Baojun Yunhai : Inikah Sosok Wuling Sky EV Untuk Indonesia?

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Baojun Yunhai : Inikah Sosok Wuling Sky EV Untuk Indonesia?
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah lumayan lama kami tidak membahas produk-produk dari Baojun, sebuah sub brand passenger car milik Wuling di China. Padahal, sejumlah model krusial dari Wuling di Indonesia sejatinya adalah line up dari Baojun. Sebut saja Wuling Almaz dan Wuling Cortez. Dan kali ini, ada sebuah produk yang menarik dari Baojun. Dimana mereka menghadirkan EV baru yang kali ini punya desain dan bodysize yang proper untuk pasar Indonesia.

Baojun Yunhai 云海 Plug in Hybrid (PHEV)

Calon SUV Listrik Pertama Wuling Indonesia?

Yap, sesuai judul di atas, mobil ini bernama Baojun Yunhai. Baojun Yunhai sendiri adalah salah satu model terbaru dari Baojun yang akan dirilis di kuartal ketiga tahun ini. FYI, Baojun sendiri sudah merencanakan 2 produk baru berkode F410S dan F710S di kuartal ketiga dan keempat tahun ini. Nah, F410S sendiri secara spesifik merujuk pada sosok Wuling Cloud EV yang dijual di Indonesia. Dan uniknya, kode yang digunakan merujuk pada produk global. Artinya, Baojun Yunhai yang ditengarai adalah F710S juga berpotensi besar menjadi produk global.

Baojun Yunhai 云海 EV

Nah, kami pun mengaktifkan lagi logika cocoklogi kami dengan kondisi di Indonesia. Saat ini, persaingan BEV di Indonesia tengah terkonsentrasi di market 500 jutaan ke bawah. Dan sudah ada 3 pemain di segmen SUV listrik yaitu BYD, Chery, dan MG. Tentunya, Wuling tidak mau ketinggalan dong. Kalau kalian ingat, ada 4 nama mobil yang dipatenkan oleh Wuling di Indonesia, dimana ketiganya sudah menjadi kenyataan. Ada Wuling AirEV, BinguoEV, CloudEV dan SkyEV. Nama terakhir masih belum jelas seperti apa bentuknya. Dan kami pun penasaran dengan arti nama Yunhai (云海) dari mobil ini.

Intip Spesifikasi dari Baojun Yunhai

Yunhai atau 云海 bisa diterjemahkan sebagai sea of clouds atau lautan awan. Hmmm, bukankah lautan awan itu langit (SKY)??? Apakah Baojun Yunhai adalah Wuling SkyEV? Kami tidak mau berspekulasi lebih jauh, namun peluang ke arah sana tentu terbuka. Apalagi, lagi-lagi, Wuling belum punya wakil di segmen SUV listrik yang kini tengah digandrungi. Oke, cukup dengan cocok-loginya, kita singging sedikit terkait spesifikasi dari Baojun Yunhai. Mobil ini akan hadir dalam 2 opsi yaitu EV dan PHEV. Secara bodysize, Baojun Yunhai cukup mirip dengan Wuling Almaz, terutama wheelbase-nya yang sama-sama 2.750mm.

Sedangkan panjang keseluruhan masih di bawah Wuling Almaz yang formatnya 5+2 seater. Panjang Baojun Yunhai yang hanya 5 seater adalah 4.541mm, dengan lebar 1.880mm dan tinggi 1.608mm. Kabar baiknya, Baojun Yunhai dibangun dengan platform baru yaitu Tianyu D Platform Architechture. Platform ini diciptakan khusus untuk mobil-mobil listrik, termasuk untuk mengakomodir baterai dan motor listrik. Nantinya, Baojun Yunhai akan menggunakan motor listrik 150kW (204 PS) berkode TZ210XS2F0 dan baterai LFP buatan Jiangsu Zenergy Battery Tech.

Sednagkan opsi PHEV akan dibekali mesin 1.500cc n/a dengan tenaga 106 PS dan motor listrik serta baterai LFP. Yang unik, kabarnya Baojun Yunhai juga akan hadir dengan opsi fitur LiDAR yang akan memaksimalkan fitur ADAS-nya. Kita akan bahas desain dari Baojun Yunhai di artikel terpisah. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Sumber : Weibo

Read Prev:
Read Next: