Daihatsu Hijet Rayakan HUT-nya Yang Ke-60!

by  in Berita&Daihatsu&International
Daihatsu Hijet Rayakan HUT-nya Yang Ke-60!
0  komentar

Autonetmagz.com – Daihatsu Hijet bisa dibilang salah satu mobil komersil yang menjadi tulang punggung Daihatsu sejak awal pabrikan asal Jepang tersebut berdiri. Lantas untuk merayakan HUT si Daihatsu Hijet, yuk kita bahas sejarah singkat mobil ini.

Untuk mengetahui sejarah dari Daihatsu Hijet kita harus putar balik waktu ke tahun 1960, dimana Daihatsu Hijet memulai hidupnya sebagai mobil pickup kecil yang masuk kedalam kategori kei car. Daihatsu Hijet generasi pertama dengan kode chasis L35/L36 memiliki dua jenis bodi yaitu van dan pickup. Mobil ini bertujuan untuk menggantikan Daihatsu Midget yang dikenal di Indonesia sebagai “Bemo”. Generasi Daihatsu Hijet pertama diproduksi selama enam tahun dari 1960 hingga 1966 dan bisa dibilang mobil ini cukup sukses saat dirilis dikarenakan harganya yang murah dan mesinnya yang irit. Apalagi statusnya sebagai mobil komersil yang handal membuatnya cukup laku.

Kemudian pada tahun 1966, Daihatsu merilis Hijet generasi kedua dengan kode chasis S35/S36 dimana ia mendapatkan varian baru dalam bentuk cabover. Daihatsu mengambil inspirasi dari Volkswagen Type 2 dan Ford Econoline. Dua tahun kemudian pada 1968 Daihatsu merilis generasi ketiga dengan kode chasis S37 namun bisa dibilang generasi ini hanya sebuah facelift dengan beberapa perubahan terhadap penampilan. Setelah itu Daihatsu Hijet berlanjut hingga generasi ke-10 dimana ia mendapatkan tambahan-tambahan fitur yang lebih modern dan desain bodi yang lebih modern namun tetap menyimpan ciri khas bentuk kotaknya.

Daihatsu Hijet sendiri mulai pada generasi ke-4 sudah mulai fokus menambahkan varian untuk mengangkut penumpang dikarenakan minat yang meningkat untuk model tersebut. Lantas setelah 60 tahun, Daihatsu Hijet berhasil terjual sebanyak 7,4 juta unit dan menjadi salah satu mobil terpenting dalam sejarah Daihatsu. Di Indonesia sendiri mobil ini sudah ada sejak tahun 1972 dan masih ada dalam bentuk Daihatsu Gran Max dan telah menjadi salah satu mobil niaga/penumpang paling populer di Tanah Air. Dengan banyaknya populasi Daihatsu Gran Max serta Hijet generasi-generasi awal di Indonesia, bisa dibilang mobil ini akan tetap jalan hingga belasan tahun kedepan.

Bagaimana menurut kalian soal Daihatsu Hijet? Apakah kalian pernah berpengalaman menggunakan Daihatsu Hijet? Tulis di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: