Hyundai Staria, Inilah Generasi Baru MPV Mewah Favorit di Indonesia!

by  in Berita&Hyundai&Mobil Baru
Hyundai Staria, Inilah Generasi Baru MPV Mewah Favorit di Indonesia!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kemampuan Hyundai dalam membuat mobil-mobil yang punya potensi di atas rata-rata kini sungguh terasa nyata. Setelah Hyundai Tucson dan Hyundai Ioniq 5 terbaru, merek asal Korea Selatan ini membuktikan kalau mobil keluarga juga bisa dibuat keren. Inilah Hyundai Staria, mobil baru yang kini resmi dijual oleh Hyundai Motor Indonesia. Langsung saja, MPV besar ini benar-benar punya desain yang menggebrak dan berani.

Hyundai Staria dijual dalam 2 varian, yakni versi 7 seater dan versi 9 seater. Mengenai harga, Hyundai Staria dipatok di angka 1020 888 juta Rupiah untuk versi 9 seater dan 1,020 miliar Rupiah untuk versi 7 seater. Mesin hanya ada 1 pilihan, yakni 2.200 cc 4 silinder turbo diesel bertenaga 177 PS dan torsi 430 Nm dan pakai transmisi otomatis 8 percepatan dan penggerak roda depan. Seperti apa detail dari Hyundai Staria ini?

Desain Futuristik dan Aksen Tembaga

Siapa pun desainer Hyundai yang mendesain dan meng-acc desain seperti ini, orang-orang di divisi tersebut pantas naik gaji. Tidak mudah membuat sebuah MPV tampil mencolok, tapi Hyundai Staria berhasil melakukannya. Lihat saja LED bar yang melintang gagah di depan, kesannya seperti Robocop atau Iron Man bukan? Karena lampu itu jadi LED DRL, semua fungsi lampu depan seperti lampu dekat, lampu jauh dan sein turun di bawah dan menyatu dengan gril depannya. Cakep!

Hyundai pun memberikan kaca yang sangat besar di semua sisi. Dari depan, samping dan belakang kacanya sangat lebar, pasti bisa memberikan kesan lega. Pelek 18 incinya pun tampil atraktif dengan paduan warna silver dan tembaga. Nah, tembaga merupakan warna tema untuk detail kecil di Hyundai Staria. Elemen bodi seperti gril depan, panel bumper, spion, pelek, gagang pintu, bahkan emblem “Hyundai” dan “2.2 D” pun pakai warna tembaga. Gokil!

Lampu belakang Hyundai Staria menjulang tinggi dan pakai LED pixel, mirip dengan mobil listrik Hyundai Ioniq 5. Lampu sein Hyundai Staria sudah sekuensial, dan pintu bagasi sudah elektrik, sama seperti kedua pintu geser di samping. Catatan kecil, bagian teratas lampu belakangnya hanya dummy dan tidak bisa menyala, lampu untuk plat nomor pun masih bohlam biasa. Akan tetapi, itu tidak mengurangi kesan kuat Hyundai Staria yang seolah datang dari planet lain. Mantap!

Interior Hyundai Staria Mengutamakan Kenyamanan

Interior Hyundai Staria punya penampilan yang cenderung aman jika dibandingkan dengan eksteriornya. Tidak futuristik, tapi punya kesan cozy dan dibuat dengan baik. Kursi baris pertama dan kedua punya pengaturan elektrik dan armrest, bahkan jok-jok tersebut bisa dibuat adem atau hangat hanya dengan sentuhan tombol. Bahkan jok baris tengah sudah bertipe Ottoman, alias bisa dibuat amat sangat rebah, bahkan ada sandaran betisnya. Nyaman!

Jendela baris kedua tidak bisa turun, hanya bisa dibuka dengan mekanisme geser manual. Bahkan jendela baris ketiga hanya bisa didorong ke luar sedikit macam Kijang Super. Untungnya, jendela baris tengah dan belakang sudah dilengkapi blind untuk memberi sedikit privasi bagi penumpang Hyundai Staria. Penumpang baris kedua dan ketiga juga berhak atas total 4 buah port USB untuk mengisi daya gadget, 4 buat cup holder dan kantong yang banyak dan lega.

Ada atap kaca di Hyundai Staria, namun hanya sunroof bagian depan yang kacanya bisa dibuka. Meskipun kaca di atap bagian belakang lebih besar, hanya cover kacanya saja yang bisa dibuka. Kendalinya pun ada di depan, jadi harus minta tolong sama supir untuk membuka atau menutup penutup kaca di baris kedua dan ketiga. Oh ya, selain punya pengaturan elektrik, jok tengah bisa maju-mundur atau geser kiri-kanan secara manual.

Fitur Hyundai Staria Cukup Memadai

Banderol Hyundai Staria memang menghebohkan, jadi sebaiknya kelengkapannya juga banyak. Beberapa fitur yang sudah bisa kita harapkan di Hyundai Staria adalah adanya wireless charging di depan, head unit yang sudah siap menjalankan Android Auto berikut Apple CarPlay, spidometer yang desainnya bisa berubah-ubah, AC dengan pengaturan suhu dual zone, sistem audio dari Bose dan lampu interior yang warnanya bisa diganti-ganti.

Seperti Hyundai Kona Electric dan Hyundai Santa Fe, Hyundai Staria juga punya beberapa fitur keselamatan dari Hyundai SmartSense. Sebut saja Lane Keep Assist, Lane Follow Assist, Blind Spot View Monitor, kamera 360 derajat, alarm untuk menghindari tabrakan depan-belakang dan masih banyak lagi. Apa opinimu mengenai Hyundai Staria? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:

Hillarius Satrio Seorang pehobi otomotif yang masih mengunyah bangku kuliah. Sangat menyukai mobil yang bisa lari kencang, khususnya mobil sport Jepang. Sekarang juga sedang menggeluti dunia desain mobil, diawali dengan dunia modifikasi digital atau bisa disebut "Digimods" dan berlanjut ke membuat mobil di aplikasi 3 Dimensi. | twitter: @hillsatrio