Berkendara Pelan Berpotensi Celaka di Inggris

by  in Berita&International
Berkendara Pelan Berpotensi Celaka di Inggris
0  komentar

AutonetMagz.com – Biasanya, jikalau ada sebuah kecelakaan terjadi di jalanan umum, maka kebanyakan disebabkan adanya keteledoran dalam mentaati aturan lalu lintas, atau juga karena si pengemudi mengebut atau mengantuk. Nah, alasan – alasan tersebut terbilang wajar menyebabkan kecelakaan di Negeri +62 ini, namun kalau kita melihat di Inggris, ada satu faktor lain yang berpotensi membuat kita celaka di jalan, yaitu berkendara terlalu pelan.

Mengutip dari Daily Star, pada tahun lalu departemen transportasi Inggris merilis setidaknya ada 26 orang yang mengalami luka serius, dan 2 orang meninggal dunia karena terlibat kecelakaan. Nah, kecelakaan ini sendiri menurut polisi diindikasikan terjadi karena sang pengemudi mengemudikan kendaraanya terlalu pelan. FYI, di Inggris sendiri ada batas minimum dari kecepatan kendaraan yang melaju di jalanan umum, dimana beberapa negara lain juga menerapkan peraturan serupa walaupun tidak semuanya tertulis berupa road sign.

Negeri kita sendiri juga menerapkan batas minimal dan maksimal kecepatan berkendara di jalanan umum. Sebut saja di jalan bebas hambatan alias jalan tol yaitu 60 km/jam, hanya saja sisanya tak mencantumkan batas minimal melainkan batas maksimal. Sebut saja batas maksimal 30 km/jam di pemukiman, 50km/jam di perkotaan, dan 80 km/jam di jalan antar kota. Peraturan tersebut tertuang di PP no 79 tahun 2013. Kembali ke Inggris, di sana masih ada cukup banyak pengemudi yang cenderung berkendara dengan kecepatan di bawah batas minimal.

Beberapa karena kendaraannya menarik beban berat, seperti karavan, ataupun karena sang pengemudi sendiri masih nervous untuk berkendara lebih kencang. Kondisi ini membuat beberapa pengendara lain tak sabar, dan akhirnya menyebabkan potensi kecelakaan meningkat saat akan mendahului kendaraan tersebut. Oiya, di Inggris sendiri ada denda untuk kendaraan yang sepelan siput, yaitu mencapai 100 Pounds atau setara 1,8 juta Rupiah dan juga 3 poin penalti pada SIM sang pengendara.

Hugh Bladon dari Aliansi Pengendara Inggris pun buka suara terkait kondisi ini. Bladon menyebutkan bahwa berkendara terlalu pelan menunjukkan bahwa si pengemudi cenderung egois dan benar – benar bodoh serta menyebabkan bencana. Fakta terakhir, setidaknya ada 132 orang luka ringan yang disebabkan oleh pengendara pelan di Inggris tahun lalu. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: