IIMS 2017 : New Yamaha V-ixion 2017 Punya Mesin Canggih, Bentuknya?

by  in Berita&IIMS 2017&Merek Motor
IIMS 2017 : New Yamaha V-ixion 2017 Punya Mesin Canggih, Bentuknya?
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz.com – Mungkin jika ada motor yang cukup dinantikan banyak warga Indonesia beberapa waktu lalu, motor itu mungkin adalah Yamaha V-Ixion versi terbaru. Bukan kenapa – kenapa, namun Yamaha V-Ixion sendiri seperti telah mempunyai tempat di hati masyarakat, hal ini terbukti dengan kesuksesan penjualannya selama beberapa tahun terakhir. Namun tak lama, Honda serius bermain di kelas yang sama dan menelurkan Honda CB150SF generasi kedua yang sempat mengajak Yamaha V-Ixion beradu di dalam statistik penjualan.
Tentunya kehadiran generasi terbaru dari Yamaha V-Ixion sangat dinanti, karena semenjak kehadiran Honda CB150SF, Yamaha belum mengeluarkan kembali generasi terbaru dari kuda besi andalannya. Awal tahun lalu publik dikejutkan dengan penampakan sang kuda besi sedang dites jalan, namun polemik terkait desainnya menjadi perbincangan yang cukup hangat diantara pecinta roda dua.

Dan kini PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi memperkenalkan generasi terbaru dari Yamaha V-ixion model tahun 2017. Dan tak cukup satu varian, kini New Yamaha V-ixion 2017 punya dua macam varian yang dibedakan dari teknologi mesin dan kelengkapannya. Kedua varian tersebut adalah New Yamaha V-ixion versi standar dan New Yamaha V-ixion R. Mari kita bahas perbedaan kedua varian ini.

Pertama, dari sisi mesin, seperti kami sampaikan di awal bahwa ada perbedaan mesin dari dua varian ini. Versi New Yamaha V-ixion standar menggunakan mesin 149,8cc serupa dengan generasi sebelumnya, yang mampu memproduksi tenaga 16.5 PS pada 8.500 rpm dan juga torsi 14,5 Nm pada 7.500 rpm. Sedangkan versi New Yamaha V-ixion R menggunakan mesin serupa dengan Yamaha R15 v3 yaitu, mesin 155 cc VVA yang bertenaga 19,3 PS pada 10.000 rpm dan juga torsi 14,7Nm pada 8.500 rpm. Jadi secara tenaga, versi R lebih bertenaga, namun torsi tak terlalu banyak meningkat.

Kedua, secara rangka, keduanya memiliki perbedaan. New Yamaha V-ixion versi R menggunakan lengan ayun model banana berbahan aluminium sedangkan versi New Yamaha V-ixion standar hanya menggunakan lengan ayun berbentuk kotak biasa. New Yamaha V-ixion versi standar maupun versi R mendapatkan assist & slipper clutch seperti Yamaha R15 v3. Berbeda dengan kick starter, versi New Yamaha V-ixion standar memilikinya, sedangkan New Yamaha V-ixion versi R tak memilikinya.

Gearbox kedua varian ini juga berbeda, versi standar hanya memiliki 5 percepatan sedangkan veri R memiliki 6 percepatan. Urusan bobot juga berbeda, versi R memiliki bobot lebih ringan 1 kg, yaitu 131 kg dibanding versi standar yang berbobot 132 kg. Untuk tangki bahan bakar pun New Yamaha V-ixion R hanya memiliki 11 liter, lebih kecil 1 liter dibanding versi standar yang memiliki kapasitas 12 liter.

Sedangkan urusan kaki – kaki, New Yamaha V-ixion R memiliki ban belakang dengan tapak 130, naik satu tingkat dibandingkan versi standar yang hanya 120. Velg sendiri berbeda, karena New Yamaha V-ixion R menggunakan velg milik Yamaha R15 v3, sedangkan New Yamaha V-ixion standar menggunakan velg warisan generasi lawas. Perbedaan lain juga terlihat dari bentuk knalpot, New Yamaha V-ixion R menggunakan model knalpot milik Yamaha R15 v3, sedangkan versi standar menggunakan knalpot model lama. Terakhir, New Yamaha V-ixion R memiliki emblem nama yang ditempel di body, sedangkan versi standar hanya berupa stripping, serta adanya motif jahitan di jok veri R yang absen di versi standar.

Secara keseluruhan, model New Yamaha V-ixion terlihat tak banyak berubah secara platform. Lampu utama baru yang kini berteknologi LED, begitu pula dengan lampu belakang yang juga menggunakan LED. Speedometer juga sudah menggunakan full digital, dan spatbor belakang sudah model gantung. Posisi anak kunci kini juga kembali ke sekitar stang yang mana sebelumnya berada di dekat tangki. Secara keseluruhan, penyegaran ini memang membawa nuansa baru bagi sang vixy, namun apa sudah cukup menggembirakan? Anda jawab sendiri.

Urusan harga, seperti kebiasaan Yamaha akhir – akhir ini, mereka tidak mengumumkannya langsung saat perkenalan produknya. Namun info lebih lanjut, versi New Yamaha V-ixion standar akan dijual di angka 26 juta rupiah. Dengan kelengkapan setara Yamaha R15 v3, New Yamaha V-ixion R tentu memiliki kenaikan harga, dan harapannya tentu tak menyentuh angka 30 juta, dimana Yamah R15 v3 sendiri mencapai harga 34 juta rupiah.

Jadi, motor legendaris ini akhirnya dirilis versi terbarunya, terlepas varian dan juga perdebatan terkait desainnya, kalau anda dimintai pendapat terkait motor ini, apa pendapat anda? Minceu sih no komen ya, hahaha.

Read Prev:
Read Next: