Honda Patenkan Transmisi 11 Percepatan Tiga Kopling, Wuih!

by  in Honda
Honda Patenkan Transmisi 11 Percepatan Tiga Kopling, Wuih!
0  komentar

AutonetMagz – Jika Honda indentik dengan transmisi CVT-nya, maka Honda sedang berusaha mengalihkan image dengan memberikan dan mengembangkan transmisi baru yang lebih fun-to-drive dan efisien. Contohnya, di beberapa line up terbaru Honda, mereka sudah mulai menggunakan transmisi dual clutch meskipun varian CVTnya masih tersedia.

Selama ini kita kenal transmisi automatic pada kendaraan paling tinggi mungkin hingga 8 atau 9 percepatan seperti pada Chrysler 200, Pacifica, Jeep Cherokee, Renegade, Range Rover Evoque, Discovery Sport, Honda Pilot dan Acura MDX. Dan beberapa pabrikan juga mulai memperkenalkan transmisi 10 percepatan yang nantinya akan digunakan pada Ford Mustang facelift 2018 dan Chevrolet Camar ZL1 2018.

Honda Jazz transmission

Tapi ternyata 10 percepatan dan kopling ganda bukanlah yang paling tinggi, menurut Auto Guide, Honda pada 27 May 2016 lalu melakukan pendaftaran paten transmisi baru mereka ke Japan Patent Office untuk mendaftarkan paten terhadap transmisi automatic 11 percepatan dengan tiga buah kopling. Wuih!

Menurut lembaga paten tersebut, transmisi yang memiliki 3 buah kopling tersebut akan memanfaatkan kopling ketiga untuk mengurangi penurunan torsi yang umumnya ditemukan pada transmisi dual clutch (atau disebut dengan torque removal). Dengan kopling ketiga ini, tenaga mesin akan lebih terjaga dan performa juga akan lebih baik tentunya.

Baca juga : Ini Detail Honda Freed 2017, Lebih Baik Dari Sienta?

Entah mobil Honda apa yang akan mengadopsi teknologi transmisi ini, karena jika baru mendaftar paten, umumnya pabrikan masih butuh beberapa tahun lagi untuk mengimplementasikan teknologi tersebut ke mobil versi produksi. Contohnya Ford, mereka sebenarnya adalah produsen pertama yang mendaftarkan paten terhadap transmisi 11 percepatan pada tahun 2013 silam, tapi sampai sekarang tidak kita dengar tindak lanjutnya tuh.

Read Prev:
Read Next: