FIA Akhirnya Setujui Desain Mobil F1 Dengan Proteksi Kokpit, Hadir 2017!

FIA Akhirnya Setujui Desain Mobil F1 Dengan Proteksi Kokpit, Hadir 2017!
0  komentar
mercedes-benz-halo-style-cockpit

AutonetMagz.com – Kami cukup senang jika mobil F1 kini bisa lebih aman bagi para pembalap, karena banyak yang mengharapkan Rio Haryanto bisa menjadi Ayrton Senna-nya Indonesia jika ia tetap maju tahun depan. Kami sih juga mau Rio Haryanto bisa sejajar dengan Ayrton Senna sang legenda, tapi kami tidak mau kalau Rio harus meninggal seperti Ayrton Senna. Maksudnya, boleh sama jago, sukur-sukur lebih jago, tapi jangan sama nasib sialnya.

Dulu kami sempat memberitakan soal rancangan mobil F1 yang memiliki konstruksi baru untuk melindungi kokpitnya, yakni semacam kanopi untuk menjaga kepala pembalap dari luka parah. Nah, konsep pengamanan yang sudah dianimasikan oleh Mercedes-Benz serta McLaren ini rupanya sudah dapat lampu hijau dari FIA untuk dipakai di musim depan. Selain lebih aman, mobil F1 2017 juga akan dibuat lebih kencang.

mercedes-benz-halo-style-cockpit-mekanisme

Mobil F1 2017 nantinya akan memperlebar tapak ban depan, dari 245 mm jadi 350 mm, sementara tapak ban belakang juga diubah dari 325 mm jadi 405 mm. Sayap depan mobil F1 2017 juga akan lebih lebar 150 mm untuk menambah downforce, sebagai tindak lanjut dari sayap belakang yang nantinya akan lebih pendek 150 mm dan lebih lebar 200 mm.

Overall, mobil musim 2017 akan lebih lebar, dari yang tadinya 1.400 mm menjadi 1.600 mm, diffuser belakangnya juga akan lebih tinggi dan lebar. Karena mobilnya membesar, berat minimum mobil F1 berikut bannya hanya akan diizinkan hingga 750 kilogram saja, naik 48 kilogram dari aturan sekarang yang membatasi pada 702 kilogram.

mclaren mp4-x

Meski FIA sudah oke, tapi jenis ubahan yang akan diaplikasikan pada semua mobil F1 nanti harus diratifikasi lagi oleh World Motor Sport Council, dan hal itu akan berlangsung pada tanggal 30 April nanti. Sip, dengan begini, setidaknya Rio Haryanto bisa lebih pede menggeber MRT05-nya tahun depan, karena tingkat keselamatan sudah ditingkatkan.

rio haryanto

Dan Rio, melintir saat latihan atau ada selisih agak besar dengan mobil F1 yang baru dicoba sebentar itu hal biasa, jangan sampai bikin patah semangat. Mobil F1 memang levelnya beda, dan toh ini baru awal, kami mengerti susahnya mobil itu dan kami mengerti, anda sedang berusaha mengenali karakter mobil. Kami pun kalau disuruh mengendarai mobil F1 di game, kalau tidak ada bantuan komputer, mungkin tikungan pertama saja kami sudah melintir. Itu baru di game lho.

Apapun hasilnya, kami tetap mendukung dan bangga akan Rio Haryanto. Go Rio!

Read Prev:
Read Next:
  • Aryo Wicaksono

    berat maksimum 750 kilogram enak dong, Bang, bisa bikin mobil formula lebih ringan dari sekarang. :v (Bang Hilsat, mohon dikoreksi maksimum jadi minimum)

    • Hillarius Satrio

      sip, udah dibenerin, makasih udah diingetin

      • nusantara nusantara

        miminnya rajin juga, tiap komen di plototin, nice gan

  • Enrile Indro Prasetyo

    Konsep MP4-X McLaren atau Red Bull X1 lebih pas, karena pake wind shield. Jadi seperti mobil-mobil Tamiya..

    • 206er

      Kalau pakai windshield malah susah kalau kecelakaan sampai terbalik, kalau pake semi-windshield tiangnya mengganggu pandangan

      Lagian kalau mau melindungi driver kayanya perlu kaca anti peluru soalnya objek bekas kecelakaan F1 bisa terbang lebih dari 300 km/jam

      Kalau soal skill sih rasanya pembalap dulu sama sekarang pasti beda, soalnya jaman Senna mobil F1 masih pake tuas transmisi, belum pakai paddle shift, dan juga alat bantu elektronik masih sedikit.

      Kalau mau tahu susahnya bawa mobil F1, bisa cek Top Gear, waktu itu Hammond pernah bawa mobil F1, itu pun ga bisa (atau ga berani) gas pol

      • Enrile Indro Prasetyo

        Kalo gak pake wind shield lebih parahlah.. Felipe Massa kena serpihan dalam kecepatan tinggi langsung kepala, walaupun pake helm tetep cederanya parah.. Jules Bianchi akhirnya meninggal, karena kena kepala duluan waktu nabrak alat berat dalam kecepatan tinggi. Kalo ada wind shieldnya paling tidak akan mengurangi efek cedera kepala secara langsung karena gak langsung kena. Kalo terbalik malah lebih aman kendaraan yang pake wind shield, contoh Anthony Davidson waktu melayang, terbalik, trus nabrak tire barrier dalam balapan Le Mans 24 Hour tahun 2012 pake mobil LMP1 Toyota TS030 gak kenapa-kenapa, wind shieldnya juga gak pecah.
        Lihat deh di youtube…

  • Buzzera

    Kenapa ga sekalian mesin nya diubah lagi

    • Aryo Wicaksono

      oh, urusan mesin tahun 2018 pasti berubah, kok. ini masalah keselamatan nomor satu, jadi diubah duluan.

  • nusantara nusantara

    hmmm, olah raga otomotif memang harus aman, untuk F1, jalan bisa lebih dari 350 kpj, kira2 bahan apa yang sangat kuat tapi ringan, carbon fiber?, 2014 Jules Bianchi meninggal dikecepatan 120 kpj (klo gak salah), F1 pakai canopy mungkin bertambah aman, tapi seandainya boil terbakar tentu akan menambah waktu driver keluar dari ruang kemudi (yang sempit), kayaknya harus dipikirin yg ini

  • farid

    Dan rem ABS jangan disunat untuk mobil F1 tahun 2017,hingga ketika pembalapnya menuntut maka dibuat peraturan kembali agar mobil F1 pake rem ABS ditambah aksesori chrome wkwkwkwkwkwk…

  • farid

    Kalau mengendarai mobil F1 di game gak akan gampang melintir lho,kalau di settingannya VSC dan traction control diaktifkan secara full dan ABS yg paling penting.kalau merasa terlalu gampang mengendalikannya maka steering assist dan brake assist dinonaktifkan biar bisa dikendalikan sendiri tanpa bantuan komputer.
    *pengalaman main game F1 2002

  • motomobi

    Terlalu banyak gimmix mag gak seru jadinya,mending nonton motogp adrenalinnya mantab,saya suka motogp dan turbo

  • Gemilang Hmr

    menurutku sekalian kasih airbag saja 3sisi …kiri kanan depan. . . .. . . :v :v trus tidur deh….zzzz…..Finish … go R88

    • MINI

      Bener tu bisa langsung tidur ampek selamanya. Ckckckckckkkkk