Chery Resmikan Tambahan Investasi di Indonesia, Produksi BEV Dimulai!

by  in  Berita & Cherry & Merek Mobil
Chery Resmikan Tambahan Investasi di Indonesia, Produksi BEV Dimulai!
0  komentar

AutonetMagz.com – Setahun setelah resmi menjual produknya di Indonesia, Chery Sales Indonesia (CSI) selaku APM Chery di Tanah Air kembali meningkatkan investasi mereka. Malahan, kali ini investasi yang digelontorkan lebih serius karena terkait dengan pengembangan teknologi EV rakitan dalam negeri. Yap, Chery akan segera memproduksi BEV di Indonesia, dan bisa kita tebak bahwa produk pertamanya adalah Chery OMODA 5 EV. Yuk kita bahas.

Komitmen Chery Produksi BEV Setir Kanan

Jadi, Chery baru-baru ini melakukan prosesi penandatanganan surat pernyataan niat atau letter of Intent (LoI) bersama Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ditjen ILMATE), Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin). Penandatanganan ini dilakukan oleh Qu Jizong, Executive Vice President dari PT Chery Sales Indonesia dan Hendro Martono, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan (IMATAP) yang mewakili Ditjen ILMATE Kemenperin). Oiya, acara ini secara spesial juga dihadiri oleh Chairman & CEO Chery Automobile, Mr Yin Tongyue.

Dengan ini, Chery menyatakan siap mendukung langkah percepatan pembentukan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), dimana BEV merupakan salah satu produk yang masuk dalam radar Chery. “Penandatangan LoI ini merupakan bentuk penegasan komitmen kontribusi Chery kepada industri otomotif Indonesia, terutama untuk mendukung percepatan pembentukan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Dalam satu tahun kehadiran di Indonesia, kami semakin yakin bahwa Chery dapat terus bertumbuh bersama pemerintah, mitra, dan konsumen Indonesia. Oleh karena itu, kami akan menjalankan komitmen untuk berinvestasi melalui produksi kendaraan listrik di Indonesia dan pendistribusiannya ke negara-negara setir kanan,” ujar Qu Jizong, Executive Vice President, PT Chery Sales Indonesia.

Dapat Dukungan Penuh Pemerintah

Menanggapi niat positif dari Chery, Pemerintah Indonesia lewat Kemenperin juga akan mendukung langkah Chery untuk memproduksi lokal BEV. Dukungan yang akan diberikan oleh pemerintah bertujuan untuk peningkatan kapasitas produksi secara berkelanjutan. Selain itu, dukungan juga akan memberdayakan komponen industri kecil dan menengah sebagai bagian dari global supply chain, serta terwujudnya peningkatan ekspor KBLBB produksi dalam negeri. Chery sendiri berkomitmen untuk memproduksi BEV dengan TKDN yang sesuai dengan ketentuan Pemerintah. Dan salah satu produk paling dekat dengan skema ini adalah Chery OMODA 5 EV yang prebooking-nya sudah dibuka sejak Agustus silam.

Mobil ini dijadwalkan hadir di awal tahun 2024 mendatang, antara bulan Januari hingga Februari dengan status CKD alias rakitan lokal. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: