Hyundai Sedang Siapkan Versi Kencang dari Hyundai i20

by  in Berita&Hyundai&International
Hyundai Sedang Siapkan Versi Kencang dari Hyundai i20
0  komentar

AutonetMagz.com – Kelas small hatchback memang merupakan pasar yang lumayan ramai, dimana hampir setiap pabrikan memiliki jagoan masing – masing. Dan tak hanya itu, small hatchback adalah varian yang sangat mudah untuk diutak atik, baik ditambah body moulding yang akhirnya menjadi varian crossover, atau ditambah panjang menjadi LMPV maupun jika ditambah mesin yang bertenaga dan menjelma menjadi small hothatch atau supermini.

Nah, kita tentu sudah banyak mengenal small hatchback yang bertenaga mumpuni, sebut saja Volkswagen Polo GTI, Peugeot 208 GTi, Ford Fiesta ST, Suzuki Swift Sport, dan banyak lainnya. Namun kebanyakan pasar ini memang didominasi pabrikan Amerika, Eropa dan Jepang, bagaimana dengan Korea Selatan? tenang, sedang on the way. Ya, sebentar lagi akan ada sebuah mobil small hatchback yang akan memiliki tenaga mumpuni dan memilki identitas asal Korea Selatan. Namun bukan KIA yang akan berinovasi, melainkan adalah Hyundai dengan Hyundai i20 N.

Sebenarnya jika berbicara urusan mesin kencang, Hyundai sudah tak perlu banyak melakukan riset ini itu, karena pabrikan asal Negeri Ginseng ini memang sudah punya mesin Turbo yang kencang dan sudah dipasang ke banyak mobil produksinya. Ya, mesin 1.600 T-GDI adalah mesin yang jamak digunakan di produk – produk Hyundai, katakanlah Hyundai Tucson Turbo, Hyundai Creta, dan juga yang terbaru adalah Hyundai Kona alias Hyundai Kauai. Dan benar saja, Hyundai i20 N nantinya akan menggendong mesin ini, namun sabar dulu, karena mobil ini sendiri diperkirakan akan rilis 2018 mendatang.

Mesin 1.600 cc T-GDI yang akan dicangkokkan ke Hyundai i20 N  sendiri akan serupa dengan milik Hyundai Elantra SR yang mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 201 hp dengan torsi maksimal di angka 265 Nm. Mobil ini nantinya akan memanjakan para petrolhead, karena transmisi yang diusungnya adalah otomatis 7 percepatan DCT dan manual 6 percepatan, nice. Hyundai i20 N sendiri akan mengambil basis dari Hyundai i20 facelift yang juga dalam pengerjaan, dan bagi kalian yang belum tahu, mengapa ada tambahan nama “N” di belakang Hyundai i20 N? Itu karena Hyundai telah mendirikan divisi mobil peforma tinggi dengan nama Divisi N, kok kaya merk Jerman ya, ah sudahlah.

Hyundai i20 N sendiri sebenarnya sudah ada untuk pasar afrika selatan yang diperkenalkan dua tahun lalu, namun ya tenaga yang dihasilkan hanya di batas 113 hp, sehingga tentunya kurang greget bagi beberapa orang. Dan untuk varian tahun 2018 nanti, Hyundai akan memperkenalkan terlebih dahulu Hyundai i20 facelift di Auto Expo pada Februari 2018 dan di Geneva Motor Show 2018 di bulan Maretnya. Belum ada informasi lebih lanjut apakah Hyundai i20 N sendiri akan rilis berbarengan atau di event yang lain, namun layak untuk dinantikan. Bagaimana menurut kalian? Sampaikan pendapat kalian ya.

Read Prev:
Read Next: