Benarkah Alfa Romeo Giulia QV Lebih Kencang Daripada BMW M3 dan M4 di Nurburgring?

by  in Alfa Romeo&Berita&BMW
Benarkah Alfa Romeo Giulia QV Lebih Kencang Daripada BMW M3 dan M4 di Nurburgring?
0  komentar
alfa-romeo-giuila

AutonetMagz.com – Italia jelas sedang berjibaku untuk menghalau dominasi Jerman di kelas performance saloon. Dalam hal ini, Alfa Romeo yang jadi ksatria perang dengan mengandalkan Giulia QV alias varian terkencang Giulia. Menurut media Italia, BlogDiMotori, sedan 4 pintu ini baru selesai mengitari Nurburgring dengan catatan waktu yang cukup mengesankan. Alfa Romeo Giulia QV dikabarkan berhasil menuntaskan 20,8 kilometer di Nurburgring dalam waktu 7 menit 43 detik.

Memangnya seperti apa sih Giulia QV ini? Lengkapnya, ini adalah sedan 4 pintu yang dikaruniai mesin 3.000 cc 6 silinder twin turbo dengan total tenaga maksimal 510 PS. Semuanya disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6 percepatan. Ya, manual, masih pakai pedal kopling, jadi bukan dual clutch seperti BMW.

bmw-m3-sedan

Tidak pakai DCT berarti waktu perpindahan antar gigi dipastikan menjadi lebih lambat, meski hanya selisih beberapa milidetik. Meski begitu, jangan berburuk sangka dulu, akselerasi 0-100 km/jam dari Giulia QV cukup 3,9 detik saja, alias hanya lebih lambat 0,1 detik dari Mercedes Benz AMG GT yang mesinnya lebih besar, 4.000 cc V8 twin turbo dan pakai DCT.

Dibandingkan BMW M3/M4 yang waktu putarannya adalah 7 menit 52 detik, apakah Alfa Romeo benar-benar menang? Entahlah, karena ada beberapa perbedaan yang mencolok. Selain faktor transmisi tadi, BMW M3/M4 juga punya mesin 3.000 cc 6 silinder twin turbo, tapi tenaganya “hanya” 431 hp. Jadi BMW memang menang di transmisi tapi kalah di mesin.

Alfa-Romeo-Giulia-launching-cover-side

Belum lagi ada gosip tak sedap kalau Alfa Romeo Giulia QV tersebut sudah tidak standar, alias tenaganya sudah dimodifikasi hingga naik jadi 540 PS. Jika hal ini memang benar, maka rekor Alfa Romeo belum bisa disahkan karena mereka sendiri belum bilang apa-apa mengenai hal ini. Tapi jika rekor ini benar, yang artinya Alfa Romeo bisa mengalahkan BMW, hebat juga ya Alfa Romeo. Bagaimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • farid

    transmisi manual konvensional memiliki karakter yg khas dibanding transmisi DCT apalagi kalau pake paddle shift,soalnya gerakan tangan driver mengambil tongkat persneling saat pindah gigi memiliki kesan “cool” apalagi pas ngedrag pasti tangan gak lepas dari tongkat persneling.but mau transmisi manual,DCT atau yg pake paddle shift terserah aja,tapi pengendara greget yg suka ngebut cocok kalau pake transmisi manual konvensional

  • farid

    dgn mesin standar aja alfa romeo giulia qv tenaganya udah diatas bmw M3/M4,atau alfa romeo ingin time lap nya jauh lebih cepat dari M3/M4 di nurburgring