Honda Performance Development Kini Sudah Bergabung Dengan Honda Racing Corporation

by  in  Berita & Honda & Honda
Honda Performance Development Kini Sudah Bergabung Dengan Honda Racing Corporation
0  komentar

AutonetMagz.com – Baru-baru ini, Honda mengumumkan bahwa divisi balap mereka di Amerika Serikat, Honda Performance Development (HPD) kini telah resmi bergabung dengan Honda Racing Corporation (HRC) mulai tahun 2024. Dengan demikian, Honda Performance Development (HPD) juga akan berganti nama menjadi Honda Racing Corporation USA (HRC US). Namun, HRC di Amerika Serikat akan tetap melanjutkan pusat pengembangannya di Santa Clarita, California.

Sedikit Sejarah Mengenai HPD dan HRC

Sebagai informasi, HPD didirikan oleh American Honda Motor Co., Ltd pada 1993. Disini, HPD bertugas mengembangkan mesin balap Honda untuk digunakan di ajang balap IndyCar Series. Selain itu, HPD juga mengembangkan mesin balap Honda untuk ajang balap lainnya di Amerika Serikat seperti IMSA, Baja Off-Road, Touring Car, serta Formula Regional America. Pada tahun 2018, HPD memperkenalkan prototipe mobil balap Acura untuk digunakan berkompetisi di ajang balap IMSA.

Sementara HRC mulai beroperasi sejak tahun 1982, awalnya mereka hanya menggarap motor balap Honda. Dalam empat puluh tahun perjalannya, HRC menjadi pusat pengembangan dalam berbagai kegiatan balap secara worldwide yang diikuti Honda seperti MotoGP, Superbike, Motocross, World Trial, dan Paris Dakar rally untuk roda. Tidak hanya roda dua, roda empat juga ikut di-support seperti Super Formula, Super GT, Touringcar hingga Formula 1 pada 2022.

Lanjutkan Komitmen HRC

HRC untuk divisi roda dua berpusat di Asaka Center, Jepang, sementara divisi roda empatnya berada di Sakura Center, Jepang. HRC juga berkomitmen untuk melanjutkan partisipasinya sebagai penyedia mesin balap F1 bersama tim Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri hingga akhir 2025. Pada tahun 2023 ini, Honda Bersama HRC juga mengumumkan akan memulai Kerjasama sebagai penyedia mesin balap Bersama tim Aston Martin mulai tahun 2026.

Koji Watanabe, President HRC mengatakan “Tujuan kami adalah untuk meningkatkan eksistensi HRC dan juga tentunya kami ingin mempertahankan kesuksesan aktivitas balap kami. Selain itu kami percaya bahwa menyatukan motorsport Honda secara global sebagai satu organisasi balap akan membantu kami mencapai hal tersebut. Para teknisi balap kami di Amerika Serikat dan Jepang akan menjadi lebih kuat jika bersatu dan saya sangat senang menyambut HPD ke dalam tim HRC.”

Read Prev:
Read Next: