Changan Suzuki Perkenalkan Vitara Star Edition, Masih Jualan?

Changan Suzuki Perkenalkan Vitara Star Edition, Masih Jualan?
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah bukan rahasia lagi bagi kita jikalau pasar terbesar bagi Suzuki saat ini ada di Negeri Bollywood, India. Yap, pasar India yang digarap oleh Maruti Suzuki membuat banyak mobil yang dijual di tanah air pun berkiblat pada model di India sana. Selain itu, tingginya pasar India juga membuat Suzuki harus mengalihkan perhatian lebih ke sana dan memilih untuk meninggalkan salah satu pasar yang menurut kami potensial yaitu pasar otomotif China. Setidaknya itu yang kami pikirkan pada pertengahan tahun 2018 ini dimana pihak Suzuki memutuskan untuk cabut dari China, namun kabar terbaru nampaknya membuat kami harus merevisi pernyataan kami sebelumnya.

Kabar apa? Kalian tentunya sudah membacanya di judul, dimana Changan Suzuki yang merupakan salah satu JV alias Joint Venture Suzuki di China baru saja memperkenalkan Suzuki Vitara Star Edition. Lho? Katanya sudah keluar dari China, kok sekarang malah bikin produk baru? Jadi, kalau kita sedikit runtut lagi cerita ke belakang, pihak Suzuki merasa bahwa penjualan mereka di China agaknya kurang merepresentasikan besarnya pasar China. Pihak Suzuki sendiri memiliki dua JV yaitu Changan Suzuki dan Changhe Suzuki dan nama terakhir adalah yang lebih kecil dari sisi penjualan. Sedangkan Changan Suzuki sendiri masih bisa bertahan berkat penjualan dari Suzuki Baleno dan Suzuki Ignis yang terbilang oke di China. Oleh karenanya, pihak Changan Suzuki masih berharap pihaknya diperbolehkan untuk mewakili Suzuki di China untuk memasarkan produk – produk dari pabrikan berlogo S tersebut. Nah, dengan munculnya Suzuki Vitara Star Edition, nampaknya pihak Changan Suzuki mendapatkan lampu hijau dari prinsipal Suzuki di Jepang.

Jadi, itu adalah latar belakangnya, namun kami masih menunggu bagaimana kejelasan nasib dari Changan Suzuki sendiri. Oke, skip, kita bahas saja mobil yang baru ini. Pada dasarnya, Suzuki Vitara Star Edition bukanlah sebuah varian facelift seperti Suzuki Vitara versi Australia yang beberapa minggu lalu diperkenalkan. Suzuki Vitara Star Edition merupakan Suzuki Vitara pre-faceilift yang diberikan beberapa upgrade khusus. Upgrade yang paling kentara adalah penambahan warna baru yang juga spesial di versi ini yaitu Special Amber Gold. Selain itu, Suzuki Vitara Star Edition juga mendapatkan grille model baru yang berlapis krom dan juga aksen berbentuk huruf C berwarna hitam yang ada di bumper depannya. Selain itu, mobil ini juga mendapatkan rear spoiler. Sebagai varian tertinggi, Suzuki Vitara Star Edition juga mendapatkan beberapa fitur lain seperti lampu LED, LED DRL, dan juga lampu belakang LED.

Tak cukup sampai disana, Suzuki Vitara Star Edition diperlengkapi dengan velg palang lima berukuran 17 inci yang sudah dilabur warna dual tone. Selain itu, Suzuki Vitara Star Edition juga diberi komponen kemewahan macam dual panel panoramic sunroof, silver roof rails, dan juga beberapa komponen lainnya. Masuk ke sisi interior, pihak Changan Suzuki nampaknya ingin menyelaraskan warna dengan sisi eksteriornya dan voila, jadilah interior mobil ini berwarna gold, silahkan nilai sendiri apakah cakep atau tidak. Bagian – bagian di interior yang dilabur warna emas sendiri antara lain adalah panel di dashboard, di konsol tengah, di sekeliling kisi AC dan jam analog di tengah, di doortrim, serta di bahan pembungkus jok-nya. Ubahan lain yang agak tak kasat mata adalah pada sistem infotainment-nya yang mendukung fitur Android CarLife. Untuk mesin, Suzuki Vitara Star Edition mash mengandalkan mesin 1.400cc Boosterjet Turbo yang bertenaga 140PS dan bertorsi 220 Nm.

Opsi transmisi yang ditawarkan di Suzuki Vitara Star Edition ini adalah otomatis dan manual yang kesemuanya punya 6 percepatan. Sedangkan sistem geraknya hanya dua roda saja, karena sistem gerak Suzuki Allgrip 4WD tak ditawarkan di mobil ini. Suzuki Vitara Star Edition sendiri mulai dijual dengan harga RMB 134.800 atau setara 291 jutaan Rupiah untuk versi manual dan RMB 142.800 atau setara 308 jutaan Rupiah untuk versi matik. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Sumber : IndianAutosBlog

Read Prev:
Read Next: