Driving Impression Wuling Confero S : Pembuktian 142 Kilometer

Driving Impression Wuling Confero S : Pembuktian 142 Kilometer
0  komentar

AutonetMagz.com – Dataran eksotis pulau dewata menjadi saksi bisu akan pengujian Low MPV baru dari China, yakni Wuling Confero S. Ya, inilah “perusak pasar” yang diklaim bakal membuat MPV sekelasnya yang bermerek Jepang ketar-ketir dan terlihat kemahalan. Bertolak dari Jakarta pagi hari dan sampai di Bali 1,5 jam kemudian, 9 buah Wuling Confero S berbagai tipe sudah siap menyambut, di antaranya 6 mobil tes dan sisanya mobil kru.

Hari pertama, kami dibawa ke Dealer Wuling Bali yang berlokasi di Jl. Gatot Subroto Timur No.234, Denpasar. Sekilas penjelasan di dealer tersebut termasuk fitur-fitur Wuling Confero S seperti tire pressure monitoring buat memantau tekanan ban, 4 rem cakram, ABS, EBD, remote window opening, head unit dengan kemampuan mirroring pakai kabel HDMI dan opsi jok kulit beserta captain seat, di mana ini cukup langka di kelasnya.

Hanya saja, pembeli tidak bisa membeli tipe captain seat dengan bahan jok fabric. Jika mau captain seat, otomatis bahan jok ganti dari fabric jadi kulit. Berlanjut lagi, Wuling sendiri mengklaim harga suku cadang resmi mereka lebih murah 20% dibanding merek sekelas. Sebagai deskripsi, oli mesin resmi Wuling yang 4 liter harganya 270 ribu Rupiah di Bali, oli gardan Wuling sekitar 110-115 ribu Rupiah di Bali dan oli transmisinya 55 ribu Rupiah di bali. Bagaimana tuh?

Lanjut dari dealer, perjalanan 3 hari 2 malam ini dimulai dengan membawa Wuling Confero S ini ke Pantai Serangan. Kontur jalanan di sini agak keriting, berpasir dan tidak rata. Di sini bantingan Wuling diuji, dan rasanya mobil ini punya bantingan yang sedikit kaku, namun soal kenyamanan masih lumayan andal. Mungkin dibuat kaku supaya MPV besar dan jangkung ini tidak mudah terguling kala manuver mendadak.

Di lokasi tersebut, perwakilan Wuling Motors melepaskan bayi penyu a.k.a Tukik yang merupakan potret dari komitmen jangka panjangnya di Tanah Air. Lalu ditutup dengan rute ke Desa Visesa Ubud. Hari kedua, kami beranjak ke Secret Garden Village untuk melihat cara pembuatan sabun plus kerajinan sabun dan beragam kopi yang beredar di Indonesia. Kami juga diajarkan cara menilai dan menikmati kopi, plus cara membuat latte art yang kelihatannya gampang, tapi ternyata susah.

Setelah itu, acara berlanjut dengan mendatangi Puri Taman Sari, dan dari sinilah kami bisa merasakan mesin, visibilitas dan kontrol Wuling Confero S. Mesin 1.500 cc 4 silinder P-TEC DVVT bawaanya menghasilkan tenaga 107 hp dan torsi 142 Nm. Angka yang moderat, dan rasanya pun demikian. Tidak ada yang spektakuler dari mesin ini, tidak kencang namun juga tak begitu layak dibilang lambat. Buat penggunaan sehari-hari, takkan ada kekurangan berarti soal mesin.

Penasaran berapa konsumsi BBM rata-rata versi MID? Sayang, MID Wuling tidak punya info konsumsi BBM rata-rata, di mana rival-rivalnya mungkin sudah punya. Ada baiknya untuk ditambahkan info ini di MID-nya nanti. Perpindahan giginya tidak solid, tuas masih terasa goyang-goyang bahkan saat posisi masuk gigi. Satu yang bisa dinikmati lagi adalah pedal koplingnya yang super enteng, bahkan dibanding rivalnya. Rasanya seperti menginjak bulu angsa.

Mengenai pengendalian, Wuling Confero S punya setelah setir yang ringan, ringan sekali. Berputar patah atau putar balik dengan mobil ini masih bisa dieksekusi dengan lancar dan mudah. Body roll Confero saat bermanuver masih terdeteksi, namun wajar untuk mobil keluarga setinggi ini. Visibilitas? Luar biasa. Melihat ke manapun pemandangannya jelas berkat kaca yang besar, belum lagi berkat spion tengah yang cerminnya sedikit lebih cembung dibanding rival.

Di Puri Taman Sari, awak jurnalis melihat dan dijelaskan langsung rumah adat Bali serta cara membuat Gebogan. Gebogan merupakan suatu bentuk persembahan berupa susunan dan rangkaian buah buahan, jajanan dan bunga yang dikreasikan oleh masyarakat Hindu di Bali. Oh ya, tidak ada ceritanya kehabisan baterai di Wuling Confero, karena setiap baris kursi dibekali port charger sehingga bisa mengisi ulang gadget anda (asal bawa kabelnya).

Kami harap acara ini dapat memberikan gambaran sensasi kenyamanan berkendara jarak jauh dengan Confero S yang selama ini telah dinanti-nantikan oleh masyarakat. Dalam kegiatan ini, Wuling Confero S sukses menempuh jarak 142 km tanpa mengalami kendala sehingga pelanggan tidak perlu khawatir akan kenyamanan berkendara bersama The Real Spacious Family MPV,”  kata Dian Asmahani selaku brand manager Wuling Motors. Kami akan rangkum artikel driving impression ini jadi 1 artikel review. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: