Astra Financial Berikan edukasi Literasi Keuangan “Cerdas dan Aman Bertransaksi Digital”

by  in  Berita & Nasional
Astra Financial Berikan edukasi Literasi Keuangan “Cerdas dan Aman Bertransaksi Digital”
0  komentar

AutonetMagz.com – Berkolaborasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Astra Financial menyelenggarakan Talkshow Literasi Keuangan Digital bertajuk: Cerdas dan Aman Bertransaksi Digital. Berlangsung secara hybrid, acara ini diikuti lebih dari 1.500 orang. Terdiri dari 14 CEO, eksekutif, kepala wilayah dan kepala cabang unit bisnis Astra Financial, komunitas literasi dan inklusi OJK, dan masyarakat umum.

Tingkatkan Literasi

Berkembangnya digitalisasi sektor keuangan telah memberikan kemudahan dan manfaat bagi masyarakat. Namun, berdasarkan data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) OJK tahun 2022 tingkat literasi keuangan masyarakat hanya 49,6%. Lebih rendah dari tingkat inklusi keuangan yang mencapai 85%. Begitu juga dengan tingkat literasi digital yang baru mencapai 41,48%. Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan literasi keuangan digital agar dapat lebih berhati-hati.

Friderica Widyasari Dewi, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK menyampaikan: “Masifnya aduan masyarakat mengenai transaksi keuangan digital adalah terkait keamanan data dan privasi data konsumen yang disalahgunakan. Agar terhindar dari hal tersebut, perlu penguatan sistem keamanan data oleh seluruh penyelenggara jasa keuangan. Selain itu, dalam pemerataan literasi keuangan dan literasi digital menjadi penting, agar masyarakat terhindar dari ancaman kejahatan siber.”

Program yang Diberikan

Sesuai dengan visi Sejahtera Bersama Bangsa, Astra Financial berkomitmen untuk mengembangkan bisnis yang memperhatikan aspek lingkungan dan sosial. Astra Financial mendukung upaya OJK dalam literasi dan inklusi keuangan di masyarakat. Literasi keuangan tersebut diberikan melalui berbagai program pelatihan, sosialisasi, dan workshop yang menyasar pada guru, siswa, UMKM, disabilitas, media, dan masyarakat umum lainnya.

Read Prev:
Read Next: