GIIAS 2017 : Selis, Motor Listrik Lokal Yang Menjanjikan

by  in Berita&GIIAS 2017&Motor Baru
GIIAS 2017 : Selis, Motor Listrik Lokal Yang Menjanjikan
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz.com – Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 memang baru saja berakhir, namun sejumlah perkembangan dari hasil gelaran tersebut tentu tak berhenti saat acara resmi ditutup. Di salah satu booth dari GIIAS 2017 hadir sebuah merk lokal yang memberikan kejutan bagi kami secara pribadi, bukan karena kecantikan booth yang digunakan, namun lebih karena eksistensi dari produk ini ternyata sudah ada disaat kebanyakan orang tak mengetahuinya, dan inilah Selis, Motor Listrik buatan Lokal Indonesia.

Sebenarnya Selis sendiri sudah cukup booming di media sosial beberapa waktu lalu, dan kehadirannya di GIIAS 2017 kemarin tentu sebuah langkah yang besar. Kehadiran Selis sendiri menurut kami merupakan sebuah keseriusan dari para pabrikan untuk menekuni kendaraan dengan tenaga gerak listrik. Karena tak bisa dibohongi bahwa kedepannya tenaga listrik akan perlahan menggusur bahan bakar fosil yang sekarang masih menjadi konsumsi utama dalam hal berkendara. Dan dua kata yang bisa kami berikan pada merk ini adalah Good Job. Oiya, Selis itu singkatan Sepeda Listrik ya kawan.

Ya, mereka memiliki keberanian untuk terjun di pasar ini saat sebagian besar pabrikan roda dua di tanah air masih ogah – ogahan menekuni segmen ini, kecuali Viar yang sudah jelas kita tahun memiliki varian Q1 yang sudah rilis tahun ini. Sejumlah proyek motor listrik lokal yang digadang – gadang akan segera diproduksi pun masih belum ada informasi terbarunya, sehingga sedikit menggantungkan para calon konsumen di tanah air terkait kepastian produksinya. Namun tak bisa dibohongi juga bahwa motor ini masih memiliki masalah klasik motor listrik, yaitu tak adanya STNK untuk motor ini.

Okelah, untuk sekarang mungkin hal tersebut masih menjadi kendala, namun jika kedepannya, tentu motor listrik masih berprospek yang baik, toh Viar Q1 pun sudah memiliki STNK. Yang paling menarik di booth Selis adalah Selis Trail dan motor tiga roda Selis. Untuk varian Selis Trail sendiri dihargai 20,5 juta dengan tampang yang memang mengambil milik Honda Grom 125, namun membawa sejumlah kelengkapan yang tidak akan kita dapatkan dengan harga tersebut seperti suspensi depan USD, rem cakram depan belakang dan suspensi monoshock. Selis Trail sendiri bisa berlari hingga 100 km/jam dengan jarak tempuh 80km per sekali pengisian daya pada baterai 72 volt 20 Ah yang menyuplai motor berkekuatan 3000 watt.

Baca juga : Viar Q1 Motor Listrik Seharga 16 jutaan Rupiah

Sedangkan untuk motor listrik tiga roda dari Selis dibanderol dengan harga 35 jutaan dengan baterai berkapasitas 60 volt yang mampu menempuh jarak 55 km sekali pengisian daya. Motor unik ini sendiri disediakan sebanyak 100 unit saja di GIIAS 2017 dan kabar terakhir yang kami terima bahwa motor ini sudah diinden oleh 83 orang sehingga menyisakan hanya 17 unit saja. Untuk unit dari motot tiga roda ini sendiri tak bisa langsung dikirim, dan harus inden selama 1 hingga 2 bulan. Sayangnya sekali lagi memang kedua motor ini masih tanpa STNK yang membuatnya hanya bisa dibawa di sekitaran komplek rumah kalian saja.

Selis sendiri cukup pede dengan sejumlah produk – produknya, masih ada Selis Merak dan Selis Elang serta Selis dengan model skutik yang dihadirkan oleh Selis di GIIAS 2017. Tentunya Selis sendiri sangat memerlukan dukungan dari Pemerintah untuk langkah kedepannya, terlebih karena motor ini sendiri adalh motor listrik yang ramah lingkungan. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: