Datsun mi-DO, Hatchback Murah Datsun Siap Melenggang

by  in Mobil Baru
Datsun mi-DO, Hatchback Murah Datsun Siap Melenggang
0  komentar
Cover-Datsun-mi-DO

AutonetMagz.com – Di Indonesia, Datsun mengandalkan GO Panca yang baru diluncurkan beberapa hari lalu sebagai jagoan mereka di segmen LCGC Hatchback selain GO+ Panca yang merupakan mobil 5+2 seater yang sudah mengaspal lebih dulu, namun bila GO Panca masih kurang sreg bagi anda, mungkin anda perlu mengenal Datsun mi-DO yang baru diluncurkan di Rusia.

Datsun-mi-DO-

Datsun mi-DO adalah hatchback 5 pintu yang dikembangkan dari sedan On-DO, dengan wheelbase, panjang dan lebar yang sama, tapi versi tanpa buntut ini lebih pendek 387 mm. Datsun memberikan beberapa detail pemanis untuk menjadikan model ini berbeda dari versi sedannya. Contohnya, mi-DO memiliki headlamp yang lebih sipit dan housing foglamp berbentuk trapesium.

Datsun-mi-DO-rear-quarter

Begitu pula di belakangnya, lampu remnya dibuat lebih kecil daripada On-DO dengan lampu sein dan lampu mundur yang meninggi di pilar D dilabur mika berwarna putih. Agak aneh sebetulnya, apalagi bila mobil ini dilabur warna putih, mungkin lampu ini akan tersamarkan, namun setidaknya kita bisa menemukan lubang kunci untuk membuka pintu bagasi yang absen di Datsun GO maupun GO+ Panca versi Indonesia, jadi kita tidak harus membukanya dari tuas di bawah pintu pengemudi. Selebihnya, mi-DO masih sama persis dengan saudaranya yang berwujud sedan.

Interior-Datsun-mi-DO

Interiornya terlihat lebih baik daripada GO Panca. Untuk pasar Rusia, mi-DO diperkaya dengan AC yang dilengkapi pengatur arah hembusan dan pengatur suhu, serta layar besar di tengah dasbor dan MID yang terbilang komplit, tak ketinggalan power window di keempat pintu serta penghangat jok dan spion untuk mengimbangi iklim Rusia yang dingin.

mekanisme-bangku-datsun-mi-DO

Ada yang unik dengan mekanisme pelipatan bangku belakangnya, sebab sandaran punggung dan paha mobil ini dapat dilipat secara terpisah, sehingga saat menginginkan ruang bagasi lebih, kita harus melipat maju sandaran pahanya terlebih dahulu, barulah kita melipat sandaran punggung jok belakang seperti biasa. Mungkin agak janggal bagi sebagian orang, namun mekanisme pelipatan ini layak diapresiasi untuk ukuran mobil murah dan untuk urusan safety, Datsun membekali mobil ini dengan dual airbag dan ABS. Mesin mi-DO masih sama dengan on-DO, yaitu unit 1.600 cc 87 HP dengan transmisi manual 5 speed dan otomatis 4 speed.

Datsun-mi-DO-panning

Datsun telah mencatat 3.000 pesanan untuk mobil ini, dan akan hadir di seluruh dealer Datsun Russia pada awal tahun 2015. Bila anda bisa memilih, apakah anda tetap memilih GO Panca atau ingin merayu Datsun Indonesia agar mobil ini menggantikan GO Panca? Silakan sampaikan pendapat anda di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next:
  • Dinkum

    Kenapa bukan yang ini yang masuk Indonesia… ngga usah harga LCGC asal harga masuk akal gw mau banget

    • Karena Datsun Mi-DO ini mobil yang berbagi platform dengan mobil Lada Granta di Rusia. Jadi memang dibuat oleh Datsun untuk memasuki pasar Rusia dan sekitarnya.

      Berbeda dengan Datsun GO yang ada di Indonesia yang memang dipersiapkan juga untuk pasar global

  • Rudi Khoirudin

    ini mah sekelas Picanto , Mirage , Splash ….

    • Michael

      beda donk.

      Kia Picanto, Mitsubishi Mirage, dan Suzuki Splash kan bermesin 1200cc. Sedangkan Datsun mi-DO bermesin 1600cc.

    • Beda donk

      kalau Mitsubishi Mirage, Kia Picanto, dan Suzuki Splash kan sama-sama bermesin 1200cc. sedangkan Datsun mi-DO bermesin 1600cc

      • Hillarius Satrio

        entahlah sebenarnya agak membingungkan juga, sebab mesinnya 1600 cc tapi tenaganya hanya 87 HP saja, lalu mau masuk segmen mana juga agak bingung, sebenarnya kalau dari kubikasi sih ini sebandingnya sama swift, rio dkk

  • accel

    kubikasi mesin 1600 CC ? tapi tenaga jauh dibawah kelas hatchback 1500 CC yang wira wiri di Indonesia. Kalo dijual disini, pasti masuk skema Non LCGC. andaipun mau dijual disini, musti bersaing dari segi harga kayaknya. Mending datsun bikin mini-crossover aja sebagai varian baru jualannya.

  • nawilisban

    Pasar Rusia nggak bakalan masuk sini… percaya deh

  • Lucky

    Sepertinya mesin nya cuma punya 2 valve per silinder, makanya power nya kecil, seperti mobil saya disini (Chile) VW Gol (bukan golf yah..) kubikasi nya 1600cc tapi power hanya 101HP.

  • Muhammad Syarief Hidayat

    Menurut gue ini kayaknya agak xpensive klo buat LCGC class…degh ,melihat interior serta MID sistem dgn big screen di dashboardnya yang memang waah kayaknya…??? pas ga ya klo ” si stir bulat” ini masuk LCGC class di Indonesia….!!!