3 Aspek Keselamatan Utama Saat Mengisi BBM di SPBU

by  in  Berita & Nasional & Tips
3 Aspek Keselamatan Utama Saat Mengisi BBM di SPBU
0  komentar

AutonetMagz.com – Bagi setiap pengendara, mengisi bahan bakar menjadi aktivitas yang rutin dilakukan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengisi bahan bakar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan. Aktivitas pengisian bahan bakar ini sangat rentan dengan sumber api. Itulah sebabnya ada sejumlah peraturan yang diterapkan oleh pengelola SPBU demi menjaga keselamatan dan keamanan semua pihak.

Larangan yang Harus Diperhatikan

Bensin dan bahan bakar lain yang diniagakan di SPBU adalah minyak bumi yang mudah menguap dan mudah terbakar (flammable). Itu sebabnya setiap pihak yang berada di area SPBU wajib mematuhi standar dan persyaratan keselamatan yang berlaku. Salah satunya larangan merokok, pada saat melakukan pengisian bahan bakar, terdapat uap bahan bakar atau mungkin tetesan bahan bakar. Jika tersambar, api dari rokok yang menyala berpotensi menyulut api yang lebih besar sehingga dapat mengakibatkan kebakaran.

Selain itu, hindari mengoperasikan gadget atau smartphone. Kecuali saat sedang melakukan transaksi cashless atau pembayaran menggunakan uang elektronik. Melakukan atau menerima panggilan telepon saat berada di area SPBU sangat berbahaya sebab smartphone mengeluarkan sinyal dengan frekuensi yang cukup tinggi. Bila terkena uap bahan bakar dapat memungkinkan munculnya bunga api yang sangat kecil. Meski kecil namun sumber api bisa menjalar dan menimbulkan kebakaran.

Wajib Matikan Mesin

Salah satu standar keselamatan pengisian bahan bakar di SPBU yang sering diabaikan oleh pengendara adalah mematikan mesin kendaraan. Saat mesin menyala, panas mesin, kelistrikan, pengapian mesin (busi) dan proses lainnya yang berkaitan dengan proses kerja mesin sangat berpotensi menjadi sumber api. Mematikan mesin saat melakukan pengisian bahan bakar dapat meminimalkan risiko timbulnya api. Tidak sedikit pengendara yang memilih membiarkan mesin dalam kondisi hidup saat mengisi bahan bakar sebab tidak ingin AC mati dan mengurangi kenyamanan penumpang di dalam kabin.

SPBU BP-AKR, sangat menngedepankan soal keamanan dan keselamatan sebagai prioritas utamanya. Yakni melalui penerapan HSSE (Health, Safety, Security & Environment). Di setiap SPBU BP-AKR, para pengendara diingatkan perihal keamanan dan keselamatan melalui tanda-tanda petunjuk yang harus diperhatikan pada saat mengisi bahan bakar. Masalah keamanan dan keselamatan di SPBU menjadi hal penting. Untuk menumbuhkan budaya disiplin para pengendara selama di SPBU maka perlu upaya bersama dan langkah-langkah sosiasalisasi secara berkelanjutan.

Read Prev:
Read Next: