GIIAS 2017 : Suzuki Jimny Resmi Diluncurkan, Unit Sudah Habis

GIIAS 2017 : Suzuki Jimny Resmi Diluncurkan, Unit Sudah Habis
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz.com – Jika kalian adalah generasi tahun 80 hingga 90-an, atau setidaknya kalian mulai mengerti mobil di awal 2000-an, maka kalian pasti tak asing dengan nama Suzuki Jimny. Ya, mobil ini adalah satu diantara sekian mobil kecil yang dibawa oleh Suzuki ke pasar Indonesia, namun yang membuatnya cukup berbeda adalah segmentasinya berkat wujudnya yang memang merupakan mobil SUV berdimensi kecil.

Ya, memang jika dikatakan sebagai mobil offroad, Suzuki Jimny masih kurang cocok karena tak semua unit yang masuk ke Indonesia berpenggerak empat roda, lihatlah Suzuki Katana, hmmm, bukan menyinggung nama penulis ya. Namun ada pula varian yang memang murni berpenggerak roda empat dengan kegunaan untuk menggaruk tanah, seperti Suzuki Jimny Caribian SJ413 yang eksis di tahun 2000-an. Nah, sekarang PT Suzuki Indomobil Sales nampaknya ingin membuat sebuah nostalgia dengan membawa Suzuki Jimny kembali ke tanah air, dan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 inilah unitnya resmi dijual.

Ya, sudah sejak 2005 mobil ini absen di pasar otomotif nasional, dan di 2017 ini, setelah 12 tahun akhirnya Suzuki Jimny kembali djiual, namun sayang sekali kabar baik ini harus di tutup dengan kabar yang tak menyenangkan. Seluruh unit dari Suzuki Jimny yang diimpor oleh PT SIS sudah habis terjual. Ha? Lalu kapan memangnya mulai dijual? Kami sendiri tak memiliki informasi validnya, namun dari kasak kusuk yang masuk ke redaksi kami, 88 unit Suzuki Jimny disebar ke seluruh provinsi di Indonesia, yang mana setiap provinsi mendapatkan 3 unit. Dan karena peminatnya yang mencapai 200 orang, maka ada aturan seleksi pembeli dan juga pembatasan satu orang hanya boleh membeli satu mobil, wow.

Suzuki Jimny yang merupakan generasi ketiga ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1998, atau per tahun depan sudah menginjak 20 tahun usianya, sehingga memang secara tampilan tak menunjukkan sebagai mobil yang diproduksi tahun 2017. Mobil ini dibekali mesin M13A dengan empat silinder dan kubikasi 1.328cc yang mampu membuat mobil mungil ini menelurkan tenaga 82 PS pada 5.500 rpm dan juga torsi 110 Nm pada 4.500 rpm. Suzuki Jimny dibekali dengan transmisi otomatis dengan penggerak empat roda yang dapat diatur dari tombol di dashboard.

Suzuki Jimny sendiri akan dikirim ke para pemiliknya pada bulan September 2017 mendatang, dengan catatan unit Suzuki Jimny tersebut sudah diterima oleh pihak SIS pada bulan ini. Lalu, walaupun sudah tak ada unit yang dijual, mungkin beberapa  dari kalian kepo berapa harga dari Suzuki Jimny ini, apakah mirip dengan Suzuki Ignis? Jawabannya tidak, Suzuki Jimny dijual dengan harga 285 juta Rupiah OTR Jakarta, terlihat cukup mahal, namun relatif untuk sebuah mobil dengan penggerak empat roda dan suspensi independen.

Bagaimana menurut kalian mobil ini? Sudah tak bisa dibeli kawan, karena PT SIS tak berminat mendatangkan unitnya lagi dalam waktu dekat. Yuk sampaikan komentarmu kawan.

Read Prev:
Read Next: