Bertahan dari COVID-19, Nissan Kantongi Pinjaman 113 Triliun

Bertahan dari COVID-19, Nissan Kantongi Pinjaman 113 Triliun
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah bukan rahasia lagi bahwa banyak pabrikan otomotif yang pusing tujuh keliling pasca munculnya pandemi COVID-19 di muka bumi ini. Karena pandemi tersebut, penjualan turun, pabrik berhenti produksi, dan banyak agenda tertunda. Otomatis, ada banyak kerugian yang dialami oleh pabrikan otomotif, termasuk salah satunya adalah Nissan. Namun Nissan nampaknya sudah memiliki dana cadangan untuk kondisi ini.

Mengutip informasi via Reuters, Nissan telah berhasil mengamankan dana pinjaman sebesar 832,6 Milyar Yen atau setara dengan 113 Triliun Rupiah dari para kreditur mereka. Dan dana ini sudah diamankan oleh Nissan sejak bulan April silam. Selain itu, sumber juga menyebutkan bahwa Nissan memiliki kas bersih sebesar 1,1 triliun Yen dalam bisnis otomotifnya dan juga 1,3 triliun Yen dari kreditur. Nominal uang yang besar tersebut memang dibutuhkan oleh Nissan karena situasi yang ada saat ini tidak menguntungkan. Selain itu, kita juga tahu bahwa Nissan dan aliansinya sempat berada dalm kondisi tidak menyenangkan dalam 2 tahun terakhir.

Nah, dengan dana tersebut, nampaknya Nissan bisa menguatkan kaki mereka dalam kondisi yang tidak menentu ini. Dan ini juga terlihat dari 4 produk terakhir mereka. Mulai dari peluncuran New Nissan Kicks e-Power 2 bulan lalu, Nissan X-trail T33 bulan lalu, disusul Nissan Ariya EV yang dijadwalkan hari ini dan kemudian besok akan ditambah dengan perkenalan Nissan Magnite, walau sementara nampaknya baru konsep. Ketiga produk ini memiliki peran penting bagi pasar otomotif Nissan, Nissan Kicks memainkan peran di Asia Tenggara dan Asia Timur, sedangkan Nissan Ariya akan menyasar pasar US dan Eropa.

Untuk Nissan Magnite akan mempertegas eksistensi Nissan di pasar India, dan mungkin juga di Asia Tenggara. Sedangkan Nissan X-Trail sejauh ini masih difokuskan ke pasar Amerika, walaupun bisa jadi pasar Asia juga akan mendapatkan unitnya walau entah kapan. Di Indonesia sendiri Nissan Motor Indonesia (NMI) sudah mengambil langkah tegas dengan menghentikan produksi Datsun. Dengan begitu, mereka bisa fokus pada produk Nissan yang mereka jual. Oiya, untuk pasar ASEAN sendiri, ada 2 produk yang diprediksi juga akan hadir selain Kicks. Keduanya adalah Nissan Navara NP300 baru dan Nissan Terra facelift.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: