Carsome Paparkan Tips Untuk Menjaga Peforma Mobil

by  in  Berita & Nasional & Tips
Carsome Paparkan Tips Untuk Menjaga Peforma Mobil
0  komentar

AutonetMagz.com – Periode liburan Natal & tahun baru (Nataru) baru saja berlalu. Momentum ini mengingatkan para pemilik mobil untuk melakukan pengecekan dan servis mobil pasca liburan agar peforma mobil kembali terjaga. Apalagi momentum lebaran juga tidak lama lagi, sehingga bila mobil akan digunakan sudah dalam keadaan baik. Karena mobil mungkin saja akan ‘disiksa’ dengan kemacetan berjam-jam. Nah, maka dari itu Carsome menyoroti enam komponen teratas yang wajib dicek untuk mengembalikan performa mobil Anda agar siap menemani rutinitas Anda.

1. Filter Utama Mobil

Terdapat empat komponen seperti filter oli, filter udara, filter bahan bakar, dan filter AC. Komponen filter tersebut sangatlah vital dan memiliki efek samping penurunan performa bila tidak dirawat. Keempat filter tersebut berfungsi untuk mencegah masuknya debu dan kotoran yang menyumbat sirkulasi. Sehingga tidak menghambat kinerja mesin dan mengganggu kenyamanan berkendara.

2. Rem

Lakukanlah secara berkala pengecekan terhadap komponen rem pada mobil Anda. Termasuk diantaranya minyak rem, kanvas, dan selang pada rem. Kompnen ini cukup vital karena ‘hidup dan mati’ dari pengendara ada pada komponen ini. Bila komponen ini malfungsi maka akan membahayakan pengendara dan orang disekitarnya.

3. Ban

ban merupakan tumpuan utama sebuah mobil. Pengecekan berkala terhadap tekanan udara ini cukup penting. Karena seringkali kita melewati kondisi jalan yang tidak dapat diprediksi, juga penumpang dan barang bawaan yang memenuhi mobil. Anda juga perlu untuk segera mengganti ban mobil jika kondisinya sudah terlihat menipis, bisa dilihat dari tyre wear indicator, yang terletak pada alur ban. Bila sudah rata, maka wajib diganti.

4. Kaki-kaki

Pernahkan saat anda mengendarai mobil terasa tidak stabil bergerak liar ke kiri atau kanan? Bisa jadi ada masalah pada kaki-kaki mobil. Masalah pada kaki-kaki mobil mungkin muncul ketika setir terasa bergetar tidak wajar atau ketika terdengar bunyi saat berputar atau berbelok. Apabila Anda merasakan ciri-ciri tersebut, lakukan pengecekan pada tie road dan long tie road.

5. Aki

Aki merupakan penyuplai daya listrik untuk komponen-komponen elektrikal di mobil. Jika menggunakan aki basah, cek secara rutin apakah volume air aki masih dalam kualitas aman?. Sedangkan bila menggunakan aki kering (maintenance free), bisa dilihat dari suara mesin yang ditimbulkan pada saat mobil dinyalakan (starter).

6. Bersihkan Kabin dan Bagasi

Seringkali kita membawa banyak barang yang berpotensi kotor ke dalam mobil. Terutama komponen yang memiliki kontak langsung dengan kaki. Untuk menjaga kebersihan kabin mobil, bisa dilakukan menggunakan vaccum cleaner untuk mengusir debu dan kotoran pada interior. Penyemprotan desinfektan juga dapat dilakukan secara rutin untuk melindungi Anda dan keluarga dari virus dan bakteri.

Demikian Tips yang diberikan oleh Carsome. Semoga tips yang disebutkan diatas dapat membantu dan memberikan semangat tambahan untuk anda dalam menjalani kembali rutinitas dengan berkendara di 2023!

Read Prev:
Read Next: