Ford Sedang Mengembangkan Teknologi Pencahayaan Canggih Berbasis Navigasi

by  in Berita&Ford&Hi-Tech
Ford Sedang Mengembangkan Teknologi Pencahayaan Canggih Berbasis Navigasi
0  komentar

AutonetMagz.com – Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini fitur-fitur idaman yang biasa ada di cerita science fiction bisa direalisasikan satu per satu. Seperti Ford, kini mereka mengembangkan teknologi pencahayaan pada mobilnya agar pengguna Ford bisa menyetir lebih aman di malam hari.

Teknologi ini dikembangkan oleh Ford’s European Research and Innovation Centre di Aachen, Germany. Teknologi ini bertajuk Camera-Based Advanced Front Lighting System dengan cara kerjanya bergantung pada navigasi GPS. Selain itu turut disematkan kamera tambahan yang akan sinkron dengan lampu sehingga kita dapat melihat tikungan dan halangan yang ada di depan.

Namun tidak hanya berfungsi memantau, kamera ini juga akan mengirimkan data hasil pengambilan gambar ke dalam navigasi. Sehingga bila nantinya pengemudi akan melintas di jalur yang sama, otomatis lampu headlamp sudah mengetahui beberapa titik yang penting yang harus disorot.

Kamera yang digunakan pun adalah kamera infrared yang disematkan di grille yang berguna untuk menangkap halangan seperti binatang atau manusia yang berjarak 120 meter di jalur mobil. Bila objek semakin mendekati mobil dan headlamp tidak dapat menjangkaunya maka LED tambahan yang berada di dekat foglamp akan menyorot objek tersebut.

teknologi-pencahayaan-Headlights-navigasi-ford-di-lintasan

Agar objek menjadi lebih jelas maka gambar yang ditangkap di kamera akan tampil dalam sebuah layar di kabin dan ditandai dengan bingkai kuning dan merah tergantung jarak dari objek. Selain itu apabila ada mobil yang berlawanan arah mendekat maka otomatis lampu tidak menyorotnya sehingga pengemudi mobil yang berlawanan arah takkan silau.

Camera-Based Advanced Front Lighting dapat membantu memudahkan pengemudi untuk melakukan perjalanan pada malam hari pada lingkungan yang belum dikenal dan untuk mempermudah melihat halangan. Semisalnya pada bundaran, sistem kami membantu pengemudi untuk melihat dengan jalur mengemudi – dan mengecek apakah ada sepeda atau pejalan kaki yang menyeberang,” kata Michael Koherr, insinyur penelitian dan sistem pencahayaan, Ford Eropa.

teknologi-pencahayaan-Headlights-navigasi-ford-corner

Ia menambahkan lagi bahwa pengunaan pencahayaan tambahan berupa LED spot membuat potensi bahaya yang ada di jalan dapat lebih mudah terpantau oleh pengemudi, entah itu pejalan kaki, pengendara sepeda, atau bahkan binatang.

Ford berharap fitur tersebut bisa digunakan pada waktu dekat di beberapa lininya. Kalau dipikir baik-baik, biasanya Ford tidak main pangkas fitur saat memasukkan mobil ke Indonesia. Yah sepertinya bisa berharap fitur ini segera ada di lini Ford baru yang dijual di Indonesia. Bagaimana menurutmu? monggo komentarnya di bawah ini.

Read Prev:
Read Next:
  • M.U.Fathurrohman

    Sebelum rilis fitur beginian di indo, mendingan benahi dulu navigasinya. Kan banyak tuh jalan baru kaya komplek atau tol baru yg kadang belum muncul di map

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

    “Selain itu apabila ada mobil yang berlawanan arah mendekat maka otomatis lampu tidak menyorotnya sehingga pengemudi mobil yang berlawanan arah takkan silau.” Itu kyk adaptive front lightnya Mazda yah??