BMW M2 Tampil Dengan Kegantengan Tidak Kalah Dengan M4, Plus Kompak!

by  in BMW&International&Mobil Baru
BMW M2 Tampil Dengan Kegantengan Tidak Kalah Dengan M4, Plus Kompak!
0  komentar
BMW-M2-Coupe-front

AutonetMagz.com – BMW selalu dipenuhi dengan icon sportscar dengan mesin buas dan handling fun namun didesain dengan kompak. Sebut saja BMW 3.0 CSL, BMW M3 E30 dan BMW 2002 Turbo. Mobil-mobil ini tentu tidak asing di mata petrolhead karena justru mereka-lah yang membuat konsumen tertarik melirik brand baling-baling ini. Plus generasi ini adalah generasi awal yang menjadi konsep berbagai mobil-mobil BMW M-division yang meluncur baru-baru ini, salah satunya adalah BMW M2.

Model ini sedikit banyak cukup menarik perhatian, sebab walau statusnya sebagai adik dari BMW M4 namun menyajikan “buas-nya” M4 dengan bodi kompak seperti hatchback umumnya, oh ya plus penggerak roda belakang juga. Sebagai suksesor BMW 1M Coupe… em lebih tepatnya suksesor BMW 2002 Turbo… Maka inilah tampilan segar kemunculan BMW M2 terbaru. Berbicara secara tampilan, maka BMW M2 ini akan jauh lebih sedap dipandang dibanding BMW 1M Coupe yang cenderung agak ugly bagi saya.

BMW-M2-Coupe-back

Menilik siluetnya lebih dekat, meskipun dalam tampilan yang kompak sekalipun, BMW M2 memberikan aura yang serupa dengan BMW M4. Raut galak, garis-garis kekar, kap mesin yang begitu menggembung dan kaki-kaki besar berukuran 19 inchi, bahkan BMW M235i Coupe akan terlihat sangat sopan bila disejajarkan dengan M2 ini. Well, sebenarnya saya sedikit berharap kalau sedikit widebody seperti BMW M3 E30 tapi itu tidak dilakukan haha… Meskipun begitu sejatinya BMW M2 sudah lebih lebar 64 mm dan lebih panjang 71 mm dibandingkan dengan generasi lawas BMW M235i Coupe.

Perihal interior sayangnya justru tidak ada perbedaan yang jauh dibandingkan M235i Coupe. Hanya instrument cluster yang panelnya berbeda, desain setir dengan kulit berongga, jahitan biru kontras yang bertebaran di semua permukaan jok kulit. Ada juga penambahan trim dengan carbon-fiber style dan Alcantara.

BMW-M2-Coupe-interior

Namun bahasan kita kurang lengkap bila tidak membahas spesifikasi teknis dari BMW M2 ini. Oke pertama kita mulai dari sasis dahulu, perbaikan dikonsentrasikan pada handling dimana BMW mencurahkan banyak komponen alumunium untuk merevisi suspenesi depan MacPherson plus 5-link di belakang. Tidak lupa setting ulang sistem electronic power steering dan menambahkan Active M Differential.

Nah yang ditunggu-tunggu adalah soal mesin, yang menjadi menarik adalah apa yang harus dilakukan BMW pada engine bay M2 untuk mengejar power yang seperti M4? So alhasil mereka menggunakan mesin kompak 3.0-liter inline-6 dengan twin-scroll turbocharger yang dapat menghasilkan tenaga 370 hp @ 6.500 RPM dan torsi 465 Nm @ 1.400-5.560 RPM. Menariknya ada fungsi overboost yang dapat meningkatkan torsi hingga 500 Nm @ 1.450-5.560 RPM.

BMW-M2-Coupe-engine

Mesin twin-scroll turbo ini dikawinkan dengan transmisi manual 6-speed yang dapat mencetak 0-100 km/jam hanya dengan 4.5 detik. Hm? Malas pegal? Tenang saja ada opsi transimsi kopling ganda 7-speed DCT dengan berbagai menu :  Comfort, Sport dan Sport+ driving mode yang dapat mencetak 0-100 km/jam dalam 4.3 detik. Top speed yang bisa dicapai oleh BMW M2 ini adalah 250 km/jam. Bobot mobil ini pun terbilang memukau dimana memakai transmisi DCT akan menghasilkan 1,565 kg dan menggunakan transmisi manual akan mencetak 1,590kg.

Berapa kocek yang harus dibayar? pastinya harganya berada di antara M235i dan M4. Di Inggris, BMW M235i dibanderol dengan harga £35,075 (Rp.730 juta) dan BMW M4 dibanderol dengan harga £57,055 (Rp.1,187 miliar). Maka BMW men-setting harga M2 pada £44,070 (Rp.916 juta). Hem, kira-kira sampai sini banderolnya jadi berapa ya? Ah lewatkan saja, ngomong-ngomong ada video advertising BMW M2 yang cukup menarik, mari ditonton setelah itu sampaikan komentarmu di bawah ini ya!

Read Prev:
Read Next:
  • dsainbar

    Ampunnn DJ..

  • imamyudha

    Gw pengen liat autonetmagz, motomobi, sama mas moldi (sobat hape) review BMW M2, M4, sama M6 bareng, kayak pas video review vespa. asal jangan pas tes drag race pada dulu2an, gak selesai2 ntu mah ;D

    ya klo saling tunggu2an gak papa lah…. wkwkwkwk ;D