Grandmax Versi Toyota Bersolek, Mesin Baru & Fitur Canggih!

Grandmax Versi Toyota Bersolek, Mesin Baru & Fitur Canggih!
0  komentar

AutonetMagz.com – Pasca diperkenalkannya Suzuki Carry versi terbaru tahun lalu, praktis hanya kendaraan niaga milik Suzuki itulah yang memiliki generasi terbaru. Sedangkan seteru abadinya yaitu Daihatsu Grandmax masih belum mendapatkan penyegaran apapun. Namun, ternyata diam – diam pihak Astra Daihatsu memberikan penyegaran pada produk tersebut, namun bukan untuk pasar Indonesia.

Yap, penyegaran diberikan untuk Daihatsu Grandmax versi Toyota yaitu Toyota Town Ace, yang notabene untuk pasar ekspor. Toyota Town Ace versi 2020 kini mendapatkan beberapa ubahan sederhana di sisi eksterior, namun ada untuk spesifikasi malah berubah cukup signifikan. Oke, kita mulai dulu dari yang terlihat. Toyota Town Ace 2020 menggunakan bumper dengan ubahan desain minimalis, dimana terlihat ada tarikan garis diagonal di sisi kiri dan kanan radiator grille-nya. Selain itu, di sisi depan Toyota Town Ace 2020 juga sudah menggunakan lampu LED model reflektor, anti halogen – halogen club.

Masih di sisi depan grille-nya sekilas sama, tapi sekarang lebih lebar, sedangkan spion tanduk hitam di dekat pilar A juga masih ada. Pindah ke sisi samping, ubahan yang terlihat adalah penggunaan spion baru dengan lampu sein. Oiya, bentuk spionnya juga familiar, mirip dengan milik Toyota Rush old gen, atau mungkin malah komponen yang sama. Sedangkan di sisi belakang, Toyota Town Ace 2020 menggunakan lampu belakang dengan bentuk cluster baru yang lebih fresh walaupun posisinya masih sama di ujung body. Di Interior, Toyota Town Ace 2020 menggunakan panel instrumen baru dengan MID digital yang tak labih berwarna orange namun berwarna gelap.

Nah, ubahan paling penting ada di spesifikasinya. Toyota Town Ace 2020 menggunakan mesin 2NR-VE. Yap, itu adalah mesin milik duet Avanza/Xenia dan Rush/Terios. Mesin ini menggantikan peran dari mesin 3SZ-VE di tipe lawasnya. Tenaganya mencapai 97 PS pada 6.000 rpm dan torsinya 134 Nm pada 4.400 rpm, jelas setting yang berbeda dengan 4 mobil yang menggunakan mesin serupa. Transmisinya ada 2 opsi, yaitu 5 percepatan manual dan 4 perepatan otomatis. Sedang sistem geraknya ada opsi RWD dan 4WD. Hal lain yang menarik ada pada fitur keselamatannya. Toyota Town Ace 2020 dibekali 2 buah airbags, ABS, EBD, VSC, dan TRC. Tak sampai sana, ada fitur tambahan yang bahkan bisa membuat LMPV & LSUV disini malu.

Toyota Town Ace 2020 diperlengkapi sejumlah fitur keselamtan aktif yang biasanya tergabung dalam paket Toyota Safety Sense. Toyota Town Ace 2020 mendapatkan automatic high beam, Lane departure warning, pre-collision warning dengan auto emergency brake yang bisa mendeteksi pejalan kaki dan pesepeda, serta Accidental start suppression function with brake control baik saat maju maupun mundur. Semuanya tergabung dalam paket smart assist. Untuk harga, mobil ini dijual dalam 2 tipe utama yaitu van dan pikap. Harga termurah pikapnya ada di angka 1,67 juta Yen (223 jutaan Rupiah) hingga 2,12 juta Yen (283 jutaan Rupiah). Untuk Van, mulai 1.81 juta Yen (242 jutaan Rupiah) hingga 2,34 juta Yen (312 jutaan Rupiah).

Jadi, bagaimana tanggapan kalian terhadap Grandmax facelift versi Toyota ini? Untuk versi Daihatsu, nampaknya smart assist bisa kita lupakan, namun mesin 2NR-VE bisa jadi diterapkan juga untuk pasar Indonesia.

Read Prev:
Read Next: