GIIAS 2024 : Panduan Pilih Mazda CX-60, Pro Atau KURO?

GIIAS 2024 : Panduan Pilih Mazda CX-60, Pro Atau KURO?
0  komentar

AutonetMagz.com – Tentunya kalian tahu bahwa Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku APM Mazda di Indonesia telah menelurkan tipe baru dari Mazda CX-60 di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Yap, Mazda CX-60 Pro hadir sebagai opsi yang lebih terjangkau dari keluarga flagship SUV pabrikan asal Jepang tersebut. Lantas, dengan hadirnya tipe baru ini, apakah kalian harus membeli varian yang lebih terjangkau? Atau malah membeli varian flagship dengan mesin 3.300cc? Yuk kami bantu untuk jabarkan.

Mesin Beda, Transmisi & AWD Sama

Jadi, Mazda CX-60 kini hadir dalam 3 varian yaitu Pro, Elite dan KURO. FYI, varian Elite dan KURO memiliki harga dan kelengkapan yang sama persis. Namun, keduanya punya perbedaan dalam hal styling, dimana varian Elite lebih ke arah premium luxury yang mewah dan dewasa. Sedangkan varian KURO lebih ke arah premium sporty yang lebih catchy. Sedangkan varian baru yaitu Mazda CX-60 Pro justru tampil lebih humble namun masih membawa aura elegan dan premium yang dipadukan dengan kesan gagah yang khas CX-60. Thanks to konsep Noble Toughness yang membuat bonnet depan dari Mazda CX-60 series ini jadi panjang sehingga membuat kesan tangguh dan berwibawa.

Nah, kalau kalian sudah paham dengan perbedaan tampilannya, maka berikutnya kita harus pahami perbedaan di sisi teknisnya. Mazda CX-60 tipe KURO dan Elite menggunakan mesin 3.300cc Turbo 6 silinder segaris Skyactiv-G dengan M Hybrid Boost 48V. Secara tenaga, jelas Mazda CX-60 kedua tipe ini terbilang buas, bahkan torsinya setara dengan mesin diesel, namun dengan tenaga ala sport car. Sedangkan Mazda CX-60 Pro menggunakan mesin 2.500cc yang sama dengan beberapa model Mazda lain yang dijual di Indonesia. Artinya, secara tenaga dan torsi jelas tidak sebuas versi di atasnya. Namun, ada orang-orang tertentu yang sudah merasa cukup dengan kubikasi tersebut.

Fitur Penting di Mazda CX-60 Masih Seragam

Uniknya, walaupun menggunakan mesin yang berbeda, namun seluruh tipe dari Mazda CX-60 masih menggunakan transmisi dan sistem gerak yang sama. Transmisi yang digunakan adalah otomatis 8 percepatan tanpa torque converter. Pun begitu dengan sistem geraknya, Mazda CX-60 tipe Pro hingga Elite dan KURO sama-sama menggunakan sistem gerak AWD. Alhasil, rasa berkendara yang unik di Mazda CX-60 dengan konsep The Perfect Jinba Ittai pun tetap terjaga di seluruh tipe mobil ini. Begitu pula dengan kelengkapan sistem ADAS i-Activsense yang sama plek di seluruh tipenya. Ini mengingatkan kami pada mobil-mobil di Jepang yang walaupun beda tipe, namun fitur utamanya masih sama.

Secara umum, perbedaan antara Mazda CX-60 tipe Pro dan tipe di atasnya dalam hal fitur dan styling memang berkutat pada aspek yang tidak terlalu krusial. Contohnya, absennya nappa leather hingga aksen kayu yang dirasa bukan merupakan perubahan yang krusial. Di sisi lain, fitur seperti tilt & telescopic steering yang sudah motorized masih diberikan di tipe paling terjangkau ini. Apresiasi kami berikan pada Mazda Indonesia dalam hal ini. Nah, kalau kalian penasaran perbedaan secara langsung dari mobil ini, kalian bisa berkunjung ke booth Mazda di GIIAS 2024. Bagaimana menurut kalian?

Gallery Mazda CX-60 Pro di GIIAS 2024

Gallery Mazda CX-60 KURO Edition di GIIAS 2024

Read Prev:
Read Next: