BYD Yuan UP : Calon SUV Listrik Pesaing HR-V?

by  in  Berita & BYD & International
BYD Yuan UP : Calon SUV Listrik Pesaing HR-V?
0  komentar

AutonetMagz.com – Apakah kalian berpikir bahwa BYD Atto3 adalah rival yang sepadan dengan Honda HR-V, Hyundai Creta, ataupun Toyota Yaris Cross? Kalau iya, mungkin karena peluang harganya yang ditengarai tak berbeda jauh. Namun, sebenarnya BYD Atto3 punya bodysize seukuran Toyota Corolla Cross, Subaru Crosstrek dan Mazda CX-30 lho. Sedangkan jagoan BYD untuk B-Segment SUV sebenarnya adalah BYD Yuan UP, atau yang santer dikabarkan akan dipanggil BYD Atto2. Yuk kita bahas.

Desain Main Aman BYD Yuan UP

BYD telah resmi merilis foto-foto official dari BYD Yuan UP. Dan dengan foto-foto ini, kita bisa coba telisik apa saja hal yang menarik dari crossover bertenaga setrum ini. Secara desain, BYD Yuan UP masih meneruskan desain wajah ala dragon face yang jadi ciri khas Dynasty Series dari BYD. Lampu depannya sipit dengan bentuk yang dibuat senada dengan grille tengahnya yang diberi warna hitam. Bumpernya nampak minimalis dengan pahatan tajam di sisi kanan dan kiri. Namun, di lower grille diberi laburan hitam serta terlihat ada guratan yang cukup tegas dan kesannya agak over.

Pindah ke sisi samping, pilar A hingga D di BYD Yuan UP sekilas mengingatkan kami pada sejumlah B Segment SUV yang ada di Indonesia. Yap, sekilas mirip dengan Mitsubishi Xforce ataupun Hyundai Creta. Ada body cladding khas crossover, dan terlihat guratan di side body moulding yang dibuat senada dengan guratan di lower grille depannya. Velg yang digunakan memiliki warna agak gelap dan nampak minim lubang khas BEV. Pindah ke bagian belakang, BYD Yuan UP punya lampu belakang LED yang menyambung dari kiri ke kanan, namun tak mirip dengan BYD Yuan Plus a.k.a Atto3. Alih-alih, corak dan bentuk lampunya malah mirip dengan BYD Dolphin.

Banyak Kemiripan Dengan Dolphin

Rear spoiler-nya terkesan sporty dengan antena model sirip hiu, dan pintu bagasinya terkesan minimalis tanpa emblem yang ramai. Kesan ramai justru datang dari bumper belakangnya yang didominasi warna hitam dan dipadukan dengan ornamen berwarna silver. BYD Yuan UP dibangun dengan basis e-Platform 3.0 yang membuatnya punya dimensi panjang 4.310mm, lebar 1.830mm, dan tinggi 1.675mm. Sedangkan jarak sumbu rodanya 2.620mm. Yap, dimensi yang sangat mirip dengan sejumlah B Segment SUV di Indonesia. Lantas, bagaimana dengan dapur pacunya? BYD Yuan UP ditawarkan dengan 2 opsi motor listrik, yaitu 70 kW (95 PS) dan 130 kW (177 PS).

Yap, itu adalah opsi motor listrik yang juga digunakan oleh BYD Dolphin. Rasa-rasanya, tak salah juga jikalau menganggap BYD Yuan UP adalah BYD Dolphin versi Crossover. Opsi baterainya pun sama dengan Dolphin yaitu 32 kWh dan 45,1 kWh yang punya range berkendara 301 hingga 410 kilometer. Kabarnya, BYD Yuan UP akan mulai dijual bulan depan dengan harga mulai 100 ribu Yuan (216 jutaan Rupiah). Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: