Honda Prologue SUV : EV Hasil Kerjasama Dengan GM, Rilis 2024

by  in  Berita & Honda & International
Honda Prologue SUV : EV Hasil Kerjasama Dengan GM, Rilis 2024
0  komentar

Autonetmagz.com – Honda memprediksi penjualan tahunan kendaraan listrik, baik itu dengan baterai maupun full cell akan mencapai 40 persen di Amerika Utara pada tahun 2030. Dan persentase itu akan meningkat dua kali lipat pada tahun 2035, sebelum sepenuhnya beralih ke zero emision pada akhir dekade tersebut. Untuk sampai ke sana, Honda telah bekerja sama dengan General Motors untuk memanfaatkan platform dan baterai Ultium milik GM, serta meluncurkan serangkaian kendaraan yang akan menggunakan listrik sebagai energi penggeraknya. Dan semuanya akan dimulai dengan Honda Prologue.

Nantinya akan berbentuk SUV

Mobil listrik yang pertama dari kolaborasi ini akan berbentuk SUV dengan nama Honda Prologue, yang dikabarkan akan dirilis pada awal tahun 2024. Foto dan video teaser yang dirilis saat ini adalah seputar nama mobilnya saja, tanpa benar-benar menunjukkan desainnya sama sekali. Divisi mobil mevvah Honda, Acura, juga akan meluncurkan SUV listriknya sendiri menggunakan platform milik GM pada akhir tahun 2024 mendatang. Berita itu muncul hanya beberapa hari setelah Honda mengumumkan rencana untuk menghentikan Honda Clarity Fuel Cell dan Honda Clarity Plug-in Hybrid dengan mengakhiri produksi pada Agustus mendatang. Di luar kemitraannya dengan General Motors, Honda sendiri sedang mengembangkan platform EV khusus yang direncanakan akan dirilis pada paruh kedua dekade ini. Ini dikenal sebagai Honda e:Architecture dan akan diresmikan di pasar Amerika Utara sebelum diperkenalkan di wilayah lain.

Sementara itu, konsep SUV listrik yang di-teaser-kan di sini bertujuan untuk memberikan prinsip “fungsi dan desain yang sangat baik yang mereka harapkan dari Honda,” menurut Dave Gardner, wakil presiden eksekutif Honda Amerika. Beliau melanjutkan dengan tambahan “ini menandakan peran yang akan dimainkannya dalam mengarah ke masa depan zero emission kita.” Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh Automotive News pada awal tahun, diperkirakan SUV listrik Honda ini nantinya akan lebih kecil dari jajaran produk Acura, tetapi tidak ada gambaran yang resmi pada saat ini. Rumornya versi Honda nantinya akan dirakit oleh General Motors di Pabrik Ramos Arizpe, Meksiko. Sedangkan versi Acura sendiri dikabarkan akan dirakit di plant yang terletak Spring Hill, Tennessee. Dengan kehadiran Honda Prologue, maka Honda akan menambah panjang jajaran produk mereka setelah sebelumnya juga memperkenalkan Honda e EV.

Terlambat?

Kalau mau dihitung secara waktu, sebenarnya kedatangan Honda Prologue masih tergolong lama. Mobil ini masih akan diluncurkan beberapa tahun lagi. Apakah ini artinya Honda terlambat? Tergantung pada perspektif mana yang kita gunakan. Saat ini, Honda memang sudah memiliki sosok Honda e yang dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan akan EV. Namun, harus kita akui bahwa Honda e hanya dipasarkan di beberapa negara saja. Sedangkan ide SUV listrik bernama Honda Prologue nampaknya lebih terasa general, dan bisa diadaptasikan ke banyak pasar secara global. Kalau Honda e? Kami agak ragu mobil ini akan memenangkan hati banyak konsumen, karena bentuknya yang nampaknya hanya akan menarik minat orang – orang tertentu saja. Pekerjaan rumah Honda adalah menawarkan sebuah EV dengan desain yang general, dan mengikuti tren. Dan SUV atau crossover adalah pilihan yang tepat.

Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: