Berapa Perkiraan Harga Ertiga Diesel di Indonesia?

by  in Mobil Baru&Nasional&Suzuki
Berapa Perkiraan Harga Ertiga Diesel di Indonesia?
0  komentar
Suzuki Ertiga ZXi diesel Indonesia

Jakarta, AutonetMagz – Untuk menghadapi pasar LMPV yang kini semakin ketat belakangan ini, Suzuki Indonesia sedang mempersiapkan varian mesin diesel dari Suzuki Ertiga yang sudah lebih dulu diluncurkan di India. Mesin diesel 1.300 cc CRDi yang digunakan oleh Suzuki Ertiga mampu memberikan tenaga hingga 90 PS pada 4.000 Rpm dan Torsi 200 Nm pada 1.750 Rpm. Edan!

Jika dibandingkan dengan Suzuki Ertiga varian bensin, jelas tenaganya lebih besar 5 PS atau 95 PS pada 6.000 Rpm, namun sebagaimana mesin bensin pada fitrahnya, torsi yang dimuntahkan tentunya jauh dibandingkan dengan mesin diesel, mesin bensin Suzuki Ertiga memiliki torsi 130 Nm pada 4.000 Rpm, makanya tidak heran jika tenaganya terasa di putaran atas bukan?

Keunggulan mesin diesel Suzuki Ertiga tidak hanya lebih bertenaga di putaran bawah saja, namun konsumsi BBMnya juga lebih irit dibandingkan dengan varian bensin. Mengutip dari Maruti Suzuki India, varian bensin sanggup menempuh jarak 16.02 Km hanya dengan 1 liter bensin, sedangkan varian diesel lebih spektakuler dengan 20.77 Km per liter.

mesin Suzuki Ertiga

Dari pantauan AutonetMagz, trim Suzuki Ertiga di India juga berbeda dengan Indonesia dari segi pemberian nama, jika kita mengenal varian GA, GL dan GX. Maka di India akan menjadi LXi, VXi dan ZXi. Sedangkan untuk varian dieselnya menjadi LDi, VDi dan ZDi. Spesifikasinya sama persis, hanya saja untuk tipe GL di India tidak dilengkapi dengan wiper belakang dan untuk tipe di Indonesia tidak dilengkapi dengan console box.

Di India, harga Suzuki Ertiga GL (VXi) dan GX (ZXi) bertransmisi manual masing-masing sebesar 656.698 dan 735.083 Rs. Sedangkan untuk Harga Suzuki Ertiga diesel GL (VDi) dan GX (ZDi) masing-masing sebesar 785.539 dan 849.416 Rs. Pada varian VXi dan VDi terjadi perbedaan tidak hanya pada mesin saja, pada pengereman untuk tipe GL Diesel (VDi) sudah dilengkapi dengan teknologi ABS, EBD dan BA, sedangkan tipe GL bensin (VXi) belum dilengkapi dengan ABS, EBD dan BA.

Jika kita mengambil perbandingan antara harga Suzuki Ertiga bensin dan diesel di India dengan Indonesia. Kemungkinan besar harga Suzuki Ertiga GL Diesel akan dibanderol dengan harga mulai dari 196 juta Rupiah hingga 204 juta Rupiah. Untuk varian GX mungkin bisa mencapai 212 juta hingga 220 Juta Rupiah. Karena varian Bensin Suzuki Ertiga GL dan GX di Indonesia memiliki harga masing-masing sebesar 171 juta dan 183 juta Rupiah, dengan catatan harga perkiraan Suzuki Ertiga diesel sudah termasuk dengan pengereman ABS, EBD dan BA.Nah jika teknologi pengereman ABS, EBD dan BA absen pada Suzuki Ertiga diesel, kemungkinan harganya akan lebih terjangkau dari perkiraan.

Oh iya, mesin Suzuki Ertiga Diesel ini sebenarnya bisa dibilang mesin yang sama dengan Chevrolet Spin Diesel loh, karena basisnya merupakan mesin 1.300 cc yang dikembangkan oleh Fiat dengan nama uniJet Turbo Diesel. Mesin diesel 1.300 cc ini digunakan oleh berbagai brand mobil di seluruh dunia seperti Fiat, Chevrolet, Alfa Romeo, Opel, Lancia, Ford dan Tata. Makanya untuk masalah performa, efisiensi dan durabilitas tidak perlu diragukan lagi. Semakin penasaran kan?

TipeHarga IndonesiaHarga India
Ertiga  GL Bensin170,9 Juta656698
Ertiga GL Diesel196 Juta*785539
Ertiga GX Bensin183,6 Juta735083
Ertiga GX Diesel212 Juta*849416

*harga perkiraan AutonetMagz

Read Prev:
Read Next: