Honda PCX EV Masuk Jalur Produksi Akhir Tahun Ini

by  in Berita&Honda&Merek Motor
Honda PCX EV Masuk Jalur Produksi Akhir Tahun Ini
0  komentar

AutonetMagz.com – Cepatnya perkembangan teknologi, khususnya elektrivikasi dalam hal otomotif memang membuat banyak pabrikan bergerak cepat supaya tak terkesan ketinggalan jaman, dan hal ini pun dilakukan oleh divisi roda dua Honda. Yap, kita tahu bahwa pihak Honda sempat memperkenalkan Honda PCX Hybrid dan PCX EV di Tokyo Motor Show 2017 silam, dan jikalau versi Hybrid sudah mengaspal terlebih dahulu, maka varian EV pun tak mau ketinggalan, dan kabarnya akan segera masuk ke jalur produksi menyusul versi Hybridnya.

Yap, Honda PCX EV akan segera melengkapi jajaran Honda PCX series yang sebelumnya sudah diperkenalkan di Indonesia. Dan yang menarik, Honda PCX EV pun akan ikut diproduksi lokal oleh pihak Astra Honda Motor (AHM). Mengutip dari laman otomotif Kompas, Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor menyebutkan bahwa sudah ada rencana dari pihaknya untuk memproduksi motor listrik. Dan motor listrik ini sendiri merujuk pada Honda PCX EV. Thomas menambahkan bahwa versi produksi dari Honda PCX EV sendiri akan mulai dirakit lokal di Indonesia pada penghujung tahun 2018 ini. Apa Artinya? Artinya pihak AHM diperkirakan akan meluncurkan sang skutik listrik pada akhir tahun ataupun awal tahun 2019 mendatang. Dan dengan ikut sertanya pihak AHM di segmen motor listrik, maka akan membuka sebuah fakta baru.

Fakta apa? Yaitu mulai seriusnya pabrikan Jepang menggarap motor ramah lingkungan tersebut. Sejauh ini, motor listrik yang cukup dikenal adalah Viar Q1 dan juga jajaran motor dari Zero yang harganya bisa membuat calon pembelinya terkejut. Selain itu, dari produsen lokal juga ada Gesits yang merupakan proyek kerjasama Garansindo dengan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Nah, masuknya Honda di segmen ini pun akan membuat beberapa pabrikan Jepang lain juga sudi untuk terjun di segmen motor listrik, contohnya Yamaha yang sudah sempat memperkenalkan Yamaha e-Vino yang diberinama Yamaha EV dan digunakan di lingkup pabrik perakitan mereka. Tak menutup kemungkinan Yamaha EV juga akan segera dijual jikalau Honda PCX EV diperkenalkan dan membuka segmen pasar baru.

Thomas juga menambahkan bahwa persiapan produksi dari Honda PCX EV sendiri kini sudah sampai di tahap line perakitan, walaupun pihaknya masih belum membocorkan di pabrik mana motor ini akan dirakit. Sebagai informasi saja, untuk Honda PCX Hybrid sendiri diproduksi di pabrik AHM di kawasan Sunter, Jakarta Utara. Untuk urusan kandungan lokal, Honda PCX EV sendiri dipastikan akan menggunakan kandungan lokal yang lebih sedikit dibandingkan versi standar yang mencapai 98% dan versi Hybrid yang mencapai 95%, walaupun belum jelas berapa persentasenya. Sedangkan dari sumber yang sama, David Budiono, Production Engineering & procurement Director PT AHM menyebutkan bahwa line produksi malah sudah siap, namun sang motor sendiri kini asih dalam tahap studi mengenai teknologi listriknya.

Nah, dengan kabar ini, maka bisa dikatakan bahwa industri otomotif Indonesia, khususnya roda dua akan segera memasuki era elektrivikasi. Mengapa begitu? Karena seperti yang kita tahu, pergerakan otomotif roda dua di Indonesia sangat cepat, dan dengan masuknya pemain besar seperti AHM di segmen ini, plus ditambah produk lokal macam Gesits, maka tak menutup kemungkinan dalam dua atau tiga tahun kedepan motor listrik menjadi sebuah varian yang lumrah. Namun semuanya juga masih bergantung pada Pemerintah, termasuk mengenai sarana pengisian dan regulasi yang diterapkan. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: