First Impression Review Suzuki Ertiga Facelift 2015

by  in Berita&Mobil Baru&Nasional
First Impression Review Suzuki Ertiga Facelift 2015
0  komentar

Harga fitur review Ertiga baru 2015 faceliftJakarta, AutonetMagz – Untuk pertama kalinya kami melakukan first impression review sebuah produk otomotif yang belum diluncurkan ke pasar, namun data dan unitnya sudah kami lihat secara langsung melalui salah satu Autonet Fans yang mengirimkan foto serta impresinya kepada redaksi kami. Jika kemarin sedang ribut-ribut Toyota Avanza baru, Suzuki juga punya jagoan yang baru saja mendapatkan update penampilan yang tidak bisa dianggap enteng.

Agar tidak banyak bertele-tele, dan pastinya anda sudah tidak bersabar bukan, untuk mengulas mobil ini lebih dalam, kalau begitu langsung saja kita review Suzuki Ertiga GX dan GL manual!

Desain

Review-New-Suzuki-Ertiga-Facelift-2015Ubahan yang dilakukan terhadap Suzuki Ertiga sebenarnya tidak banyak, lampu depannya masih sama, kap mesinnya juga masih sama seperti model pendahulunya, karena facelift ini bukanlah facelift besar-besaran seperti halnya Nissan Grand Livina di tahun 2013 silam dan Toyota Grand New Avanza terbaru yang diluncurkan hari Rabu mendatang.

Karena hanya sebatas facelift ringan, atau biasa disebut minor change perbedaannya ada pada grille depan yang kini menjadi lebih tipikal Suzuki dan bumper depan baru dengan housing fog lamp yang lebih besar dan lebar dengan lekukan garis yang berotot. Khusus untuk tipe GX, kita akan mendapatkan chrome di bagian atas housing foglampnya.

Grille-New-Suzuki-Ertiga-Facelift-2015Untuk tipe GX, selain ia mendapatkan chrome pada housing foglampnya, ia juga mendapatkan cover spion dengan lampu sein seperti Toyota Avanza, dan kami suka dengan model cover spionnya yang tidak diberikan tambahan chrome dan memiliki gagang yang menempel pada bodi pintu, bukan lis kaca pintu seperti Avanza atau Mobilio. Tapi di tipe GL kini lampu sein pada spion di hilangkan, tidak seperti pada versi sebelumnya.

Sisanya, rasanya tidak ada perbedaan lagi dari sisi depan kecuali hal yang telah kami jabarkan. Oke, karena tidak ada yang bisa kita bahas lebih dalam, mari lanjut ke bagian belakangnya.Rear-Reflector-New-Suzuki-Ertiga-Facelift-2015

Melihat bagian belakang mobil ini rasanya Dejavu, karena bocoran Toyota Avanza sudah hadir lebih dulu menggunakan reflektor yang menyambung dengan garnish chrome plat nomor belakang. Namun bedanya jika Avanza mengalami perubahan pada kombinasi lampu belakangnya, di mobil ini sama sekali tidak ada ubahan.

Ubahan lain juga ada pada model bumper belakang baru yang sedikit berbeda dibandingkan dengan model sebelumnya, ditambah lagi kita akan mendapatkan 2 buah sensor parkir yang sudah menjadi fitur standar mulai dari tipe GL hingga GX. Terakhir, desain velg mobil ini juga mendapatkan ubahan desain yang lebih mewah karena memiliki palang yang lebih banyak, hanya saja seharusnya di tipe tertinggi, Suzuki harusnya memberikan velg two tone color seperti Avanza Veloz agar terkesan beda dengan tipe dibawahnya.

Interior

Interior-New-Suzuki-Ertiga-Facelift-2015Masuk ke dalam Interior Suzuki Ertiga rupanya tidak seperti bocoran yang pertama kami dapatkan. Warna dashboardnya masih sama, motif joknya juga masih sama, dan fiturnya pun masih sama dengan model sebelumnya. Lupakan fitur-fitur canggih seperti AC digital dengan climate control dan push start stop engine button.

Lantas apa perbedaannya? Mudah saja, kita akan mendapatkan model setir baru dengan lingkar kemudi berwarna coklat gelap, sebelumnya setir mobil ini memiliki warna cerah yang mudah sekali kotor karena pemakaian sehari hari.Setir-New-Suzuki-Ertiga-Facelift-2015Tidak hanya warna setir saja yang diubah oleh Suzuki, namun warna tuas perseneling juga diubah menjadi coklat gelap, dan tuas rem tangan juga dibuat seperti itu agar tidak rentan dengan kotoran. Sisanya masih sama tipikal Ertiga model non facelift yang memang interiornya sudah bagus meskipun tidak ada ubahan signifikan seperti halnya interior Avanza Grand New. Di belakang rem tangan, kita juga mendapatkan sebuah console box untuk menyimpan barang.

Masih seputar dashboard, tuas AC, speedometer, ruang penyimpanan di mobil ini tidak ada yang diubah oleh Suzuki. Namun ada satu hal yang diubah oleh Suzuki, namun ubahan itu tidak akan kita sadari kalau kita tidak memperhatikannya secara detail.

Head-Unit-SuzukI-Ertiga-FaceliftCoba perhatikan dengan detail, adakah yang berubah dari head unit Suzuki Ertiga? Bentuknya masih sama, peletakan tombol-tombolnya masih sama, dan fiturnyapun masih sama, masih bisa memutar MP3 dan USB, dan head unit ini juga masih belum bisa menggunakan AUX In untuk memutar musik. Lantas apa yang berbeda?

Menyerah? Oke, perbedaannya ada pada layar head unitnya yang kini memiliki frame berwarna coklat dengan lekukan ke dalam agar tampak lebih….. Hmmm…. saya justru nggak ngerti kenapa head unitnya dibuat memiliki perbedaan seperti itu, versi sebelumnya seolah memiliki layar datar, padahal secara fungsi dan fitur, head unit mobil ini masih sama persis hanya berbeda di bentuk layar. Meskipun begitu, kami yakin kualitas suara audio Suzuki Ertiga pasti menurun karena hilangnya tweeter di tipe GX sekalipun. Tapi bagaimanapun juga dashboard Suzuki Ertiga tetap terasa lebih mewah dan memiliki kualitas material yang lebih baik dibandingkan dengan kompetitornya.

Door-Trim-New-Suzuki-Ertiga-Facelift-2015Seperti yang kami bilang bahwa mobil ini memiliki motif jok yang sama dan warna yang sama, begitupula dengan door trimnya yang masih sama saja dengan model sebelumnya. Lantas apa yang berbeda dibandingkan dengan model sebelumnya? Tentunya ada di tempat pengemudi berada dong sob.

Pertama, Suzuki mengupdate power window pengemudi mereka yang tadinya hanya memiliki fitur auto down saja, kini menjadi auto up juga. Begitupula dengan bagian spion luar yang kini mendapatkan power retractable mirror untuk tipe GX. Nah, akhirnya ada juga peningkatan fiturnya, karena dari tadi hanya berganti model dan warna saja.

Kursi-Belakang-New-Suzuki-Ertiga-Facelift-2015Masih penasaran dengan ubahan warna yang diberikan Suzuki pada trim joknya? Ya, Suzuki mengubah warna jok mobil ini dari Beige menjadi Elegant Beige. Lantas apa itu elegant beige? Ternyata elegant beige itu adalah kursi yang dengan warna dan motif yang sama, namun memiliki warna abu-abu di balik kursi terakhir agar tidak cepat kotor ketika dilipat dan dipenuhi oleh barang bawaan. Oh, tak kira apa toh…. Cuma bahasa marketing rupanya. Oh ya, karpet dasar mobil ini juga ikut berubah menjadi abu-abu seperti halnya bagian belakang kursi baris terakhir.

Namun harus mengapresiasi mengingat Suzuki Ertiga merupakan MPV yang memiliki fungsionalitas yang sangat baik karena kursi baris ketiganya bisa dilipat rata lantai hingga kursi baris kedua, fitur ini hanya anda dapatkan di Suzuki Ertiga dan Nissan Grand Livina saja. Namun yang lebih asik lagi, kini Suzuki membuat kursi baris ketiga menjadi individual, karena antara kursi bagian kanan dan kirinya kini terpisah dan bisa dilipat secara terpisah pula.

Mesin

Mesin-New-Suzuki-Ertiga-Facelift-2015Suzuki ini agak unik, dimana kompetitornya memberikan mesin baru yang lebih bertenaga pada varian faceliftnya, Suzuki Ertiga justru mendapatkan mesin yang sama. Maksudnya bukan mesin yang sama itu jelek, tapi mengapa tenaganya harus disunat menjadi 92 Ps saja dari yang sebelumnya 95 Ps. Adapun tenaga tersebut dicapai di putaran mesin yang sama dengan sebelumnya, tapi rasio final gearnya direvisi. Padahal Avanza mendapatkan kenaikan tenaga yang signifikan menjadi 96.5 atau 97 Ps untuk varian mesin 1.300 ccnya. Duh!

Fitur dan Safety

Dashboard-New-Suzuki-Ertiga-Facelift-2015Kini Suzuki Ertiga telah dilengkapi dengan dua buah Airbags di semua model seperti halnya Toyota Avanza, selain itu tidak ada fitur keselamatan atau keamanan baru di mobil ini mengingat mobil ini sudah cukup lengkap dibandingkan dengan model di kelasnya. Contoh seperti side impact beam, rem ABS dan immobilizer sudah ada di mobil ini sejak pertama kali diluncurkan. Hanya saja seharusnya Suzuki menambah kursi ISOFIX dengan top tether agar lebih aman untuk membawa anak bayi.

Soal Fitur, mobil ini menambah 3 buah fitur yang terdiri dari auto up and down power window pada kursi pengemudi, power retractable mirror di tipe GX dan rear parking sensor di tipe GL dan GX. Sayangnya Suzuki Ertiga tipe GX harus kehilangan dua buah tweeter yang berfungsi untuk memberikan suara treble yang pas. Sisanya tidak ada yang berbeda dibandingkan model sebelumnya

Kesimpulan

New-Suzuki-Ertiga-Facelift-2015

Suzuki Ertiga memang tidak mendapatkan ubahan spektakuler dan luar biasa, bahkan penampilan eksteriornya juga tidak tambah keren sih menurut saya, tapi yang penting mobil ini berubah, dan terlihat berbeda dengan model sebelumnya. Ditambah semua tipe sudah memiliki airbag dan beberapa material yang mudah kotor seperti setir, tuas transmisi dan rem tangan menjadi lebih gelap.

Tapi mengapa pada facelift mobil ini, justru Suzuki Ertiga mendapatkan downgrade di sektor audio tanpa twitter dan tenaga mesin yang berkurang 3 PS, padahal seharusnya yang namanya facelift itu bertambah, bukan berkurang.

Rear-Garnish-New-Suzuki-Ertiga-Facelift-2015

Nah, bagaimana pendapatmu tentang Suzuki Ertiga terbaru? Kalau menurut kami sih Suzuki Ertiga tanpa mendapatkan facelift pun sebenarnya sudah bisa menjadi salah satu pilihan terbaik, namun seharusnya bisa lebih baik lagi jika mendapatkan fitur-fitur yang bersifat plug and play dengan Suzuki Swift seperti AC digital dan Push Start Stop Engine Button, karena kalau sudah dipasangkan di mobil ini, Suzuki Ertiga pasti menjadi LMPV tercanggih di kelasnya.

Read Prev:
Read Next:
  • Rafi M. P.

    Faceliftnya terkesan bunuh diri begitu, ntar malah diinjek sama kompetitor yang lengkap fiturnya

    • Rocky Qautsar

      Betul sob

  • duhh.,., gagal deh dapat AC digital

    • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

      Penonton kecewa boooo…

      • sayang honda ga ikut facelit juga

        • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

          Menurut Honda terlalu cepet kali untuk facelift.. Kli honda yg facelift biasanya eksteriornya bikin org menggugah untuk diliat dr pd yg lama sekalipun

  • Rafli Santosa

    Mungkin Avanza-Xenia harus berbangga krn akan menjadi LMPV terlaris lagi dg faceliftnya yg sangat wah karena Suzuki Ertiga facelift tdk sebagus yg diberitakan dg hadirnya fitur2 canggih sperti AC digital dan Push StartStop apalagi nih facelift terkesan downgrade

    • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

      Mulai ikut2an TAM sama HPM. Wkwkwkwk sunat fitur dikit2 hehheje

    • Mika Hendrawan

      makin norak ya bro,,, gw cek langsung kemarin tambahan stoplamp nya kaya nempelin aksesoris murahan…

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

    Retractable mirror?? Yah fitur itu mah dah ada di Nasmoco Toyota (khusus DIY dan Jateng). Bahkan dah dr tipe 1.3 g luxury sampai veloz luxury. Dan di innova jg ada. Jdi terkesan biasa saja

    • Anggìta Wira Tama

      Iya

    • Andi

      Dan itupun bisa ditambah sendiri

  • jono sujono

    alamak… blunder kau sijuki !…
    dulu waktu kemunculannya menggebrak dengan fitur yang tidak ada di lmpv duo… sekarang lmpv duo sudah memakai fitur2 yang ada di ertiga, lalu apa yg jadi kelebihan ertiga?… kalau gini penjualan bisa makin jeblok, belom nanti jika seandainya mobilinyong (tiba2) muncul facelift… gak suntik mati masih sukur ini !…

  • Nongnong

    Sptnya fitur canggih buat gx otomatis doang ya?

  • Feb

    Kalo faceliftnya cuma begini, yang punya r3 lama harusnya bisa bahagia karena bisa ganti2 bemper aja dan melakukannya pun bisa sendiri… Toh ac digital dan kunci keyless ilangg.. Retracable mirror juga seharusnya bisa bikin sendiri..

    Waduhhh ga greget ni perubahannya, padahal saingannya itu duo kembar lhoo… Emang gampang saingan sama mereka? Belum launch aja pesanannya udah membludak, gimana abis launch, coba testdrive dan didiskon??

    Apalagi denger2 nih ya sijuki itu pelit ya kasi diskon meskipun harganya worth to buy? #nohate #denger2doang

    • Rafito

      iya nih. kecewa.

    • Rafito

      untung saya owner erti terdahulu 😀 diskon ada kok 20-an

  • kevinn_kalis

    Downgrade: sekarang tipe GL ga ada turning signal di spion, padahal dulu ada
    CMIIW

    • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

      Gantinya di body samping, dibawah tulisan VVT itu

  • putra

    Lah gak jadi ada ac digital? *gigit jari*

  • yud

    Kok mending ertiga sekarang (sebelum fl) ini ya?

  • Tuing tuing

    Suzuki blunder… Facelift nya sunattann.

    • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

      Mulai ikut2an TAM sama HPM mas..

  • Teddy

    Yah batal deh beli new suzuki Ertiga , sudah kecewa duluan , tenaga mesin turun , ac tidak digital, push start engine nggak ada, tweter absen , interior tetap sama , harusnya ada wood panel seperti di foto Yang ada di artikel sebelumnya Autonetmagz. . Kayaknya memang mau bunuh diri . Kecewa kecewa kecewa…. Nunggu BRV aja deh mudah mudahan sesuai expetasi.

    • idem bro

    • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

      Betul tuh tunggu BRV aja. Eksterior bagus interiornya pake Honda City. Dengan ac digital, Push Start and Stop Engine, dan VSC (biasanya). Tpi moga2 gk di sunat tuh fitur

      • edy

        Sama aja Ga akan ada fitur begituan klo harga 200jt. Kalaupun ada harganya pasti 250 jtan

        • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

          Menurut autonetmagz harganya dr 150 jt sampai 300 jt. Kira2 di range harga 260 jt-an lah lu dah dpt fitur yg bisa dibilang lumayan.. Seperti yg gw sebut diataa. Biasanya varian termahal dikasih sunroof. Honda seneng bgt klo varian termahalnya dikasih sunroof

    • edy

      Beli hrv om ada semua tuh yg begituan, klo mobil harga 200jt mah ga akan ada engine start stop, AC digital, dll
      Wkwkwkwk

  • kabe kabe

    Wkwkwk. Downgrade ?? Kecewa donk si wira sama rocky qautsar..

    • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

      Omongan gw belom dijawab jg tuh sama die.. Wkwkkq

      • Rocky Qautsar

        Fans banget lu ma gw wkwkwk

        • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

          Hbsnya komen lu paling pedes dr yg lain. Wkwkwkwk

          • Rocky Qautsar

            Komen mang pedes sob, pala tetep dingin. Nothing personal, lo mesti bedain dr awal gw ngehina barang, gada maksud ngehina yg lain or pembelinya. Tp ya namanya dunmay kaya gini asal njeplak ya gada yg ngatur kecuali moderatornya ikutan seneng karena trafficnya naik hehehe

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Tetep aja yg punyanya itu jg ikut panas. Misalkan ibu lu di hina di ejek, lu jg ikut panas.. Klo dah jd sesuatu yg disayangi jg pasti yg punyanya jg ikut panas.

          • Rocky Qautsar

            Sejak kapan manusia disamain ama mobil wkwksk

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Ya lu hal kecil aja.. Misalkan Rumah lu kebakar. Sedih kan lu.. Kadang marah2 knp kok bisa kebakar.. Emangnya klo rumah lu kebakar lu seneng gitu.. Trus ngomong gini “gpp rumah gw kebakar.. Kan dia benda mati bukan benda hidup”

          • Rocky Qautsar

            Itu namanya ikhlas sob. kan lu pade yg ceramahin gw dr kemarin perihal harta ga dibawa mati, makanya jangan fanatik banget ama barang mati… Lo kl mau ngehina mobil atau barang gw jg silahkan. Nothing personal.

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Yg ceramahin tentang ikhlas itu siapa? Bukan gw kan?? Emangnya lu ikhlas gitu klo rumah lu kebakar?? Yakin?? Klo lu bilang ikhlas menurut gw sih ya gpp. Tpi gini yah… Disaat rumah lu kebakar misalnya.. Pasti lu nangis dulu, atau sedih dulu deh minimal, gk mungkin bahagia. Itu menandakan klo itu tdk ikhlas. Baru deh setelah beberapa waktu kemudian kita berhenti sedih/menangis klo memang hal itu harus terjadi dan disaat itu lu baru ikhlas. Gw jg ikhlas tpi gk waktu itu…!! Nah baru deh setelah beberapa waktu kemudian gw baru ikhlas. Masalah cepat atau lambatnya ikhlas itu tergantung dr kesayangan kita pada hal itu../barang itu/ org itu.. Itu pribadi klo cpt/lambat…

          • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

            Udh deh.. Gini aja.. GW maafin lu dan lu jg maafin gw klo ada kata2 yg gk berkenan di hati. Kita stop perdebatan kita.. Dan gw tanya sama lu.. Apa tanggapan lu terhadap FL Ertiga dan Avanza. Bagusan mana FLnya dan lengkapan mana FLnya?

          • Rocky Qautsar

            Nah gini donk sob… Maafin gw jg yak.

          • Rocky Qautsar

            Terus terang facelift sijuki ini mengecewakan, salahnya suzuki (kl ga bisa dibilang benernya) ngasi terlalu banyak fitur di awal munculnya, sehingga mereka dah ga bisa mainin lagi margin produksi untuk tambahan facelift… Kl masalah exterior sorry yee… Masih tetep bagusan avxen yg lama, terutama bentuk lampu… Untuk ertiga fl nya nganggung abis… Dia subsidi silang parts, ada yg dikurangin ada yg ditambahin…

          • kabe kabe

            Hm gtu yah… kemarin itu ada yg bilang we carry people not stone. Trusss adalagi u spend 200mio money for blah blah blahhhh jadilah konsumen berkualitas.. wkwkwkwk
            Trus sekarang bilang gk nyamain barang sm orang.. anda kenal gk tu bung rocky sm kemaren yg nulis, lupa sy. Males jg buka artikel yg kemarin2…

          • Rocky Qautsar

            Lo ngomong apa sih om.

          • kabe kabe

            Ngomongin artis

          • bimasakti

            setuju gan dengan harga segitu kualitas nya kok bagusan sijuki daripada apanja dari sisi keamanan juga, secara logika nya……. CMIIW

  • ndoro

    Wadoh terpaksa nunggu brv ni. Kuciwa dgn sijuki

  • metzh

    btw headunit yg layarnya ceblok ke dalem kayaknya cm buat tipe GL, klo GX yg setirnya ad tombolnya head unitnya sepintas ga berubah..

    btw ini kenapa deh, facelift malah downgrade, dah bagus dulu tipe GL dpt spion pake lampu, eh ini malah diilangin. belum mesinnya..
    kalo sistem lipet/geser baris kedua yg repotnya naujubilah itu ga diganti alamat ni mobil ngikutin jejak aerio/baleno yg ketelen jazz/city ama yaris/vios..

    • Sama head unitnya, displaynya celong ke dalem juga…. cuma berhubung foto dari samping g keliatan

      • Mika Hendrawan

        kalo bolong ko di poto nomer 5 ada refleksi cahaya ya?

      • Mika Hendrawan

        kalo bolong ko di poto nomer 5 ada refleksi cahaya ya?

      • Mika Hendrawan

        koreksi,… iya, setelah cek kemarin iya ya… bolong begitu tp dilapis kaca/cover… malah makin jelek… biar dikata apa coba Suzuki punya kerjaan ini? hadeh

    • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

      Seinnya untuk tipe GL pindah ke body samping. Liat aja dibawah tulisan VVT. CMIIW

  • Vinc Varrel

    gimana buat varian elegant? mungkin AC Auto? #berharap

    • Luthfi Muamar

      ane jg berharap begitu hehe…

  • Oki Ngew

    Kecewa banget sih, tapi paling gak dia punya harga yg kompetitif dibanding duo yg naik 10 jutaan. Kebangetan kalo cuma gini doang trus naik 5jt

    • putra

      Kan naiknya jadi 7,5 juta om . Dan menurut gw itu sangat worth to buy. Ganti mesin itu muahal banget.

    • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

      Mending duo kembar aja (gw gk ngomong duo kaleng lgi soalnya dah punya side impact beam.. Wkkwwk) ganti mesin, fitur nambah byk, naiknya cuma 5jt (di tempat gw yah.. Gk tau di tempat lain)

  • PCX

    Kompetitor lakukan peningkatan kualitas, yang ini malah melakukan downgrade fitur… Hati2 juga sama honda brv yang bakal muncul ya.

    • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

      Ngikut TAM sama HPM. Tpi berdua kyknya dah tobat terbukti di mobil2 barunya

  • ap88

    facelift kok malah sunat fitur,makin gak tertarik ama ertiga,rival nya masih lebih baik,bahkan apv masih lebih baik meski buruk rupa tapi lebih enak dipake mudik dan liburan dan audio udah touch screen bersuara bagus bgt(tipe luxury)dan udah jok kulit pula

    goodbye ertiga,siap2 jadi peringkat penjualan terendah

    • Anggìta Wira Tama

      Menurut anda. Honda stream saya diganti apa ya? Belum ada gantinya… Tadinya Pingin Ertiga. Tapi kayanya batal nie… Saran dong

      • ap88

        Kalo mau feel yg seperti stream(kencang,fun to drive,seperti ngendarain sedan)ambil mobilio aja tapi gak ada nyamannya sama sekali,kalo mau seimbang antara kenyamanan dgn performa dan handling kayak mobilio ditambah kabin luas pilih livina,kalo mau yg fitur lengkap,tahan banting,lumayan nyaman,kabin lumayan luas dan lumayan kencang pilih avanza tapi handlingnya hancur,kalo mau kabin mewah berkualitas,suspensi nyamam pilih spin tapi kabinnya paling sempit diantara livina,avanza,mobilio dan ertiga

      • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

        Tunggu BRV aja om di GIIAS 2015

  • PRamudya

    Ini syi Penurunan Kwalitas namanya.. Ada apa dengan Suzy?

  • Josia P.T.

    Kalau mengingat facelift Avanza dan Xenia yang bertujuan untuk menaikkan kelas Avanza dan Xenia, saya rasa Facelift Suzuki bertujuan untuk tidak naik kelas. Sama halnya bila kita bandingkan Suzuki Swift di awal kemunculannya.. Mobil ini kerap disandingkan dengan Toyota Yaris dan Honda Jazz, namun kini serasa sudah belas kelas. hehehe CMIW

  • rd

    hmmm….. sudah ku duga,,

  • aryo

    RUGI daaaahhhhhhh new Ertiga fiturnya kurang banget, sedangkan LMPV kan harusnya headunit sudah DVD full touch screen, ato ya minimal sperti grand livina yang sudah pakai roof monitor.
    Harusnya sih coba headlampnya pake punya swift GS yg udah projector, ato jgn2 nanti ada Ertiga GS????
    Saat ini sih mendingan grand new avanza, grand new veloz, ato grand new xenia dehh ubahannya jorr2an dari semua sektor. Tinggal tergantung selera aja, kalo sy sih pilih Grand New Veloz yg 1.5, hehehe.

    • putra

      Setuju banget kakak!

  • dsainbar

    ‘Tapi mengapa pada facelift mobil ini, justru Suzuki Ertiga mendapatkan downgrade di sektor audio tanpa twitter dan tenaga mesin yang berkurang 3 PS, padahal seharusnya yang namanya facelift itu bertambah, bukan berkurang’

    Bagaimana Pak Suzuki? penonton kecewa loh..

    • Putut Son Maria

      suzuki kayaknya gak niat bikin produk yang bisa jadi volume maker. produk yang FL pun juga tidak sampai menanamkan impresi yang bagus kepada calon konsumen. sementara pabrikan Honda dan Toyota berebut di papan atas, eh suzuki malah strategi-nya justru tidak mengakomodasi keinginan customer…ya memang nampaknya mau bunuh diri nih suzuki.

      • dsainbar

        jadi penasaran pengen nanya sama marketing directornya suzuki indonesia, kok bisa punya strategi ‘aneh’ gt sih..

  • Ugyz

    kalo gua nunggu Honda BRV aja dech… mana nech liputannya? udah dpt bocoran mobil aslinya blm?

  • agismaniax

    bisa ganti setir, tuas transmisi dan jok belakang di bengkel resmi gak? mau deh kalau bisa.

  • panjul

    facelift tapi downgrade, karepe suzuki opo jal?

  • qoqo

    Dulu sempet pake ertigah ini setelah sering pake apanjah. Awalnya ane terkesan sama handling, fitur, kenyamanan n build quality yg superior (seengganya selama ane pake sehari itu) ternyata ada hal2 kecil yang annoying kaya jendela pengemudi ga auto up/down, pintu ga ngunci otomatis, duh!

    Berharap banyak sama facelift nya tapi yaah…

    • aldrianrey

      Tapi Zonkk ..

  • aldrianrey

    Berubah pikiran dan menjadi lebih tertarik sama grand new veloz

  • Bang Jack

    Cover spion dgn lampu sein udah dr jaman baheula min, udah ada d gl & gx dr batch pertama malah.. oh ya nambahin tuh perbedaan’a, tipe gl lampu sein’a brubah bkn d spion lagi tp nempel d body & tuas pintu bagian d dlm jd warna coklat bkn crome lg. Apakah penurunan? Yes, tp lmyan d gantikan dgn adanya airbag d tipe gl …

    Btw nice review autonetmagz!

    • Oh sorry, ingetnya yang gx doang yang ada. Thank youu….

    • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

      Tpi di GA gk ada yah?? Mending Avanza tipe E aja. Dah immobilizer, side impact beam, rem ABS, audio canggih (walaupun belom touchscreen), Dual SRS Airbags, spion elektrik, AC dah DB

      • crl

        Avanza E blom ada immobilizer setau ane deh untuk yg versi facelift. yg uda ada G sama veloz. CMIIW…

      • Bang Jack

        Tipe GA ada airbag + 8 perubahan di mesin ertiga yang (katanya) membuatnya lebih irit..

  • Sonic

    Gak tau kenapa gue jadi ilfeel sama design facelift ertiga yg sekarang

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

    Pas gw liat foto mesin Ertiga diatas. Kyknya bagusan avanza deh.. Soalnya klo avanza ada peredamnya di balik kap mesin (liat di video FI Avanza Veloz 1.3 di autonetmagz) sedangkan ertiga ini langsung kap mesin tanpa peredam panas mesin

  • Sarjono Touring

    kok malah bagusan grand avanza menurut saya ya?udah abs,airbag,audio aux in usb dari varian E,bluetooth dan immobilizer dari varian 1.3G serta audio touch screen bluetooth dvd,lampu projector dan stir kulit utk veloz 1.5

    fitur grand avanza skrg mirip2 dgn spin,livina dan mobilio

    • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

      Berarti bener nih klo TAM itu menunda2 fitur untuk persiapan FL. Sebetulnya gk cuman TAM aja sih… Rata2 di tahan dulu fitur2nya buat FL

    • farid

      Mungkin TAM sekarang dah tobat dan mau ngasih fitur penting buat konsumen tinggal melakukan revisi terhadap desainnya,namun kebalikan buat suzuki yg menyunat sebagian kecil fitur dan malah menambahkan aksesori dgn aksen chrome yg norak

      • Sarjono Touring

        Betul,TAM akhirnya mau ngasih banyak kelengkapan keamanan dan kenyamanan yg penting bagi konsumen,dan yang terpenting mesin baru nya,PR terbesar TAM utk mpv sejuta umat nya ini tinggal di sektor suspensi dan desain

  • farid

    Kita tunggu aja low mpv nya mitsubishi yg bakal hadir dua taun kedepan siapa tau bakal yg pertama dikelasnya dgn ac climate control digital,bisa kemungkinan besar loh karena mitsubishi mirage aja yg dibawah 200 juta dah punya fitur itu

  • farid

    Sejak TAM memperkenal grand new avanza saya malah jadi lebih suka avanza dibanding ertiga yg sama facelift dibulan yg sama,itu di segi fitur tapi kalau segi desain tetap gak suka tampang avanza sekarang apalagi pantatnya yg makin parah dgn lampu tambahan yg jadi mirip angkot

    • dsainbar

      ntr ada yg marah lo bro dibilang angkot hehe..

  • farid

    Jadi hilang tagline suzuki ertiga dgn bunyi “lebih mengerti keluarga” 🙁

  • RF48

    gua ngerti ini strateginya suzuki, karna semua varian udah ada airbag gitu2, biar pada gak lari ke varian ga sama gl, mereka nanti kasih fitur yg macem2nya di varian sporty sama elegant, kan belom ada tuh fiturnya, tunggu aja prediksi gua sih gitu

  • tim

    Yaelah sijuki udh ketularan TAM nih skrg? Apa FL ini bahasa halusnya utk menyunat fitur dan tenaga mesin tpi ttep bisa naikin harga dgn alasan ganti tampang? Mending dia pertahanin fitur + tenaga mesin model lama trus ubah tampang aja udh lebih bagus.. drpd kaya gini, tambah electrix mirror, ubah wrn setir, kursi baris 3 50:50, tpi kompensasinya tenaga mesin+fitur mengalami penyunatan

    • ap88

      Jadi malah bagusan TAM menurut saya utk saat ini(grand new avanza),udah abs,airbag,audio aux in usb mulai varian E,bluetooth,immobilizer mulai varian 1.3G serta audio touch screen bluetooth,tweeter,lampu projector dan stir kulit utk veloz 1.5

      Justru avanza yg menyeimbangi fitur livina,spin dan mobilio,dan jadi malah ertiga yg sunat fitur yg membuat dia sedikit ketinggalan

      Akhirnya TAM mau membenahi fitur kenyamanan dan keamanan serta mengubah mesin dari mpv sejuta umatnya ini,PR terbesar TAM utk Avanza tinggal di sektor suspensi dan desain,PR di sektor kelengkapan fitur dan keamanan sudah beres

      • tim

        Tpi ttep aja harganya udh gamasuk akal utk sebuah veloz 1.5.. gw sih ttep prefer ANGL jauh drpd GNA, dan inget, ertelu ini belum keluar yg varian elegant nya.. kalo ertelu elegant skrg kan udh jok kulit, DVD monitor.. kali nnti dikeluarin yg varian elegany tsb psti gw ttep lebih milih ini drpd GNA.. lebih enak sih disetirnya sama kenyamanannya..

        • ap88

          ia juga sih,masih bagusan livina kemana mana,nyaman,performa kencang dan handling mantap serta kabin lega

          ertiga elegant kayak nya akan disuntik mati deh,ane malah tunggu tipe sporty yg ane harapkan bemper nya mirip dgn swift sport dan lampu hid kayak swift sport

          Livina tetap dihati

  • rs

    Kenapa fiturnya downgrade??

  • Rocky Qautsar

    Marketing directornya perlu belajar ama jonfis fandy, raja facelift dan minor change.

  • Luthfi Muamar

    yah kecewa lah sama sijuki r3, banyak sunat-an nya, tapi moga2 tipe “elegant” sama “sporty” fiturnya lebih komplit :D, g cuman bodykit doang…

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

    Majalah sebelah dah buat videonya. Ternyata perubahannya byk jg. Bahkan sampai ke sensor tegangan listrik, ban baru, gardan baru, suspensi baru dll

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

    Majalah sebelah dah buat videonya. Ternyata perubahannya byk jg. Bahkan sampai ke sensor tegangan listrik, ban baru, gardan baru, suspensi baru dll

    • andhikalady

      majalah sebelah mana?

  • chrome strikes again! wahahaha..

  • andhikalady

    itu foto new ertiga di halaman hotel Lorin Sentul kah? sekaligus launching suzuki ciaz, kpn bahas suzuki ciaz nih

  • RNugraha

    Ada musuh dalam selimut kali yaaaaa

  • suzukiID

    Type elegant ada AC Digital, tweeter & smartplay, harga setara veloz

    • andhikalady

      fitur gx apa saja?

      suzuki ciaz dijual dg harga berapa?

    • Luthfi Muamar

      fitur – fitur lama, kaya kamera parkir & 3 tv ( 1 dashboard + 2 di kursi ), apakah masih ada ?

    • sue

      sumpeh lo?

    • sue

      sumpeh lo?

  • Eko Nukman

    Tenaga (HP) memang turun, tapi kalo torsi naik dan final gear naik, jadinya bisa lebih irit.

  • Mika Hendrawan

    serius deh gw udah ngebet mau ke GIIAS liat ini mobil… eh kecewa duluan… sori Suzuki, saat ini ane lagi sibuk browsing2 ANGL & Mobilio dulu yaaaa

    Selamat menikmati blunder… ane kecewa :tepokpantat

  • Math

    Ga menarik ga kreatif….kegagalan suzuki berlanjut…cukup hanya sukses jadi angkot…

  • Mika Hendrawan

    Sumpah, labil banget nih Suzuki bikin facelift… kemarin sengaja ke GIIAS buat SPk ini mobil… eh unit yg didisplay katanya blm ada yg terbaru…

    ane : yg GX AT facelift mana mba/mas? (disamarkan biar ga kena marah ATPM salesnya)
    sales : yg itu GX bodinya facelift, tp interior masih lama
    ane : yg diatas warna burgundy? (sambil nunjuk mobil di panggung)
    sales: yg itu GX AT facelift full facelift interiornya
    ane : liat donk mba/mas?
    sales: maap pak yg itu ga boleh diliat
    ane : hah? (dalem hati bilang : itu facelift kan mobil massal bukan konsep, masa diliat ga boleh… ngapain dipajang? kasian yg mau beli dateng2 ga boleh liat… gubrak…

    ngeloyor ke Nissan SPK X Gear

  • Yusak Natanael Manuputty

    Ertiga bisa ngalahin Mobilio, Avanza, Xenia dan Grand Livina itu sesuatu yaaa….

  • Hamid

    Yang ini ga ada ABS bang