Ford Puma 2020 : CUV Unyu Dengan Mesin 152 hp & Transmisi Manual 6 Speed!

by  in Berita&Ford&International
Ford Puma 2020 : CUV Unyu Dengan Mesin 152 hp & Transmisi Manual 6 Speed!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kabar tentang kemunculan CUV baru dari Ford yang diberi nama ‘Ford Puma’ sebenarnya sudah menjadi rahasia umum yang merebak dalam setahun terakhir. Nah, kini akhirnya pihak Ford membuka tabir dari Ford Puma 2020, yang mana hadir wajah yang cukup mirip dengan Ford Puma lawas yang notabene adalah sebuah coupe mungil di akhir 90-an. Mari kita bahas mobil ini.

Jadi, detail dan gambar resmi dari Ford Puma 2020 telah disebar oleh pihak Ford ke internet baru – baru ini. Dan saat melihat wajah depan dari mobil ini, memang terasa agak deja vu. Yap, Ford Puma 2020 menggunakan wajah ala Ford Puma lawas, namun dipermak menjadi lebih modern dan dicangkokkan ke body sebuah CUV. Secara umum, wajah depan dari Ford Puma 2020 menjurus ke unyu alias cute, yang mana menurut kami akan menghadirkan love & hate bagi mereka yang melihatnya.

Oke, dari sisi depan, Ford Puma 2020 menggunakan styling ala Ford kekinian, dengan bentuk moncong yang memiliki tarikan cukup tajam, dan juga grille berbentuk khas Ford dengan warna hitam dan motif honeycomb. Bumper depannya berkesan dimanis dan sporty dengan banyaknya lekukan tajam, utamanya di sekitar lampu kabutnya yang mungil. Lampu depannya, sekali lagi mirip dengan Ford Puma lawas, menggunakan teknologi LED dengan LED DRL yang dibuat meliuk – liuk mengikuti tatanan dalam lampu utamanya.

Oiya, di bagian depan dari Ford Puma 2020 ini bebas krom, sehingga bisa dikatakan kesan sporty memang ingin dibangun Ford di mobil ini. Namun, pihak Ford juga menghadirkan kesan elegan dengan penggunaan add on body ala CUV yang dibuat sewarna body, walau agak tersamarkan. Pindah ke samping, Ford Puma 2020 memiliki garis body yang cantik dengan tarikan garis yang justru jauh dari kata tegas dan lebih mengalir. Bagian ini sedikit mengingatkan kami pada sisi samping dari Honda HR-V yang digabungkan dengan sisi samping Mazda CX-5 lawas.

Velg yang digunakan terbilang proporsional, walau belum ada informasi mengenai berapa ukurannya. Walaupun begitu, Velg Ford Puma 2020 sudah dilabur dengan warna dual tone dan dibalut dengan ban yang profilnya cukup tipis. Sekali lagi, bagian samping mobil ini bebas krom, baik dari bagian handle pintu, hingga lis jendela. Side body moulding mobil ini berwarna hitam dengan bentuk yang cukup minimalis dan terasa pas dengan side skirt-nya. Oiya, sekali lagi, add on di fender mobil ini dibuat sewarna body sehingga mobil ini tampil kalem, elegan dan tidak lebay.

Terakhir, dari samping terlihat bahwa rear spoiler mobil ini memiliki bentuk yang cantik dan terasa menyatu dengan tarikan garis atapnya. Pindah ke belakang, Ford Puma 2020 menggunakan lampu belakang dengan LED bar berukuran besar dan kaca housing lampu bening yang cukup stand out dan membuat orang tertarik untuk melihatnya. Sedangkan bumper dan pintu bagasinya memiliki tarikan garis yang tegas, menyesuaikan dengan bentuk depannya. Ada reflektor yang cukup besar di sisi terluar bumper, dan knalpot berbentuk heksagonal yang sporty walaupun cuma 1 buah.

Dari sisi belakang terlihat bahwa Ford Puma 2020 mendapatkan antena model shark fin dengan warna hitam, menyesuaikan atapnya yang juga dilabur warna yang senada. Emblem bertuliskan ‘Puma’ berukuran sedang diletakkan di sisi tengah pintu bagasi, tepat di bawah logo Ford. Masuk ke sisi interior, seperti dugaan kami, Ford Puma 2020 banyak berbagi komponen dengan saudara hatchback-nya yaitu Ford Fiesta terbaru. Lho? Jadi Ford Puma 2020 dibangun dengan basis Ford Fiesta terbaru? Lalu apa kabar dengan Ford EcoSport? Nah bisa jadi kedua CUV ini dijual bersamaan, atau malah Fod EcoSport akan pensiun dini.

Kembali ke urusan interior, Ford Puma 2020 menggunakan dashboard ala Ford Fiesta, namun dengan beberapa penyesuaian. Sebut saja setir baru dengan model flat bottom dan jahitan berwarna menyala, lalu penempatan indikator passenger airbag yang berbeda, dan ornamen di dashboard yang bermotif ala ala carbon, serta gear lever dengan model baru. Bentuk dan motif dari kursi milik Ford Puma 2020 juga tentunya berbeda dengan Ford Fiesta. Ford Puma 2020 dibekali dengan layar 12,3 inci sistem infotainment seperti milik Ford Fiesta, dan ditambah dengan Premium Speaker 10 buah dari B&O.

Untuk fitur, Ford Puma 2020 dibekali dengan sejumlah fitur keselamatan seperti Pre-Collision Assist with Pedestrian Detection, Emergency Brake Assist, a Tire Pressure Monitoring System, Electronic Stability Control, semi-autonomous parking assist, emergency steering assist dan adaptive cruise control. Selain itu, Mobil ini juga memiliki hands-free tailgate, dan adaptive rear parcel shelf serta panel instrumen digital. Menariknya, Ford Puma 2020 akan dibekali dengan mesin 1.000cc 3 silinder EcoBoost Turbo dengan motor elektrik. Perpaduan ini membuat sang CUV memiliki tenaga 123hp untuk versi standar dan 152 hp untuk versi tertinggi.

Kedua versi mesin tersebut dipadukan dengan transmisi manual 6 percepatan, dan untuk sementara ini belum ada informasi mengenai transmisi otomatis yang bakal digunakan. Nah, sosok Ford Puma 2020 sendiri bakal ditampilkan ke publik pada gelana Frankfurt Auto Show 2019 pada bulan September 2019 mendatang. Kalian kepo? Yuk sampaikan tanggapan kalian.

Read Prev:
Read Next: