Geely Jiaji Terkuak! Inikah Kelanjutan Proton Exora?

by  in Mobil Baru
Geely Jiaji Terkuak! Inikah Kelanjutan Proton Exora?
0  komentar

Autonetmagz.com – Kita mengenal Geely sebagai salah satu manufaktur otomotif negeri Tiongkok yang terbesar saat ini. Bagaimana tidak? Belakangan ini Geely membeli saham merk-merk mobil terkenal seperti misalnya Proton dan juga Volvo. Ditambah dengan kolaborasi yang mereka lakukan dengan pabrikan seperti Daimler baik dalam pembuatan layanan ride-hailing, bagaimana Geely tidak terkenal di mata dunia? Raksasa otomotif Tiongkok ini terus membuat kami tercengang dengan caranya agar diakui oleh masyarakat global.

Geely terus mengukir namanya menjadi salah satu pabrikan otomotif yang patut disegani. Terus memperbaharui lini model dengan Borui, Bin Yue, dan Boyue-nya, keseriusan Geely dalam bertarung dalam pasar kendaraan passenger car terlihat sangat jelas. Sudah ada model sedan dan SUV yang diperbaharui, kurang MPV saja nihEits jangan salah, Geely juga telah mempersiapkan MPV teranyarnya. Mari kita sambut, Geely VF11, MPV modern khas negeri tirai bambu.

Memiliki panjang 4,7 meter, lebar 1,9 meter, dan tinggi 1,7 meter dengan wheelbase 2,8 meter. Jiaji, begitu panggilan MPV Geely tersebut, memiliki bahasa desain yang futuristik namun tidak memiliki garis-garis yang cukup radikal seperti pada mobil keluarannya yang lain. Pada bagian depan kalian dapat melihat expanding cosmos grille khas Geely dipadukan meteor headlight LED lengkap dengan 4 bar DRL-nya dan foglamp yang juga sudah LED. Bagian samping juga tak luput dari sculpted waistline di bawah jendela dan floating rooftop yang sudah menjadi karakter mobil terbaru Geely. Sementara untuk buritan tak ada yang terlalu spesial. Hanya sculpted waistline yang menyambung dan bentuk taillight LED ala supercar Italia, sisanya ya tidak ada bentuk-bentuk nyeleneh jadi aman-aman saja.

Untuk bagian interiornya, Geely menyebutkan bahwa bagian depan akan berbentuk driver oriented walaupun dashboard-nya sendiri tidak miring ke arah pengendara. Bergaya full-vision, bagian dasbornya ini juga dilengkapi dengan control pada panel tengah yang luxurious ditambah head unit 12,3 inci model floating. Bukan itu saja, motion-activated ceiling light pada panel kontrol bagian atap, cup holder tengah yang mendinginkan sekaligus menghangatkan minumanmu, dan berbagai fitur user friendly membuat mobil ini memiliki gaya futuristik yang bukan main-main. Konfigurasi penumpangnya juga bermacam-macam loh. Ada 2-2-2, 2-2-3, hingga 2-3-2 pun tersedia! Tunggu dulu, itu formasi kursi penumpang atau formasi main mini soccer?

Pada bagian jantung atau mesinnya sendiri, mengutip dari Paultan diramalkan memiliki tiga pilihan varian mesin yaitu mild hybrid (MHEV), plug-in hybrid (PHEV), dan mesin bensin standar. Untuk dua varian hybrid, Jiaji kemungkinan memakai mesin 4-inline 1,5 L turbocharged 48V. MHEV akan memiliki output sebesar 188 hp dengan torsi 300 Nm, sementara PHEV yang karena digabungkan dengan motor listrik dengan baterai Li-Ion sebesar 11,3 kWh, akan memiliki keluaran tenaga sebesar 255 hp dan torsi 385 Nm. Sementara untuk mesin bensinnya yaitu 1,8 L turbocharged dengan transmisi matic 6-percepatan, output yang dikeluarkan adalah yang paling rendah yaitu 181 hp dengan torsi 300 Nm.

Geely Jiaji akan dipasarkan pada 2020 dengan tugas menggantikan model Exora pada pabrikan Proton yang telah dibelinya. Jadi sudah ada Boyue, Bin Yue, Borui, dan Jiaji nih yang dirilis ke hadapan public. Apakah menurut kalian Jiaji akan sukses menggantikan Exora dengan berbagai macam teknologi hasil kolaborasi dengan Volvo? Kirimkan pendapatmu pada kolom komentar di bawah mengenai MPV terbaru dari Geely-Geely manja ini.

Read Prev:
Read Next: