Honda, Toyota, Nissan, Lexus dan Daihatsu Recall Jutaan Mobil Akibat Cacat Airbag Takata

by  in Berita&Daihatsu&Honda
Honda, Toyota, Nissan, Lexus dan Daihatsu Recall Jutaan Mobil Akibat Cacat Airbag Takata
0  komentar
Nissan-Versa

AutonetMagz.com – Lagi-lagi masalah airbag Takata, dan kali ini membuat banyak merek terkena imbas negatifnya. Tak tanggung-tanggung, hingga 5 merek sekaligus mau tak mau harus melakukan kampanye recall besar-besaran. Setelah Honda kena masalah akibat kasus kematian di Malaysia, kini Nissan, Toyota dan Daihatsu juga harus merasakan pengalaman pahit yang sama. Tercatat, ada lebih dari 35 juta kendaraan yang mengalami masalah ini.

Kemarin, gara-gara airbag yang bukannya menyelamatkan tapi malah menewaskan nyawa, Honda harus meninjau ulang mobilnya dan melakukan recall setelah ditemukannya masalah. Dari 35 juta kendaraan yang disebutkan tadi, 19,6 jutanya berasal dari merek Honda. Honda sekarang sudah me-recall 4,89 juta kendaraan secara global untuk diperbaiki, dan sebanyak 1,72 juta unit di antaranya adalah mobil khusus pasar Jepang.

New Honda Jazz Facelift 2013 Belakang

Mobil yang di-recall termasuk Honda Accord, Civic, CR-V, dan Jazz/Fit yang dibuat tahun 2002 hingga 2008. Sebanyak 1,67 juta kendaraan yang disebutkan mengalami cacat di airbag pengemudi, sementara 3,22 juta sisanya di indikasi memiliki cacat di airbag penumpang. Akibat cacat komponen buatan Takata ini, sejumlah kasus kematian akibat malfungsi airbag sudah banyak dilaporkan.

Beranjak ke Nissan. Nissan juga pusing karena harus me-recall 1,56 juta kendaraan dengan rincian 563 ribu mobil di Eropa, 326 ribu mobil di Amerika Utara, 274 ribu mobil di China dan 288 ribu mobil di Jepang. Tak diketahui model apa saja yang harus di-recall, tapi menurut Nissan mereka belum mendapat adanya laporan kecelakaan akibat airbag.

Toyota-Corolla-Altis-2010

Toyota juga harus me-recall sejumlah mobilnya, di antaranya Toyota RAV4 (2004-2005), Toyota Tundra (2003-2006), Toyota Sequoia (2004-2007), Toyota Corolla (2005-2007), Lexus SC (2005-2007) dan masih banyak lagi. Bahkan Vios, Yaris, Corolla Altis dan Camry di Malaysia saja tak luput dari recall. Daihatsu juga terpaksa me-recall sebanyak kurang lebih 300 ribu unit mobilnya akibat masalah airbag Takata.

Daihatsu Move Custom Alphard

Sungguh, kami cukup tercengang soal fenomena kesalahan produksi yang membuat beberapa merek yang mempercayai Takata sebagai vendor komponen keselamatannya jadi korban. Kami sama sekali tak menyalahkan Honda, Nissan, Toyota, Lexus atau Daihatsu, tapi rasanya Takata akan mengalami sedikit kesulitan untuk bisa dipercaya lagi dalam memasok komponen keselamatan bagi beberapa merek.

Bagaimana menurut anda? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: