bergeser menggunakan sistem elektrik sebagai penggerak mobil, maka akan ada motor listrik yang ditempatkan baik di depan atau di belakang, ataupun keduanya. Maka, sudah jelas, menurut Bancon sistem gerak roda belakang tidaklah make sense lagi. Beliau menambahkan, sistem geraknya akan menggunakan sistem AWD, yang mana akan sedikit mirip Utra Technology Quattro milik Audi.

Nah, dari sana ada dua hal menarik yang bisa disoroti. Pertama, Infiniti akan serius pada elektrifikasi kendaraan – kendaraan mereka, sehingga mobil mereka pada tahun 2021 mendatang akan memiliki setidaknya satu buah motor listrik. Kedua, Jika mengacu gambaran pada sistem four by four Audi yaitu Magna Flex4 Quattro, maka poros roda belakang akan terpisah, persis seperti Audi A4 yang membuat mobil Infiniti di masa depan diperkirakan akan menggunakan sistem gerak roda depan dan juga motor listrik di sisi belakangnya. Nah, kabar ini sendiri akan langsung terhubung dengan proyek dari suksesor Nissan 370Z. Bancon menambahkan, suksesor 370Z yang entah akan disebut 390Z atau apapun namanya nanti dipastikan akan menggunakan platform baru juga.

Baca Juga : Suksesor Nissan Fairlady Z Dapat Lampu Hijau, Mesin V6 Turbo

Jadi, kedepannya, nampaknya sistem gerak AWD berkat perpaduan sistem gerak roda depan dan motor listrik di belakang akan menjadi tren di mobil – mobil lansiran Infiniti, dan bisa jadi diberikan pula di Nissan 390Z atau apapun nama suksesor 370Z nantinya. Kalau menurut kalian bagaimana? Yuk sampaikan komentar kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: